Sunday, 31 May 2009

Perhatikan bulan anak anda lahir!

Mungkin bagi sebagian orang tua yang sudah menyekolahkan anaknya hal ini merupakan hal yang lumrah namun patut diketahui oleh semua orang terutama para pasangan baru.

Jaman dahulu sekitar tahun 1990-2000 saat penulis masih kecil, hal ini tidaklah terlalu dipermasalahkan namun saat ini bulan anak anda lahir menjadi pertimbangan level/ tingkat anak anda saat memasuki bangku sekolah. Jika anak anda lahir di bulan November dan Desember maka anak anda akan memasuki tingkatan satu level di bawah dari usia anak.

Misalkan: anak anda lahir di tanggal 10 November 2005 atau 25 Desember 2005 maka seharusnya atau idealnya anak anda sudah memasuki tingkat Kindergarten 1 atau TK B (pada sekolah umum) namun karena di bulan Juli tahun 2009 ini yang merupakan tahun ajaran baru di sekolah-sekolah pada umumnya, anak anda belum berusia 5 tahun karena usia anak anda baru 4 tahun 8 bulan (untuk bulan lahir Nov) atau 4 tahun 7 bulan (untuk bulan lahir Des) jadi anak anda belum cukup usia untuk masuk di tingkat Kindergarten A atau TK B.

Mengapa tidak boleh? Sebenarnya bukan tidak boleh namun anak anda harus tepat berusia 6 tahun saat memasuki bangku sekolah dasar tidak boleh kurang dari 6 tahun di bulan Juli. Sehingga jika anak anda lahir di tanggal yang disebutkan di atas maka anak anda masuk di tingkat Nursery (umur 3 – 4 tahun) baru tahun 2010 anak anda bisa masuk tingkat Kindergarten 1, sehingga saat memasuki sekolah dasar di tahun 2012 anak anda sudah berusia 6 tahun 8 bulan (lahir di bulan Nov).

Memang, sebagian orang tua merasa keberatan, karena kalau dilihat dari tahun anak, sebenarnya sudah mencukupi untuk tingkat yang semestinya namun secara psikologis, meski hanya kurang satu dan dua bulan saja namun anak tersebut belum siap, jika dipaksakan di tingkat berikutnya dikhawatirkan anak akan merasa bosan di pertengahan tahun belajar atau dapat mengalami tekanan. Oleh karena itu daripada anda memaksakan anak anda dan di pertengahan tahun, anak anda tidak dapat mengikuti pelajaran dan pada akhirnya harus turun satu tingkat, lebih baik dari awal anak mengikuti saran dari guru untuk mengikuti tingkatan di bawah usia anak tersebut.

Namun, memang ada juga sekolah dasar yang menerima muridnya untuk primary 1 atau kelas 1 sd dengan umur kurang dari 5 tahun asalkan dia lulus dari tk dan sudah bisa membaca dan menulis,,,,


gila yah ribet banget jadi balita jaman sekarang,,,,,dr orok udah disekolahin trus umurnya kudu pas,,,,kudu bisa baca tulis,,,,jaman bokap gw,,,,asal tangan kiri bisa pegang kuping kanan ato vice versa dah bisa masuk sd,,,,wualah,,,,gpp tapinya biar semakin maju bangsa ini

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...