Jakarta Fifty Fifty :p

sebagai anak bandung pada umumnya yang mencari peruntungan di ibukota, ya itulah gw, karena di support orang tua dimana kaka-kaka gw juga gawe di Jakarta, jadilah gw disini kalau ditotalin ya baru 3 tahun sii hehe, Jakarta fifty fifty means banyak banget orang daerah yang gawe di ibukota tapi banyak juga temen gw yang bilang,ah di jakarta biaya hidup mahal, ah di jakarta serem, ah di jakarta panas bla bla dan sebagainya tapi emang kalau anda tipe orang yang suka berada di safe zone ya tinggal di kota asal aja deh hehe, emang kalau liat berita kejahatan ada aja ya di Jakarta, bom juga kadang melanda di kedubes lah hotel lah tapi Insyallah dengan niat baik pasti semua akan berjalan lancar *amin alhamdulilah haha *jiga pa ustad wae atuh put.
Jadi di taun 2008 gw dapet tawaran kerja di "international" pre school di kelapa gading jakarta utara, karena gaji nya juga oke akhirnya gw ambil dan survive hampir 2 taun, gaji gw waktu itu antara 2 sampai 3 juta (ya memang banyak juga temen gw yang gajinya 4 5 6 juta hehe) tapi kalau ada yang bilang, "kerja di Jakarta, iya sih gaji gede tapi biaya hidup mahal." siapa bilang, setaun gw disana gw bisa saving "money" dengan target ya segitu lah gak banyak ko hehe, waktu itu di bandung gw emang dapet gaji 1 - 1,5 juta an, jd di jakarta 2 kali lipat nya kan, memang gw juga banyak expense tapi sekali lagi adalah kunci utamanya adalah "Gaya hidup mana yang lo pilih!!"

