Tuesday, 25 August 2009

Interview Experience

Pastinya ada orang lain yang pernah melakukan interview atau wawancara kerja yang jumlahnya lebih banyak atau lebih dulu. Maksud lebih banyak, ada yang melakukan hingga ratusan kali? Maksud lebih dulu, ada yang melakukan setelah lulus SMA.

Kalau gw, dihitung-hitung baru puluhan interview mungkin ya, dibilang lebih awal mungkin ya tapi bukan setelah SMA.

Semester 2/3 gw udah mulai berpikir untuk mencari uang tambahan, solusinya cari part time job. Namun sayang di Indo, sepertinya istilah part time hampir ga ada ya. Rata-rata 8 jam bahkan lebih. Interview pertama gw yang sangat menegangkan waktu itu di FOREX, (menurut gw kalo kamu belum pernah sekalipun interview di forex company either beruntung ato ….. ---- fill by yourself, tapi I bet rata-rata orang udah ketipu interview di forex ---- ko ketipu, judulnya aja (what I mean is Posisi yang diiklankan adalah Management Trainee yang orang masih bego (umumnya fresh g alias fresh graduate alias baru lulus) pikir adalah kerja kantoran biasa eh taunya ujung-ujungnya marketing juga, marketing oh marketing memang posisi yang paling banyak ditawarkan dan forex company itu paling banyak iklannya lowker di koran loh.

OK back to the topic, saat itu gw interview di PT MEGAH TAMA BERJANGKA (gile put masih inget lo) yang ngelamar buat posisi apa ya, gw lupa, yang pasti sih part time job, dengan begonya gw pake kemeja dan celana jeans (please guys, don’t wear jeans during the interview unless if you interview for a job in a mall, maklum saat itu gw masih semester 2 apa 3 gitu). Kalo kamu mau tau, gw deg-deg an nya setengah mati tapi begitu interview yah biasa aja. Gw disuruh training hari berikutnya, dan gw ngikut aja (lumayan juga kan buat pengalaman training kaya apa sih) eh intinya sih cari nasabah alias marketing “keneh” (masih in sundanese but put in vice versa) tapi lumayan nambah temen, nambah ilmu dan pengalaman tentunya.

Interview gw yang akhirnya menjadi pekerjaan pertama gw adalah ngajar bhs Ing di tempat kursus dan ga lama kemudian gw juga diterima jadi sekretaris di small company daerah cipaganti, by the way kerja yang ngajar itu I waited for almost a year, jadi ga lama berselang setelah training di forex itu, gw ada panggilan interview di tempat itu tapi gw cancel beberapa kali karena bentrok juga ama jadwal uas akhirnya pas libur gw telpon lagi tempat kursus itu, ternyata gw masih dikasih kesempatan. Selang beberapa minggu, gw disuruh psikotest, TOEFL sih std aja trus selang beberapa bulan, gw interview ama owner nya Cuma dia ragu karena gw masih kul di jatinangor sementara lokasi tempat kursusnya di dago, eh pas gw lulus D3 (dimana momennya pas banget pas gw lagi desperate-desperate nya cari kerja) gw dipanggil lagi and akhirnya diambil juga kerjaan itu meski ga berlangsung lama.


Gw ambil kerjaan kantoran juga karena sebenernya sih gw prefer kerja kantoran daripada ngajar cos teaching is not my calling lagian ngajar itu jadwalnya Cuma seminggu dua kali and durasi ngajarnya juga Cuma 1 ½ jam aja di malam hari jadi ga bentrok.

Sori agak sedikit aja melenceng dari topic, balik lagi deh. Jadi gw pernah mulai dari interview Cuma jadi spg doang di tempat yang tidak meyakinkan (cos that was not like an office) udah tempatnya nyungsep terus tidak meyakinkan sampe interview gw yang terjauh adalah di (wah sampe nama tempatnya aja lupa) pokonya setelah ahmad yani, sebelum ujung berung gitu ga salah, gila jauh banget ampe makan waktu 2 jam an dan ternyata itu adalah small company yang menjadikan sebuah rumah menjadi sebuah kantor, kurang menjanjikan dan emang ga diterima juga hehe.

