Monday, 17 September 2012

Banker

daripada pusing kerjaan dan untuk boost up semangat dan mood bekerja hehe *krisis 27 krisis semangat kerja haha, mending sharing sedikit saja soal perbankan, after almost a year working as customer service in one of private bank in Bandung, ya mau berbagi sedikit *sedikit banget, info mengenai perbankan hehe

* Produk Tabungan

Mungkin produk yang satu ini sudah dikenal semua masyarakat meski pada kenyataannya masih banyak juga yang tidak mau menabung di bank, padahal selain keuntungan mendapat bunga, menabung di bank juga aman. Di bank saya yang dulu *gak perlu disebut lah ya hehe, ada 3 produk tabungan, 1. Produk Tabungan yang bisa memakai ATM dan ada potongan administrasi nya, 2. Produk Tabungan yang bebas potongan administrasi dan 3. Tabungan KU (Program Bank Indonesia)

Untuk produk tabungan yang pertama, di bank saya dahulu, cukup mudah untuk proses open account nya, tinggal menyiapkan KTP saja dan mengisi formulir juga menandatangani nya. Setoran awal minimal Rp 100,000 saja, anda sudah mendapatkan ATM, namun karena masih sharing di ATM Bersama maka terkadang ada kendalanya, untuk cek saldo kena charge (kalau tidak salah 5 ribu haha *lupa gue :P), tapi untuk tarik tunai tidak kena charge (di sini kelebihan *bank saya dulu kerja), kalau misal kamu punya rekening BNI tarik di Mandiri itu kena 3,900 (what, hehe) tapi tidak dengan bank itu kecuali tarik di bank tau lah ya, yang gak masuk link atm bersama hehe.

Nah untuk potongan administrasinya cukup kecil Rp 5,000 saja, tentu jika tabungan anda lebih dari 7,5 juta makan dikenakan pajak bunga senilai 20% *heuks hehe, potongan administrasi itu potongan bank setiap bulan, ya ada jasa ada harga hehe, potongan admin berbeda-beda di setiap bank, rata-rata 10 ribu, kurang lebih.

Untuk yang awam biasanya saat isi ttd form aplikasi atm di atas materai 6000, bisa bayar cash atau potong dari tabungan. Bunga nya kalau di bank itu tuh hehe, kurang lebih hingga 4,5 % tergantung dari jumlah saldo. Kelemahan atm nya tidak bisa berfungsi untuk kartu debit.

Menurut saya, setiap orang harus punya tabungan bahkan untuk anak-anak pun sudah ada produknya, buat saya yang tidak berani memegang uang cash besar-besar, juga lebih aman, meski untuk bunga kadang kalah sama potongan admin atau pajak bunga. Untuk setoran berikutnya dimulai dari 10 ribu dan untuk tutup tabungan sebesar 25 ribu, dan saldo mengendap 50 ribu rupiah saja, ganti buku sebesar Rp 5,000 rupiah saja.

Untuk produk tabungan tidak ada biaya administrasi, itu setoran awalnya bisa dimulai dari 10 ribu namun anda tidak mendapatkan kartu atm, masih ada bunga hehe yang tergantung dari saldo anda, saldo anda bisa hingga 0, untuk tutup tabungan pun tidak ada biaya. Cocok untuk anak-anak atau anda yang ingin nabung tanpa potongan *budget kawin atau liburan hehehe

Nah yang terakhir adalah Tabungan Ku, produk ini ada di hampir seluruh Bank yang merupakan program Bank Indonesia agar masyarakat gemar menabung. Setoran awal dan saldo mengendap Rp 20,000, untuk berikutnya bebas dan tentunya tidak ada biaya administrasi, jika rekening pasif maka akan dikenakan biaya lalu untuk penarikan biasanya hanya dilakukan di teller namun di beberapa dapat menggunakan kartu atm dengan setoran awal yang sama dengan produk tabungan di bank tersebut.

*Deposito

Deposito dalam bahasa simple, bentuk investasi dengan menyimpan uang di bank dalam jangka waktu tertentu dengan bunga dan minimal nominal yang ditentukan. Jangka waktu dari 1 - 12 Bulan, bunga nya berbeda-beda setiap bank dan penyimpanan, 4 - 8 %, minimal 8 sd 10 Juta but again berbeda-beda setiap bank. Selama jangka waktu tersebut uang tidak boleh diambil karena ada jatuh tempo pencairannya, biasanya semakin besar nominal semakin besar bunga dan itu dapat diajukan pada bank nya, untuk nasabah yang sudah banyak melakukan transaksi bisa mendapat special rate.


*Produk Lainnya: Giro, Pinjaman Kredit
*Transaksi: Setor Tarik Tunai, Kliring, RTGS, LLG, TT

Sebetulnya dengan training yang cukup sederhana, pengetahuan perbankan saya masih kurang, untung saja semua rekan kerja disana sangat membantu jadi saya learning by working, untuk produk Giro itu saving account dimana transaksi menggunakan Cek atau Bilyet Giro, perbedaannya, untuk Cek bisa ditarik di bank langsung sedangkan untuk BG itu permbayaran antar Bank melalui Kliring. Setoran awal Giro cukup besar, Rp 1,000,000 dan ada biaya lain seperti administrasi, biaya buku, materai, dan lainnya. Untuk giro perorangan harus melampirkan NPWP lalu biasanya ada pemeriksaan jika yang bersangkutan mempunyai masalah tunggakan lainnya di bank lain. Untuk perusahaan cukup banyak persyaratannya selain NPWP, akta perusahaan, pemegang saham, dan lainnya. Giro ini memudahkan pembayaran nominal besar ratusan atau milyaran *agak repot ya bawa ratusan juta ke client atau transfer via atm bisa cuma harus mengandalkan saldo saving, kalau Giro biasanya dana nya muter maksudnya dalam bisnis, kita dapat pemasukan dari client A, uangnya untuk membayar vendor B dan seterusnya.

Pinjaman kredit bahasa simple nya, kita pinjem uang ke bank lalu membayarnya kembali dengan cicilan plus bunga yang sudah ditentukan. Ada yang dijaminkan senilai nominal yang kita pinjam dari bank, biasanya rumah, toko, mobil, dan lainnya. Untuk perusahaan tentunya persyaratannya lebih kompleks.

--havent finished yet--

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...