Don’t get married until ..

Entah karena pengaruh masa kecil apa, kok tampaknya saya takut juga berkomitmen. Tapi saya mau kok get married, because I am normal, because it is the way should be, because after finished study --- getting a job --- have a serious relationship --- then people start ask WHEN ..

Tidak perlu ditanya lah kenapa saya takut berkomitmen .. intinya saya emang parno-an. Entah kenapa juga di saat mulai baca buku lagi, semuanya berbau wedding, mulai dari chicklit ‘a very yuppy wedding , divortiare sampe marriageable’.

Sampe gak sengaja nonton film kelas ‘b’ (if u are movie buff then you know that term) yang berjudul ‘things before say I do’ di hallmark channel (gosh I’m gonna miss cable when I go back later on June)

Sebenarnya, saya ingin mengungkapkan pendapat yang sesuai dgn judul di atas which is ‘please, don’t get married until three things below (for a girl)’

And there are:
1. Finished your college study either diploma or your bachelor degree (its just choice),
2. Has ability to support your own life by having a job,
3. Already have relationship at least for a year.


Why:

Kalau udah selesai kuliah, beban kamu juga jadi lebih enak. Maksud saya, kebayang di pertengahan kuliah, you get married then have baby then suddenly you get stuck between taking care kid and finishing your thesis.

Hmm, emang yang selesai kuliah saat mereka yang memutuskan nikah saat kuliah, banyak, tapi ada juga yang malah drop out.

Sayang sekali,

jangan karena kamu cewe jadi gak bisa raih gelar prof, tolong ya ini udah taun berapa di saat feminisme semakin digembor-gemborkan.

Yang kedua, sudah mampu menghidupi diri sendiri at least di level, menengah, yah udah bisa beli makan sendiri, bayar kost, beli baju, beli bedak sendiri, beli bb (haha ..)

Jangan ngandelin diri sama laki!!

Dan yang paling penting, kamu seenggaknya udah mencapai si kata ‘anniversary’ sebelum memutuskan untuk menikah. Aduh jangan sampe buru-buru deh, gara-gara ngiler liat temen-temen udah pada pamerin foto pre-wed di facebook.

Remember, you will spent the rest of your life with him. There is no sentence, I think I will decide to resign from the institution of marriage (even kenyataannya, sangat banyak sekali perceraian di mana-mana).

Tapi buat saya yang super egois, jangan dulu menikah sampai impian yang kamu inginkan tercapai kecuali kamu sudah berumur 28 !! still 3 years again though ;p

--- almost last April 2010 ---

Comments