Interview yang heboh, pernah waktu itu gw bimbingan nih di dago pojok pagi-pagi, dan gw janji interview jam 3 di setiabudhi. Taunya si bapanya alias bapa dosenku yang tercinta itu berada di jatinangor (if you don’t know jatinangor, so I live in Bandung and setiabudhi is in south Bandung and Jatinangor is almost out of east town, can u imagine how far is that?) tadinya gw pikir sempet karena dago setiabudhi kan deket tapi berhubung ngejar si bapa itu walhasil gw berangkat juga ke jatinangor karena masih belum jam 12, terus gw bisa janjian ama cowo gw di middle safe place somewhere in between those places, lagipula bimbingan makan waktu berapa lama sih. Eh taunya nunggu si bapanya itu loh, belum gw kejebak hujan and kejebak macet dan begitu situasi genting seperti itu, si angkot tampak sangat tidak bersahabat, (ngetem nya keenakan dia) walhasil gw baru janjian ama cowo gw jam 3 di kiara condong (which is still far to setiabudhi) dan kita pun ngebut sambil hujan-hujanan (meski hujannya tidak terlalu besar tapi lumayan menimbulkan penderitaan jika anda mengendarai sepeda motor). Cerita belum selesai hingga disitu sodara-sodara, akhirnya gw nyampe nih jam 4 di setiabudhi meski pake ada acara nyasar dikit dan akhirnya dapat melakukan interview meski disepet (ditegur secara halus), “ko telat sejam yah” kata si penginterview, walhasil pake alesan, “maaf pak, mendadak dosen saya nyuruh ke jatinagor buat bimbingan skripsi” HASILNYA sih ga diterima juga hehe.

Interview terlama di Citibank, it lasted almost ¾ hour, can you imagine that? Lama banget ga sih, yang wawancara gw sih 2 orang dan gw ditanya macem-macem lah mulai dari basic personal data, educational background sampe ditanya “kalo karir kamu diibaratkan dalam setengah gelas air, apa yang kamu lakukan?” langsung lah improve, sampe disuruh ngomong bahasa mandarin wkwkwkwk. Btw it lasted just training cos it was otsourced and the contract didn’t come out that soon.

Interview ter-suffer, waktu di bank (ih gila yah di bank lagi) Akita di Jakarta, jadi saking excitednya, gw curhat sana-sini sehari sebelumnya walhasil besok subuhnya, suara gw serak sampe abis ga bersisa, gw pikir dengan gw hemat suara dan minum kopi panas di perjalanan bdg-jkt, suara gw bisa balik, but it wasn’t, its getting worse malahan. Akhirnya, gw interview dengan suara kodok kejepit of course with the apologize opening act hehe. Hasilnya, yah ga diterima lah mungkin gara-gara suara kodok kejepit itu dimana suara menentukan posisi gw yang dilamar sebagai Interpreter.

Kadang-kadang, proses penerimaan kerja yang ribet itu dilakukan perusahaan kecil yah, contoh nih, gw pernah interview di advertising company yang bentukannya sama kaya yang gw sebut di atas, rumah kantor, dimana staf-stafnya juga cuma seliweran beberapa orang aja, tapi psikotestnya, nauuzubileh setengah mati sampe makan waktu seharian dan gw gagal di psikotesnya karena pikiran ter-distract gara-gara sehari sebelumnya nangis bombay gara-gara satu masalah. Gw juga pernah psikotest di perusahaan yang lumayan sih sebenernya, farmasi, tapi lokasi kantornya itu tidak meyakinkan, kumuh kotor tidak terawat, karena udah terlanjur datang, yo weiss ikut psikotest itung-itung latihan setelah lama juga ga psikotest. Padahal waktu di Citibank aja cuma interview 2 kali terus pas ditelpon yang ketiga kali malah langsung disuruh mulai kerja terus kerjaan gw yang sekarang malah panggilan kedua langsung bahas kontrak and nego gaji. Kadang-kadang emang tidak membutuhkan proses seribet itu buat dapet satu pekerjaan.

So do you still survive to do another job interview? Ciao :)

Sunday, 23 August 2009

Oh dr. Derek Shepperd,,,,,,

So far sih Grey’s Anatomy masih yang terbaik saat ini diantara serial-serial fave gw, buat lo juga yang suka, welcome to d’club, buat lo yang belom tau, please googling it, buat lo yang ga suka, either bukan selera lu or you are difficult to follow d’series (sorry to say but its true), buat yang tau tapi belom pernah nonton, try to watch it, you’ll gonna love it esp this series won several awards on Golden Globe and Emmy (ajang penghargaan BONAFID buat series yang tayang di tv, jadi buat series yang ga masuk nominase dua award tsb,, sorry to say again, that series is definitely a loser), tapi so far (again that phrase) sih orang-orang yang gw kenal, suka sama series yang satu ini.

