not as hard as I thought

sebagai anak kos selama 10 bulan dan menemui bulan puasa, gw cukup ribet mikirin, ‘gimana yah bulan puasa ntar?’ soalnya ini perdana jadi anak kost di Jakarta, and there isn’t close relative yang ada cuma kaka itu pun di selatan sana which is far. Gw yang biasanya selama 22 tahun puasa bareng ortu pun memikirkan segala cara untuk menghadapi bulan puasa itu, ternyata setelah dijalanin, not as hard as I thought.

awalnya gw pikir, gw harus prepare terutama pas saur, kalo soal buka puasa sih bodo amat, bisa beli dimana aja, kalo saur kan jam 3 pagi lo mau beli makanan di mana? Dan lagi, kalo jadi anak kost (dengan fasilitas kost dapur+peralatan elektronik masak lainnya dimana kadang kita sharing minyak goreng lah, ya beras lah, dan sebagai lainnya) alangkah hematnya kan kalo bisa masak + makan bareng dengan cara udunan alias saling sumbang menyumbang baik duit maupun makanan itu sendiri, tapi ga boleh nanggung (maksudnya, kalo emang ga bisa nyumbang duit + makanan yang banyak, ya ngomong aja sejujurnya) soalnya kalo nanggung jadi nya piributeun alias bikin masalah, dan memang sudah terbukti menimbulkan dua masalah.

Awalnya sih gw beli beras, minyak goreng, telor dan kornet untuk saur 2/3 hari lah kalo cukup. Kesananya gw cukup ngasih 50 ribu aja buat 5/6 kali saur. It’s simple ternyata, dengan catatan ga perlu saur pake ayam tiap hari trus kalo emang duitnya ga cukup ato udah habis konfirmasi ke orang masing-masing. Once more I say, not as hard as I thought. Masalah saur yang awalnya gw pikirin ribet pun, sukses dijalanin selama kurang lebih 2 minggu (- 1 minggu datang bulan dan – 1 minggu puasa di rumah akhirnya ;)).

Eh tapi tau ga sih which I said above, ternyata masih menimbulkan masalah bagi orang lain. Seperti yang gw udah bilang, kalo emang misalnya gw bisa ngasih duit banyak ya bilang aja sejujurnya dan jangan neko-neko, jangan ngasih 50 ribu tapi pengen makan ayam/daging tiap hari, mana cukup duitnya. Jadi masalahnya gini loh:

Yang muslim itu di kosan ada 4 orang plus 2 orang mba pengurus rumah: sebut aja A B C dan gw.

Nah si B itu cuma makan indomie dan telor doank buat sahur setiap hari kec jumat sabtu minggu karena dia balik ke rumahnya (can u imagine, kalo gw udah enek duluan dah) and I mean it everyday loh, I don’t lie. Si B ngasih duit 100 rb ke si mba sebut saja 1, karena dia ngurus lantai 1 dan si B itu penghuni lantai 1. Untuk sekitar 2 minggu an. Cukup sih kalo gw liat, indomie berapa duit sih tambah telor, gw liat juga dia makan nasinya ga banyak-banyak.

Si A itu cuma puasa 2 hari pertama doang, yah gw sih ga peduli yah, mo dia puasa ato kaga bukan urusan gw (ya ga?), dia ngasih 100 ribu buat 2 hari saur doang dan sisanya buat si mba-mba itu.

Si C puasa setiap hari (except days she got period), dia ikut saur malah kadang-kadang buka.

Orang yang terakhir adalah gw, yang 2/3 hari pertama gw beli supply makanan seadanya dengan alasan belum gajian (hehe its true loh btw) dan hari berikutnya gw kasih duit 50 rb tiap hari minggu dgn catetan tiap jumat/sabtu gw sumbang mie goreng lah, abon lah, nugget lah, telor lah, dsb. Gw juga dah pesen ama si mba 2 karena dia pengurus lantai 2 dan saya pun penghuni lantai 2, kalo bisa itu dicukup-cukupin, 4/5 kali saur, jangan beli ayam apalagi daging karena ga bakalan cukup, dan ITU CUMA BUAT SAUR DOANK, kalo buka gw beli sendiri.

Ok, masalahnya apa sih put? Nah si C ini, jadi begini loh awal nya:

Jadi kan bisa diliat dr ilustrasi di atas Si A B C dan gw. Si C itu nyumbang nugget, sarden, ama sayur sop 2 hari pertama puasa. Nah berhubung hari ke 3 yang menjadi minggu pertama karena hari puasa pertama jatuh di hari sabtu, gw dapet, jadi gw ga udunan kan. Si C ini minggu pertama dia makan saur + buka bbrp kali tanpa kasih duit ato pun nyumbang makanan padahal jatah makanan minggu pertama itu adalah dari si A tadi dan si A tadi mulai hari ke-3 udah ga ikutan saur apalagi buka. Si mba 1&2 pun terheran-heran, tapi akhirnya nyadar juga si C ini di hr yg ke 5/6, “Ini makanan dari siapa, saya jadi ga enak ga udunan, kalo mau belanja besok bilang aja.” (akhirnya, ya dooohhh, sarden, nugget, sayur sop lo itu udah kemana gitu)

