Everyone should go to the college!!

Tadi malam, gw terlibat (kesannya penjahat banget) dalam perbincangan (hoho the sentence way too formal ya I think) anyway seperti biasa, malem-malem acara gw di hari kerja nongkrong d depan tv ama anak2 kostan, ada dua orang nih si bapa2 ama ibu2 (g usah disebutin lah ya namanya) yang ngobrolin masalah kuliah anak si ibu itu (padahal baru kelas 1 ntu anak tapi katanya sih anak sma jaman sekarang kudu udah daftar ke perguruan tinggi di saat mereka baru saja naik kelas 3, what!! another new rule) terus kita lanjutkan, ntu ibu2 nanya ke gw,

“di bandung berapa kosan?”
gw jawab lah,, “300 400 juga udah enak”
“iya, anak saya mau kuliah kedokteran di bandung” kata ibu itu
“di maranatha aja bagus (I refer that cos she finds Christian univ) cuma emang aga mahal, klo mau negeri ya padjadjaran tapi itu jauh di jatinangor yang mau ke sumedang” I said

Trus tiba2 si bapa2 itu bilang,,, ah sekarang mah kuliah ga jadi jaminan (emang terkadang hal itu bener juga tapi sebenernya siy tergantung hoki dan rezeki seseorang karena coba lu tongkrongin koran hari sabtu,,,coba liat iklan lowongan kerja yang seabruk abruk,,,,masih kah orang bilang cari kerja susah padahal lowongannya byk banget jadi itu tergantung tingkat pendidikan anda,,minat anda,,,kesempatan anda untuk memilih pekerjaan apa yang tepat untuk di apply)

btw terusin kt bp itu tadi,,,,,anak saya yang smp dikursusin masak trus coba2 urus warung khan di rumah ada,,,jadi ga saya paksain kuliah,,,trus dia bilang pengacara yang lulusan hukum udah banyak dimana2 lah,,,pengacara banyak bullshit lah,,,notaris udah banyak lah, sewa tempatnya susah lah,,,, apalagi jurusan ekonomi management udah banyak banget,,,, trus dia bilang,,wiraswasta aja bikin warung ke,,,apa bengkel ato tempat kursus,,,

And I said “What!!” did he go to the college back then? Does he know how important college is for everyone?

Karena menurut gw,, orang itu sangat berbeda jika dia hanya lulus sma saja, bukannya gw underestimate yah tapi kuliah itu sangat membuka wawasan seseorang, melatih orang menjadi mandiri dalam berpikir,,,coba aja you talk with people who just graduated from high school,,,its totally different from the way they talk, from the way they response thing,,,

Emang sih kita itu tidak boleh bergantung pada orang lain terus menerus,,,klo bisa bukalah lapangan pekerjaan, jangan jadi kuli melulu alias kerja ama orang tapi khan itu butuh modal yang besar,,,management yang baik,,,,marketing yang lincah,,,,klo semua itu ada ga masalah tapi tetep sih kuliah itu penting menurut gw

Once again, I apologize for all who cannot go to the college because of the tuition fee thing,,, so I suggest buat anak yang ngerasa kurang mampu coba search/ googling beasiswa sebanyak2nya,,, coba apply ato tanya2 langsung ke univ tempat yang anda minati untuk tempat berkuliah,,,apakah ada beasiswa,,,bagaimana persyaratannya,,,

Klo di unpad tempat gw kul itu untuk pembayarannya memang yang berat itu di biaya pengembangannya tapi itu bisa dicicil meski agak ribet juga ngantri segala rupanya,,,ngantrinya udah kaya ngantri audisi Indonesian idol aja,,,pokonya ntar pas lo udah keterima di jurusan bersangkutan coba lo langsung ke jurusannya,,,tanya2 apa ada beasiswa ato kalo mau nyicil persyaratannya apa,,,

Soalnya gw juga ngerasain hal itu,,,ketika gw kuliah,,,bokap gw udah ga kerja,,,kaka gw kuliah lagi jadi beban ortu gw lumayan berat pas gw enrolled kuliah jadi pas gw nerusin S1,,,I use almost 80% of my saving money to pay for the tuition fee….

So menurut gw kuliah itu sangatlah penting,,ga jadi masalah apa nantinya pekerjaan lo ga sesuai dengan education background karena ilmu itu bakal kepake lah sebagai bekal buat masa depan,,,sebagai sesuatu yang telah lo pelajari dan perdalam,,,,even u’re not that good in that field,,,it doesn’t matter,,,,yang penting lo udah berusaha yang penting lo udah tau bahwa gw belajar ini loh waktu kuliah dulu

Ciao buat anak-anak kelas 3 sma yang mau kuliah cos kuliah mengubah pola pikir dan sistematika berpikir pada diri seseorang

last day on March 2009

Comments