Gw kasih gambaran tentang series ini. Buat lo yang tau E.R. alias Emergency Room (of course I’m talking about series not d real E.R.) yang diperankan oleh George Clooney, who said is the original Mc Dreamy (buat fans grey, pasti ga aneh dengan sebutan itu :)), alur cerita Grey’s Anatomy mirip-mirip dengan E.R. ,,,,, a story with bunch of doctors in the hospital with the conflict, romance and problems. Tapi yang bikin beda, Grey’s itu lebih hot (hehe,,,but its true) dan bercerita tentang karakter-karakter utama yang dimulai dari interns doctor (is this d right term?) kalo di Indo mah lagi koas di rumah sakit :) hingga menjadi dokter bedah, dokter anak, dokter bedah spesialis jantung, dan lainnya,,,,sedangkan E.R memang dimulai dengan cerita rumah sakit dan para dokternya. So far (3) I love both.

Sejarah gw sama Grey’s (sejarah put,,,,kisah cinta kalee,,,hehe :)) cukup complicated. Why? Cos gw tau Grey’s pertama kali dari acara Golden Globe Award dan langsung jatuh cinta pandangan pertama (segitunya,,,,,) I knew it, the story is great and I’m gonna love it and its true. But, I didn’t straight buy the dvds even I don’t have cable tv so just like pengen nonton tapi nyantei aja lagi.

1 day, gw ke kota kembang,,,surganya dvd bajakan di Bandung, and I found Grey’s Whole Season 2 with 1 Disc only (isn’t that great? But I didn’t find again 1 whole season of any series with 1 cd,,,damn,ga mau rugi tuh pembajak) sempet ragu, beli g ya? Cos takut ga ngerti langsung loncat ke season 2 tapi wot d heck,,,,beli aja lah da cuma goceng ini :)). Begitu nonton,,,its true, I’m in love with this series tapi belum addicted. Jadi masih ga ngoyo beli season lainnya.



Another day,,,,gw nemu season 1 di Vertex (surga ke2 dvd bajakan di Bandung),,,with 2 discs (not bad lah ya) I definitely bought it,,,, otomatis gw tau alur ceritanya,,, season 3 pun udah mulai beredar di pasaran,,,tapi apa daya krn waktu itu masih kuliah jadi belum mampu beli 1 season series dengan 6/8 discs jadi yah udah lah pasrah aja, bukan belum mampu sih sebenernya ‘asa lebar’ (sayang and I’m waiting 1 Season 1 Disc)

After months,,,then I moved to Jakarta becoming worker gurl in d boarding house hehe,,,,kosan gw ada fasilitas tv kabel nya dan saat itu lagi tayang Grey’s season 4,,,OMG,,,,I’m so excited,,,,tapi ga langsung kesampean nonton karena ibu pengurus kost yang udah ngebajak tv dengan serial cinta fitri (hoekkkk,,,gw udah kecewa berat) tapi kadang-kadang suka curi-curi nonton meski akhirnya sempet dipanas-panasin gara dia ga bisa nonton cinta fitri itu (gw jadi heran ama orang-orang yang suka nonton cinta fitri,,,kalo yang suka ibu-ibu rumah tangga yang tidak tinggal di kota-kota besar dengan selera yang biasa-biasa, itu wajar tapi yang seumuran gw even works in a great company,,,WHAT? Gw terheran-heran setengah mati,,,,cinta fitri itu tidak ada bagusnya sama sekali and also with gossip girl hehe tapi yah tentunya mending gossip girl daripada cinta fitri hehe) ok back to d topics, akhirnya si ibu itu diganti ama yang baru, jadi gw lah yang membajak tv nya saat itu :D dan dengan bebas bisa nonton Grey’s Anatomy tercinta eh tapi udah mau abis aja season 4 nya tapi karena sudah berduit jadi langsung beli season 3 buat catch up the story trus beli season 5 karena penasaran sama lanjutan ceritanya meski belum ampe finale season 5 jadi balik lagi ke season 4 awal karena udah nonton yang episode-episode akhirnya,,, jadi kalo digambarkan history nya seperti ini

season 2 ---season 1----almost end season 4-----season 3-----season 5 tapi belum ampe tamat-----balik lagi season 4 dr awal ampe akhir----lanjut finale season 5----and now waiting for season 6 yeay :D

its complicated right but of course I can catch up and I’m so in luv with dr.Derek Shepperd,,,u know his line face (is this d right term) looks like my bf :D.

