dari Kabar Indonesia ..

RESENSI NOVEL: Perfume

Oleh : Puti Manira | 13-Okt-2008, 14:57:39 WIB

KabarIndonesia - Novel ini menceritakan tentang seorang tokoh berrnama Jean-Baptiste Grenouille yang lahir tanpa bau tubuh namun mempunyai indera penciuman yang sangat tajam dan luar biasa. Setting diambil di kota Prancis di abad ke-18 dimana saat itu orang-orang tidak mempedulikan kebersihan sehingga penyakit pun mudah terjangkit.

Grenouille lahir dari seorang ibu tanpa seorang suami. Ia ditinggal kan begitu saja oleh ibunya karena memang ibunya mengalami gangguan jiwa. Setelah itu ia dirawat di sebuah panti asuhan hingga usia remaja. Saat remaja ia dijadikan budak seorang penyamak kulit hingga beberapa tahun.

Grenouille menyadari bahwa ia dianugrahi indera penciuman yang sangat tajam, ia mampu memilah-milah bau mulai dari bau kayu, bunga, manusia, hingga seluruh bau-bau yang ada di dunia. Ia sangat mengagumi seluruh bau yang ada di dunia ini oleh karena itu, ia bekerja pada seorang pengusaha parfum yang terkenal se-Prancis saat itu. Dari seorang ahli parfum ternama, ia mewarisi seni meramu berbagai minyak dan tumbuhan.

Namun, bakat Grenouille terlalu berlebihan. Suatu hari, ia mencium bau yang sangat mempesona namun bau tersebut sangatlah jarang ditemui, ternyata bau itu adalah bau seorang gadis perawan yang mampu tercium oleh hidung Grenouille. Bau tersebut membuatnya mabuk kepayang sehingga terlintaslah dalam pikirannya untuk menciptakan parfum terbaik bearoma perawan.



Sejak saat itu, kelakuan Grenouille mulai menggila. Ia membunuh 25 gadis perawan hanya untuk mengambil aroma tubuh mereka.

Akhirnya perbuatan jahatnya diketahui oleh warga setempat sehingga ia dihukum mati oleh seluruh warga Prancis. Terjadilah kejadian aneh saat ia akan dihukum mati. Dikarenakan ia memakai parfum dari aroma perawan, orang-orang yang akan menghukum dan menyaksikan kematiannya tidak tega untuk melakukannya. Sesaat mereka tersihir oleh parfum terbaik beraroma perawan tersebut.

Comments