Passive Voice

Saya mau sok-sok an bikin blog tentang bahasa Inggris, yang sudah dipelajari dari kelas 3 SD (dulu jaman saya, skrg anak pre-school kelas Toddler aja udah dijejelin English) hingga detik ini cuma kerasa mulai kerja 2008 sepertinya ilmu saya agak menyusut hehe entah saya yang orang Indonesia banget yaitu cepet ingat dan cepet lupa :D


Ok lah lets get it on aja *apa coba, Passive Voice itu kalimat pasif, kalau dalam bahasa Indonesia ciri kalimat pasif itu kata kerja diawali imbuhan di- , contoh:


1. Ibu Membeli Ayam. (Kalimat aktif, ibu subjek, kata kerja mem-beli dan objek nya adalah Ayam.


Ayam dibeli Ibu. (Kalimat pasif, dapat dilihat perbedaan objek menjadi subjek yang dibeli oleh Ibu * ayam nya hehe)


In English sebenarnya kurang lebih sama namun tergantung tenses yang digunakan dan tobe (is, am, are) contoh :


2. I buy a book. ~~>> A book is bought by me.


pattern (pola) nya, objek menjadi subjek, karena kalimat tersebut menggunakan present tense maka passive voice pattern nya, ditambahkna tobe is lalu verba nya berubah menjadi verba bentuk ke 3 dan ditambahkan kata by.


Father buys three computers for all his kids. ~~>> Three computers are bought by father for all his kids.


Kurang lebih pattern nya sama cuma yang membedakan di tobe are karena objek yang menjadi subjek itu plural (jamak).


3. Untuk past tense bentuk lampau tobe juga, contoh :


Ardi swept the floor last night. ~~>> The floor was swept by Ardi last night.


kalau bentuk present tobe yang digunakan adalah is karena bentuk past tense maka gunakan tobe was. Untuk verba (kata kerja) tetap menggunakan verba bentuk kedua.


untuk tenses lainnya saya agak lupa tunggu ya saya bertapa dulu dengan mbah google cari ilham *kalau di rumah udah ngubek-ngubek catatan kuliah grammar deh :D
~~hasn't finished yet~~



Comments