Monday, 2 August 2010

Sejarah Yogya Dept Store Bdg, tmpt langganan beli baju&belanja bulanan

diketik ulang dari booklet Career Days FE UNPAR 29-30 Juli 2010

Awal berdiri pada tahun 1948 di daerah Kosambi dengan nama toko "Djogja", luas toko 100 m2, jumlah karyawan 8 orang, produk yang dijual hanya batik dan perlengkapan hari raya. Selama 24 tahun toko batik itu bertahan.

Pada tahun 1972, ketika Bapak Boedi Siswanto Basuki mulai mengelola bersama istrinya ibu Tina Handayani, strategi penjualan pun berubah, batik yang selama ini menjadi andalan Djogja mulai digantikan dengan berbagai barang-barang kebutuhan sehari-hari seperti sabun, sikat gigi, odol, dan alat-alat kosmetik. Bukan hanya itu saja tapi penampilan toko pun diubah supaya menarik karena saat itu persaingan cukup ketat dan daerah Kosambi kurang populer dibandingkan Cibadak.
 
Kemudian Bp Boedi memutuskan untuk membuka toko baru di tempat lain yang dirasakannya cocok yakni Jalan Sunda No 60 Bandung.

Pada 28 Oktober 1982, resmi berdiri toko baru seluas 300 m dengan nama baru "Yogya". Semula barang dagangan adalah barang kelontong, kemudian ditambahkan dengan barang pecah belah dan mainan anak. Seiring dengan perbaikan variasi barang, beliau memperluas tokonya sampai 4 tingkat, mulai menjual makanan, minuman dan pakaian jadi. kepercayaan pemasok semakin tinggi begitu juga dengan kepercayaan konsumen semakin besar.
Sejak tahun 1986 sudah memperkerjakan tenaga profesional sarjana dan mulai membuka beberapa cabang di kota-kota lain seperti di Cirebon, Tasikmalaya. Di Bandung pun dibuka cabang baru yaitu Bandung Indah Plasa dan Pasaraya Yogya.
Menjelang akhir tahun 1990-an ketika peritel besar seperti Matahari, Hero dan Gelael masuk Bandung, beliau tidak bisa diam saja menikmati kesuksesannya. Beliau mengubah manajemennya agar lebih profesional dan tetap bertahan di dunia retail yang semakin banyak pesaingnya.
Toserba Yogya yang kini berkantor pusat di Jl Soekarno Hatta No 236 Bandung, hingga tahun 2010 ini telah memiliki 56 cabang yaitu 2 cabang di Jkt, 53 cabang di berbagai kota di Jabar dan 1 cabang di Jateng, Majenang, 3 Distribution Center (Bdg, Jkt, Cikoneng) dan 10 Griyamart.
 
                                                          yogya kepatihan Bandung
 
comment: bravo buat Yogya yang udah puluhan tahun eksis, semoga terus jaya. Nyokap gw dari jaman di BIP udah doyan belanja di yogya sampe akhirnya buka di Kepatihan dan itu menurun ke gw anaknya hehe, tiada hari tanpa Yogya pokona mah :)

2 comments:

taufikdisc™ said...

kunjungan perdana. :D

Puti said...

welcome .. thanks for the comment, i will be waiting for you for the next comment :D ..

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...