Grey’s Anatomy itu beda,,,ilmiah sama kaya CSI,,,,kita dapet knowledge,,,of course medical knowledge dari serial tersebut bahkan ada beberapa episode yang memang kasus kedokterannya terjadi di dunia nyata (isn’t that great) tentunya kelayakan serial diukur dari masuknya dan menangnya di ajang bergengsi seperti Golden Globe dan Emmy so for all of you gossip girl fans (gw heran aja kalo lo suka banget ama serial gg, cheesy banget ceritanya, gw ampe perang comment di fesbuk soal gossip girl,,,jelas2 tu orang yang duluan ngomong cheesy trus pas gw comment,,,”ok but u admit that the story is cheesy” eh tu orang malah marah-marah sendiri (sorry if someone actually feels this) tapi buat lucu-lucuan aja perang komen itu.

So,,,are u interested to watch Grey’s,,,try it, especially if you like E.R. then you’ll this one.

Jakarta-1 pagi 23 Aug 09-bulan puasa

Tips-tips murah meriah untuk menghilangkan stress saat atau setelah bekerja:

1. online online online online (sing it like a song by saykoji hehe) yah fesbuken ke,,,buka imel,,,googling,,,twitter-an,,,ym-an,,,apa ke (it really works for me :D)

2. nonton tv also cable (klo di kosan) especially series, star world definitely for me

3. nonton dvd
4. sms or call boyfriend and mom
5. go to your hometown, for me its Bandung (spend quality time with beloved ones)
6. pacaran hehe
7. wisata kuliner
8. shopping
9. karoke with frens, cousins, fam, anyone
11. nonton pelem terbaru di bioskop
12. jalan-jalan ke mall
13. nulis kalo ada ide kaya sekarang
14. pas wiken tidur seharian ampe kepala pusing
15. enjoy cappuccino
16. belanja ke supermarket (hehe what a freak me)
17. rapiin lemari (another freak thing)
18. baca koran majalah buku, kalo ada
19. solat (alhamdulilah :))
20. reuni an ama temen lama

Atau yang paling ampuh sih liburan ke luar kota,,,,luar pulau,,,ato bahkan luar negeri trus foto-foto (fotonya di upload di fesbuk hehe) tidak lupa belanja and wisata kuliner

Friday, 21 August 2009

People never stop complaining

1 waktu pkl di tsel gw complain karena ga ada kerjaan,,,wreally put,,,,hehe jadi kerjanya gw waktu itu masih usum (as in musim in sundanese) friendster,,yah itu kerja gw,,,ama motokopi file2 yang membingungkan untuk dipilah-pilih; 2 waktu gw di exsa, gw complain ama murid2 gw yang bikin pusing padahal cuma 5 orang ^_^, gw juga merasa sangat yakin that teaching is not my calling apalagi saat dikritik oleh teacher spv ; 3 waktu di griya nutrisi, gw complain bos gw saat dia menyombongkan sesuatu, contoh kasus, dia cerita ke karyawan yg lebih baru dari gw (I mean saat itu gw anak baru trus setelah gw ada lagi orang baru ^_^) bahwa dulu dia suka foya2 dan parah, dia ampe sering nraktir anak buahnya ampe berapa juta jadi tagihan kartu kreditnya pun membengkak (suruh sapa ya) hehe dan hal lainnya seperti itu, “Apakah anda malas mendengarnya?” saya sih iya ,,,,selain itu gw juga mulai was2 saat sekretaris lama bilang ama gw klo gw udah jadi sekretaris benerannya bos siap2 aja dikritik tentang baju yang terlalu casual ato kacamata yg terlalu abg,,,wot d heck,,,,tapi it was a great experience,,, bener2 ngerasain kerja beneran ^_^ meski gajinya setengah mati kecil namun dipuji2 oleh sang spv tapi sebenarnya pujian itu bukanlah segalanya; 4 waktu training di Citibank, gw complain tentang yang belum apa2 lemburnya udah setengah mati, complain ttg produk2 yg kaga ngarti2, complain ttg system yang angkanya jelimet setengah idup, komplian ttg kontrak yang ga ada bayangannya, complain ttg makan siang yg ga boleh keluar, complain gara dikomplainin yang salah ngisi angka, gila beneran tuh kayanya dan makan siang yang kepotong dan susah makan di luar; 5 waktu di bina bangsa, gw complain yang diperlakukan seperti cleaning service (eh kt dosen gw salah tuh istilah kudunya cleaning server ato cleaning service staff,,,,,halah halah) bayangin si principal ngomong gini “jangan hanya karena kalian cewe jadi ga bisa angkat2 barang,,,wot d heck,,,,lo pikir bonyok gw sekolahin ampe gelar S1 cuma jadi tukang ungkat angkut,,,hell NO juga gw complain tentang lembur tapi sebenernya bukan karena lemburnya,,,cuma jarak terdekat jalan raya dengan sekolah adalah cukup jauh serta berliku naik2 ke puncak gunung dan juga jalan raya terdekat itu pula tidak dilalui oleh angkot,,,jadi kebayang dong mau lembur deg2an ser nya kaya apa,,,emang sih ada tukang ojeg tapi angger weh da males intina mah,,,,dan tugas yang _____(I dunno still cannot find d word) sebenarnya tugas ini bisa dilakukan oleh seorang anak yang duduk di bangku sekolah dasar tapi yah gw digaji di atas umr she,,,gw juga complain tentang bos gw yang pelitnya setengah mati,,,said that she carries 50 perak (of coin yah,,,ya heueuh ateuh put da gocapan mah eweuh duit kertasnya) in her purse in case she has to pay some bills that consist (really put are u gonna use that word??) of 50 perak,,,biar pas bayarnya ato bahkan klo ada yg minta kembalian mereun nya,,,HAH,,,saya juga complain ttg jam masuk yg kudunya 7.15 jadi 6.45,,,,can u imagine if your house is actually in Jaksel and d school is in Ancol??? ; waktu present tense,,,,awalnya sih gw udah mulai menyadari tapi berusaha untuk survive cos I wanna prove everyone I can do it for at least a year,,,,kenapa yah bos nya tipe nya sama,,,,karena samakah?skrg masih bisa,,,ga tau besok2,,,,yang pasti gw pengen kerja dgn situasi general dimana bisa tenang melaksanakan solat 5 waktu bahkan solat sunahnya (ciecie me sounds so religious,,,seems maybe yah d rite word) di tempat yang layak,,,,situasi dimana saat meeting ga ada yang teriak2,,,dan kelakuan yang halus dan juga tidak ada gep2an klo pun ada yah not too obvious lah oh iya yang pastinya bisa makan siang di luarr hihi so when people stop complaining?? 19 Aug 2009, jkt, 9 pm, kit haliwell