Kebetulan waktu itu karena ibu suri yang pilih kost an akhirnya mau gak mau gw pilih kost seharga 750 ribu *cukup mahal emang tapi pakai AC meski kamar mandi nya sharing tapi karena di lantai 2 banyak kamar yang ada kamar mandi dalemnya juga dan kebanyakan orang mandi di main bathroom *aih gaya, jadi gw beruntung berasa dapet kamar mandi sendiri, selain itu fasilitas yang didapat adalah cuci gosok, dapur dan kulkas, tv bersama yang pakai tv kabel dan kamar juga dibersihkan oleh pembantunya (menurut gw dengan harga 750 cukup worth). Sebenernya saat itu budget kost gw adalah 400-600 cuma karena gak dapet yang bagus dan itu si jlo alias janur elok karena terletak di jalan tersebut adalah satu-satunya yang cukup ok akhirnya gw mentok juga di kost an itu, untungnya sih gak perlu ongkos, cukup jalan kaki ke tempat kerja, meski *sedikit agak jauh tapi gak masalah malah setelah beberapa bulan gw dapet tebengan temen kost *lumayan hehe.
memang sih dengan gaji segitu gw agak mengontrol pengeluaran, ya bisa sih kalap belanja tapi kalau iya gw tidak mencapai target si saving account itu hehe, expense lainnya yaitu makan siang, berhubung kerja di sekolah jadi enak juga bisa langganan katering sehat yang cuma 8000 per pack kali 20 hanya 160 ribu aja sebulan, itu udah enak banget menu nya dan macem-macem, yang penting buat gw adalah SAYUR hehe. lalu untuk makan malam taruh aja 10-12 ribu kali 30 hari yaitu kurang lebih 400 ribu an, total makan dan kost adalah kurang lebih satu juta, seratus ribu pulsa, grocery shopping kurang lebih 250 ribu plus makan pagi karena biasanya gw cuma sarapan roti atau energen kalau lagi bokek haha, miscl 150 lalu buat maen alias entertainment haha dan budget pulang ke bandung itu gw bisa save 500 sampe 1 juta tiap bulan, see who said Jakarta is so damn expensive, kembali ke gaya hidup mana yang anda pilih hehe, kalau makan di mall sama aja kaya di Bandung untuk ukuran food court atau junk food bedanya itu, di Bandung pasti enak dan yang murah masih ada yang enak, di Jakarta belum tentu
Jakarta lebih kejam dari ibu tiri, serem dan sebagainya, hmm ya lo tiap wiken pulang ngedugem gitu jam 3 pagi, enggak kan, emang sih gw juga gak berani pulang sendiri lewat jam 9 malem, lewat jam 7 pake taksi, lewat jam 9 minta jemput, sebelum itu bisa naek busway, alhamdulilah, jangan sampe nauuzubilah, aman-aman saja selama ini, kalau balik malem pasti rame-rame sih sama temen-temen, jarang pulang malem sendiri juga, temen gw yang udah 5 taun lebih yang lemburnya udah kaya orang siskamling alhamdulilah baik-baik saja, insyallah niat baik dan selalu berdoa akan dilindungi oleh Allah SWT hehe *amin
sekarang alhamdulilah udah cukup banget untuk umur 27 single begini hehe, ya gimana ya kalau udah low profile susah sih apa coba haha *najong, meski sempat mengalami penurunan grade tapi terus mengucap syukur, meski gak kaya orang-orang yang udah icip negeri tetangga yang dimana kalau dari sana foto wajibnya adalah depan universal tapi ya si gw yang ratu nabung pelit ini ada saving yang ya dikit sih tapi lumayan lah hehe, penurunan grade itu waktu gawe di institusi pendidikan di Bandung, dari gaji 3 juta (taun 2010) jadi 1,4 aja heuheu tapi ya segitu juga masih kerja alhamdulilah dan kemaren semenjak di bank itu lumayan lah bisa ke belitung haha, lalu sekarang alhamdulilah cukup lah, sekarang emang gak ngekost yang pake ac ya lumayan deh buat modal kawin hihi, kost an gw sekarang 700, gak kaya kost lama tapi so far so good soalnya beda wilayah dimana jaksel ini agak mahal ya sodara-sodara, tapi alhamdulilah dapet kost an yang adem lagian di kantor sekarang super dingin jadi agak selow dulu lah di kost an, ojek 300 sih PP karena kalau naek busway perginya akika capeee haha gaya :p, agak ribet pake high heels trus nge busway, pulangnya kemaren-kemaren sempet nge busway tapi dapet ojek langganan ini lumayan lah, makan siang and malem itu kurang lebih 500 -750 an *agak mahal, ongkos laundry sebulan 100 ribu, pulsa semua 150an (3 nomer hehe), si modem pensiun ke babeh dan di kantor juga udah full access jadi pake bebeh sajah lah yah hihi, ya bebeh juga naek pangkat bisa browsing ayeuna mah atuh abdi teh hihi, nyalon alias creambath tiap bulan alhamdulilah sudah berbudget, jadi mana yang bilang gaji segitu cuma cukup makan indomie, mana mana hehe.
ya for your info aja, gaji itu bukanlah segalanya terjadi sama gw dua kali, dapet gaji 3 juta loh di bdg taun 2010 tapi kerjaannya masyallah, enggak deh makasih, bikin stress, lalu kmrn udah oke eh tunjangan makan diganti duit cash dan dapet tunjangan transport tapi bener aja tanggung jawab gw nambah but yeah there's no perfect job, di bank asing jakarta awal taun 2011 gw ditawarin gaji 2,8 aja hayolohh di sudirman lagi mana cukup, emang belum sama lembur dan kalau lembur dapet voucher taksi tapi teuteup aja, jadi nominal bukan segalanya, kamu anak kemarin sore, baru berapa taun gw tanya lo kerja, ya bersukurlah dengan gaji 3,5 juta karena gaji gw juga segini ada proses selama 4 tahun hehe, ciao ya

Comments