Saturday, 11 September 2010

again .. Kabar Indonesia ..

Urgensitas Pre-School bagi Batita
Oleh : Puti Manira | 30-Des-2008, 22:20:39 WIB
KabarIndonesia - Seperti yang kita ketahui, sekolah merupakan hal yang penting bagi anak-anak. Selain untuk mendapatkan pendidikan, sekolah membentuk karakteristik, sikap dan moral anak.

Saat ini, banyak orang tua yang bekerja dan memberikan prioritas bagi karir mereka. Karena itu, anak-anak mereka menjadi sedikit terabaikan, khususnya bagi anak-anak di bawah umur 5 tahun. Umumnya, orang tua mempercayakan anak mereka pada pengasuh atau kakek-neneknya.

Ada juga yang menyekolahkan anak mereka ke pre-school. Namun, masih banyak juga orang tua yang berpikir bahwa pre-school belum terlalu penting untuk anak-anak mereka. Selain itu, biayanya yang cukup mahal menjadi pertimbangan para orang tua.

Padahal, pre-school mengajarkan hal yang mendasar dalam hidup  anak. Daripada membiarkan anak di tangan pengasuh, lebih baik orang tua, terutama mereka yang bekerja, menyekolahkan anak mereka ke pre-school. Anak-anak juga dapat bersosialisasi dengan teman-teman mereka yang sebaya.

Namun, yang paling penting adalah belajar berdisiplin dan hidup mandiri sejak sangat dini karena umur 1-5 tahun merupakan "golden age" dimana anak dapat menyerap dengan baik apa yang mereka dapatkan saat lima tahun pertama itu.
Masih banyak juga orang tua yang berpikir bahwa pre-school terlalu berat untuk batita. Mereka kasihan pada anaknya yang masih bayi untuk disekolahkan. Namun, pada intinya pre-school menempatkan bermain sambil belajar.

Orang tua juga tidak perlu khawatir membeli banyak mainan seharga ratusan ribu untuk anaknya karena mereka akan mendapatkan itu di pre-school. Jika anda tertarik, anda dapat mencoba free-trial (mencoba belajar dengan gratis) di beberapa pre-school saat anak anda kurang lebih berusia 2 tahun.

Setelah itu, anda dapat membandingkan sekolah mana yang terbaik, selain pertimbangan biaya tentunya. Jika anda berpikir bahwa anak berusia 2 tahun terlalu dini untuk sekolah, maka anda dapat mulai menyekolahkan anak anda di umur 3 tahun, karena terkadang di umur 4 dan 5 tahun yang pada umumnya anak masuk taman kanak-kanak terlalu singkat bagi mereka untuk belajar hal-hal dini.

Di umur 2 atau 3 bahkan umur 1,5 tahun, anak akan lebih cepat belajar berbicara, membaca dan menulis sehingga saat memasuki sekolah dasar, mereka sudah cukup mempunyai kemampuan tersebut. (*)

* Saat ini penulis bekerja di salah satu pre-school di Jakarta

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...