Sunday, 9 August 2009

Behaviour

Kadang-kadang gw tidak mengerti dengan perilaku orang,,,let me take an example, jadi ada satu cewe di kosan gw,,btw shes out from d dorm just yesterday,,thank gosh,,why thx gosh,,, karena dia tuh suka nyetel musik keras2 without even think just a little with the people or neighbours (I can call) around her,,,,udah gitu pintu kamarnya dia ga ditutup,,,,udah gitu musiknya ya ampun,,,rihanna lah,,beyonce lah,,,chris brown lah (emang lagu mereka enak sih),,,gila kan,,,kadang2 malah musik dugem ga jelas (ga tau yah menurut gw its so pathetic buat orang2 yang suka nyetel musik dugem keras2 apalagi Sat night,,,,gosh pegi aja lu clubbing daripada bikin rusuh,,am I right?? Trus yang bikin gila lagi,,dia pasang musik nya jam 7 pagi,,,,untung gw tipe orang yang pergi kerja jam segitu jadi jam 6 gw udah mandi dan melek pastinya coba klo belum bangun,,,udah gw marah2 aja ama tu orang,,,gila ga sih,,,trus malem2 dia pasang musik,,,I know its Fri night tapi ada juga kan orang yg gawe sabtu nya ato bahkan kaya gw yg udah ngantuk jam 10 dan emang pengen tidur on Fri night,,,,,

Gw heran abiez ama orang itu,,,,apa dia pernah ga mikir sebentar aja ga nyampe 5 menit ko,,,eh orang sebelah gw lagi apa yah jam segini,,,,,orang depan gw keganggu ga yah klo pasang musik aga kenceng (but in fact its so loud),,,eh orang di lantai ini (we live in the 2nd floor for the info btw) ga pada keberatan kan gw pasang musik,,,,

Gw sih bukannya melarang orang pasang musik (even I am one of the people who turn on the music tapi yah liat waktu liat sikon liat orang2nya) masa iya jam waktunya solat ato tidur dia masih ga nyadar juga,,,pasang musik biasa aja lah,,,gpp aga kenceng dikit tapi tutup pintunya trus liat2 jam juga,,,eh jam segini tetangga gw belum bangun,,,kecilin dikit deh volumenya,,,,,ga mikir banget deh tu orang,,,ga punya otak banget,,,untung aja tu orang udah keluar,,,,lo pikir kosan ini punya nenek lo,,,,punya elo,,,klo iya sih yah resiko gw berarti tapi kan bukan,,,,wong gw juga bayar sama kaya elu,,,,ah orangnya aja emang rada geblek,,,,

Gila gw nafsu banget yah nulis ini,,,,hehe,,,piss ah,,,I forgive u cos ure not living in my boarding house anymore hehehe :D
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...