Saturday, 11 September 2010

dari Kabar Indonesia 2 ..

Korea itu Dinamis
Oleh : Puti Manira | 12-Sep-2008, 22:12:54 WIB
KabarIndonesia - Sejujurnya, saya memang tidak terlalu tergila-gila dengan Korea meski saat ini banyak sekali para “Korea Freak” atau orang-orang yang menggilai apapun yang berhubungan dengan Korea terutama serial tv yang sangat digandrungi para remaja.

Namun, saya ingin menulis esai tentang ini dan satu hal yang muncul dalam pikiran saya yaitu kakak sahabat saya yang bernama Lina. Ya, saya sering mendengar Rizal, teman saya yang bercerita tentang Lina sebagai seorang “Korea Freak”.

Oleh karena itu, sumber esai ini berasal dari Lina dan beberapa teman-temannya yang notabene memang orang Korea dimana saya mengambil topik Korea sebagai negara yang dinamis. Dinamis. Jika kita melihat arti di sebuah kamus Oxford, maka dinamis atau dynamic adalah; dynamic /adj 1 of a force that produces power or movement. 2 energetic and forceful. dynamically /adv. dynamics n [U] (with sing v) branch of physics dealing with movement and force. dynamism / n [U] quality of being dynamic (2).

atau dalam kamus bahasa Indonesia secara singkat, dinamis berarti mempunyai tenaga yang kuat (selalu bergerak berubah-ubah), ataupun melihat kata dinamisator yang berarti hal atau benda yang menyebabkan timbulnya tenaga untuk selalu bergerak dan dinamisme yang berarti kepercayaan bahwa segala sesuatu mempunyai kekuatan yang dapat mempengaruhi keberhasilan atau kegagalan usaha manusia dalam mempertahankan hidup. 



Arti dinamis yang dengan mudah dapat dilihat di dalam kamus. Namun, saya tidak akan membedah kata dinamis lebih dalam melainkan 3 alasan mengapa Korea dianggap sebagai sebuah negara yang dinamis.

Alasan yang pertama adalah, faktor letak Korea. Letak Korea dimana dengan sumber daya alam yang terbatas dan adanya 4 musim menjadikan Korea sebagai negara yang dinamis. Orang-orang Korea yang mempunyai motto hidup; Nanti bagaimana? membuat mereka harus bergerak segala sesuatunya dengan cepat terutama dengan 2 faktor yang telah saya sebutkan sebelumnya. Saat musim gugur, mereka sudah mempersiapkan apapun yang mendukung hidup mereka untuk musim salju, karena saat musim salju tiba ada beberapa hal yang dapat menghambat sokongan hidup mereka.

Sangat berbeda bukan dengan negara kita yang orang-orangnya mengiblat pada motto; Bagaimana nanti! Kedua, adalah situasi, cara berpikir, dan cara bertindak. Dikarenakan terpecahnya Korea Utara dan Korea Selatan sehingga menyebabkan orang-orang Korea terkena wajib militer.

Mereka harus selalu siap sedia untuk berperang dikarenakan situasi negaranya dan secara otomatis membuat orang-orangnya mempunyai cara berpikir dan bertindak yang terpengaruh oleh wajib militer. Hal itulah yang membuat mereka menjadi orang-orang yang dinamis. Hal yang terakhir adalah persaingan ketat di dunia kerja.

Dunia kerja yang keras dengan kompetisi yang sangat tinggi membuat orang-orang Korea yang memang hampir seluruhnya lulus SD, SMP, dan SMA sangat ingin bersaing satu sama lain.

Meskipun hanya 70 – 80 % yang dapat berkuliah di universitas, namun hal itu tidak membuat orang-orang yang hanya lulus SMU pesimis, melainkan mereka ingin bersaing satu sama lain tanpa menghiraukan status tingginya pendidikan orang lain. 



 
Jika anda melihat pengertian dinamis yang telah saya kutip di atas dan alasan-alasan Korea sebagai negara yang dinamis, hal itu sangatlah mendukung alasan-alasan yang saya sebutkan di atas. Meskipun Indonesia lebih dulu merdeka, namun perkembangan negara terutama di bidang teknologi sangatlah jauh berbeda dengan Korea.

Oleh karena itu, marilah kita mencontoh kedinamisan orang-orang dan negara Korea untuk memajukan bangsa ini karena siapa yang tidak ingin negaranya maju? Kalau bukan kita sebagai generasi muda, siapa lagi yang dapat meneruskan bangsa ini ke arah yang lebih positif.

Korea is a sophisticated country which means having and showing experience of the world and cultured.

Sumber: Oxford Learner’s Pocket Dictionary, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Herlina dan teman-temannya, Rizal, dan www.korea.net.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...