perusahaan yg aneh .. atau lebih tepatnya jorok .. yaiks ;p ..


alhamdulilah .. semangat blogging sedikit naik ;p .. sebenarnya seperti yg sudah saya katakan sebelumnya, all you have to do is .. open the Microsoft words and pick the topic then let all your fingers composing the words ;p ..

waktu hari pertama saya puasa, which is tinggal stgh bulan lagi .. yeay ;p .. saya dipanggil psikotest di suatu perusahaan di bdg tepatnya di jl Jakarta .. setelah saya ingat-ingat kembali rupanya saya melamar ke perusahaan tersebut via jobsdb .. hmm dan setelah googling juga mendapatkan web address company nya, saya pun membaca company profile, sepertinya cukup bonafid (meski namanya kurang terkenal atau memang saya aja yang gak tau), seperti pabrik komponen untuk pendukung perusahaan IT dan provider telekomunikasi atau pembangunan BTS itu loh. Selain itu kantor cabangnya juga banyak.
Saya pikir, lumayan lah, hitung-hitung latihan psikotest (yup saya selalu hampir datang di perusahaan yang memanggil saya cos practice makes you perfect right ;p).

Setelah saya sampai di kantor tersebut, dari luar tampak kumuh, tapi banyak mobil bagus yang parkir di depannya, well don’t just judge book by its cover I think.

Setelah masuk ke dalam kantor, ternyata semakin parah. Seperti gudang. Jadi pas masuk langsung ruangan besar yang Cuma disekat kayu butut, di sebelah kanan pintu masuk ada ruangan kecil seperti ruangan satpam, lalu ada mesin absen yang udah lumayan jadul plus deretan kartu absen pegawai. Di situ juga banyak tumpukan barang dan ada sepeda motor parkir.

Can you imagine?

Di belakang sekat kayu itu ada beberapa meja computer dan beberapa karyawan yang sedang melakukan pekerjaannya, tampak semrawut, gak rapi, berantakan, berdebu dan kotor.

Itu hasil observasi saya.



Begitu datang juga, orang-orang yang ada di dalam situ, gak tergubris, cuek aja lalu lalang gak jelas. Untung ada satu cewe yang lagi duduk di kursi, ternyata dia juga dipanggil untuk psikotest dan akhirnya gw duduk di sebelahnya (untungnya ada kursi juga).

Gak lama, orang-orang yang ditest mulai pada berdatangan, lagi-lagi orang-orang yang saya asumsikan bekerja di situ, mengabaikan kita-kita.

Setelah hampir satu jam, ada beberapa orang yang turun dari lantai atas, dan akhirnya kita disuruh mengisi formulir standar lalu masuk ke ruangan meeting ceritanya tapi sudah seperti lag-lagi saya bilang “GUDANG”.

Ruangannya lembap, seperti gak ada udara, ada sarang laba-laba, bau apek, banyak barang berantakan, gak jelas.

Saya gak habis pikir, ini perusahaan macam apa sih, ko kayaknya, kalau kita lihat web company nya sepertinya cukup ok, tapi ternyata keadaannya, ih jorok banget :(p

Akhirnya muncul kata dari salah seorang applicant, “Ni kantor udah kaya gudang” .. oh Thank God somebody just say that, not from my mouth though.

Kita (as the applicants including me) juga udah gak enak feeling tapi saya gak berani bilang, “ni perusahaan apa seh” takut salah ngomong.

Akhirnya psikotest pun berlangsung, untuk posisi admin, menurut saya test nya cukup banyak dan susah. Kadang bingung, ngapain sih sebuah perusahaan yang emang “biasa-biasa aja” menerapkan psikotest yang begitu lama dan rumitnya padahal kalau menurut saya, kalau misalnya perusahaan A butuh seorang sekretaris, test nya cukup misalnya, membuat format surat selain interview tentunya. Atau perusahaan B membutuhkan arsitek untuk merancang gedung baru sebagai kantor cabangnya, cukup dia mendesain contoh gedung dan mungkin ada test seperti matematika nya lah entah saya juga gak ngerti, yah semacam itu lah. Iya kan. Ok, psikotest itu penting, saya setuju, tapi ya psikotest standard saja yang memakan waktu sejam, misal test kepribadian, test potensi akademik, kurang lebih seperti itu. Ini mah sampai ada test gambar contoh mesin yang bertaut dengan mesin lain lalu pertanyaannya jika mesin B tidak bertaut dengan mesin A, apakah mesin C dapat berjalan.

HOEKS .. hehe buat admin kok ditest begituan ;p

Di bank terkenal aja testnya gak gitu-gitu banget hehe ..

Ok back to the story, sampai mana tadi .. oh iya test nya syusahh mulai dari jam ½ 3 sampai jam ½ 5 .. hufthhh, karena udah gak niat dan gak tertarik dengan perusahaannya jadi saya isi sebisanya aja, males mikir hehehe ..

Setelah pulang akhirnya semua setuju kalau perusahaan tersebut, luar biasa kotor dan luar biasa tidak teratur. Jadi wondering, yang punya siapa sih, ko bisa punya kantor begitu, jangan tanya yang punya deh, takutnya kejauhan, kepala cabang di kantor itu siapa sih, ih jorok banget.

Jelas perbedaannya banyak antara perusahaan kotor tidak teratur dan perusahaan yang mempunyai old style version, maksud saya, saya pernah di wawancara bahkan saya juga sekarang lagi les di tempat yang memang desain interiornya jaman dulu, tapi tetep bersih.

Ada juga kantor yang butut alias jelek tapi masih agak sedikit rapi dibandingkan dengan perusahaan yang saya ceritakan di atas hehehe.

Kadang kalau udah dapet panggilan di kantor kaya gitu jadi ilfeel dan curiga, ni company apaan seh ;p

Tapi bener loh kadang perusahaan kecil, gak terkenal, wuih prosedur seleksi pegawai nya edan-edan an. Saya waktu itu masuk Citibank, gak pakai psikotest apa-apa, wong masih waras ko hehe, tapi emang penting psikotest cuma jangan ngabisin waktu lha (nawar deui budak teh) satu jam cukup, interview dan test langsung yang berhubungan dengan job desc apalagi kalau udah lulusan UNPAD, ITB, Marantha, UNPAR, UPI dan universitas lainnya. Insyallah alumnus-alumnus yang orang baik-baik dan masih waras hehehe ..

Wew .. blog ini diketik minggu pagi, wah ada apa dengan saya ;p .. 11 hari lagi menuju lebaran :D ..

Comments