Ya udah dong, si mba 2 itu besoknya suruh mba 1 belanja di supermarket terdekat dong, trus mba 2 bilang ke si C bahwa si mba 1 udah menunggu buat belanja eh tapi malah dibales kaya gini “Emang uang belanja harus semua dari aku ya!” (doooh, yah elu mau makan saur ga, ya beli dong kalo ga mau dibeliin yah beli sendiri dong)

Eh dari semenjak kejadian itu si C marah-marah ga jelas, selain itu si mba 2 kan curhat ama gw, ya udah lah gw sih dengerin aja dan bilang ya udah lah berarti si C itu orangnya emang kaya gitu, kita mah (gw dan mba 2) masak sendiri-sendiri aja. Terus besoknya gw secara ga sengaja spilled it out ama si A tapi ga secara berlebihan lagian si A cowo yang sama sekali ga comel. Ga tau juga si C nuduh mba 2 gossipin dia soal makan saur itu trus si C marah-marah dan nuduh ngejelek-jelekin si C ke anak-anak kos laen (gw mungkin yang dimaksud) mungkin bisa aja si mba 1 bilang tapi yah come on lah masa sih gara-gara soal itu dia marah-marah, plis deh, kalo emang ga mau rugi ya udah masak sendiri aja, masalah rebes kan.

Akhirnya semenjak saat itu si C ngajak si mba 1 buat masak berdua (ga tau lah itung-itungan nya kaya apa) yang pasti, gw sih karena males masak ya udah masak berdua ama mba 2. Si B mah udah ga perlu dipermasalahkan karena duit dia pun udah lebih dari cukup (mie doang gitu loh). TAPI sodara-sodara, masalah tidak berhenti sampai di situ ternyata.

Setelah minggu ke 3, beras habis, heh, padahal harusnya dari duit gw dan si B itu udah cukup buat beli beras beberapa kilo aja karena kan buat saur aja. Taunya ternyata eh ternyata, si mba 1 itu tidak membelikan uang dari si B sama sekali untuk beras (jadi beras awal emang punya mba 2 orang itu dari si pemilik kos) dan juga si C ternyata sama sekali tidak mengeluarkan uang untuk mengganti beras itu, dooohh, dia dodol apa cemen sih. Ok lah dia mungkin beliin ayam 2 potong buat saur berdua sama si mba 1 tapi apa pantes dia minta beras ke pembokat, oh come on lah jangan ga punya muka gitu dong. Hmphfh, ya sutra lah berhubung eike malas berantem jadi masalah lagi, akhirnya gw sama mba 2 udunan aja beliin nasi buat saur doang. Dan si mba 1 pun jadi ga buka dan ga saur sekali sama nasi gara-gara abis. Hmphfh, akhirnya si C beli beras karena dia ga mungkin ga makan nasi kan, tapi gw sih sama mba 2 ga makan punya dia cos takut jadi rebut lagi kecuali sekali gw ga sengaja makan nasinya dia tapi langsung digantiin.

Sebenernya si C itu mempersulit dirinya sendiri, padahal kalo mau sih gampang-gampang aja. Dia kasih aja 50 ribu seminggu kaya yang gw lakuin, itu cukup ko, terus ga perlu ribut lebay ga jelas lah soal masalah pertama. Iya kan. Tapi anehnya nih semenjak kejadian pertama, tiap gw tanya ato basa-basi sesuatu, dia jawabnya jutek banget. Heh salah gw apa, ok lah gw juga sebel sama sikap lo, tapi kalo depan elu ya udah lah biasa aja, gw juga ga ngegosipin elu ke anak kos lainnya yang ga puasa (kalo iya berarti gila beneran gw), tapi emang dia orang nya agak sedikit aneh hehe. Sekarang sih mba-mbanya udah ganti alias yang baru terus kan udah lebaran nih ceritanya jadi yang lalu biarlah berlalu hoho.

Oh iya, emang sih ini bukan sepenuhnya salah si C, si mba 2 juga orangnya emang lebay tapi come on shes just a cleaning lady. Dulu kan pernah ada masalah ama anak kos yang kebetulan lagi ada di kamar si C (maksud gw, sebut saja si D yang ngekos di kamar yang sama dengan si C tapi sudah keluar lalu kamar itu pun saat ini ditempatin oleh si C). Jadi kalo si D ini mah, jobless dan suka makan makanan punya orang. Jadi di dapur kosan itu kan ada kulkas dimana kita bisa simpen makanan apa aja. Eh si D ini celamitan, telor punya si Z digoreng tanpa bilang-bilang, kornet punya si S dimasak, heuheu, malah minta mie goreng ama si mba 2 tanpa digantiin, ini orang emang saraf and kelaparan beneran, heuheu. Udah gitu dia masak sesuatu dimakan orang malah dia ngeributin sendiri, nyalahin orang itu ngabisin makanan punya dia, padahal awalanya sendiri dia yang nawarin, heuheu.

Lucu emang kejadian di kosan, ada aja. Jadi kalo emang mau sendiri-sendiri yah sendiri-sendiri aja ga usah nanggung, kalo mau rame-rame jangan takut dan ribut kalo makanannya dihabisin orang laen. Soalnya itu mah resiko namanya.

Fuih, akhirnya selese juga setelah tersita oleh the sims,,hihi,, October 2009.

Comments