Untuk Lomba Fatigon Aksi Semangat

*klik judul di atas link web dan beri comment juga like ;)

My English Teacher
September 05, 2012 14:23
Oleh : Puti

Namanya, Ibu Daryanti, beliau lah yang membuat saya memilih jurusan Bahasa Inggris saat kuliah. Memang jujur saja, I am not straight A student when was in school tapi dibilang jelek juga tidak. Beliau guru bahasa Inggris saya waktu di SMP, cara mengajar beliau bervariasi sehingga membuat saya semangat untuk belajar. Memang dari SD saya cukup tertarik dengan pelajaran bahasa Inggris apalagi di tahun 90-an hanya beberapa SD saja yang sudah mulai mempelajari bahasa Inggris terutama SD Swasta tempat saya belajar, tidak seperti sekarang, dari pre-school sudah belajar bahasa asing yang global itu. Jadi sewaktu masuk SMP Negeri, saya cukup mempunyai dasar bahasa Inggris yang cukup baik.

Selama 3 tahun alhamdulilah selalu beliau yang ngajar. Saya ingat metoda apa ya, metoda balon. Jadi misalnya minggu ini kita mempelajari tentang Birds, lalu dari kata birds bisa kita peroleh kata lain apa, wings, animal, fly, dan lain sebagainya. Hingga saya terapkan saat saya menjadi tutor. Lalu saya juga ingat beliau seringkali bercerita tentang Ramayana, cerita nya dibuat bersambung jadi kita, muridnya dibuat penasaran dan tidak bosan belajar. Lalu beliau lah satu-satunya guru bahasa Inggris yang pernah saya temui yang menjelaskan grammar secara jelas dan cukup dimengerti. Saya selalu semangat, memang nilai saya juga bukan yang paling top tapi setidaknya, kalau boleh sedikit sombong, saya pernah dapat nilai tertinggi di Pra-Ebta (Pra-UAN kalau sekarang) untuk pelajaran bahasa Inggris, nilainya 9 koma sekian.

Setelah masuk SMA saya tidak pernah mendapat guru yang mengajar bahasa Inggris seperti beliau, namun ketertarikan saya pada bahasa Inggris tidak pernah berkurang. Karena kejenuhan saya sewaktu mengambil jurusan IPA di SMA kelas 3, akhirnya saya memilih jurusan Bahasa Inggris saat kuliah, alhamdulilah keterima di Universitas Padjadjaran. Saat kuliah ya lumayan, sedikit sombong lagi, I was straight A college student. Pernah dapat IP tertinggi cum laude, IPK D3 3,44 dan IPK S1 3,40 (sayang tidak cum laude) dan saya meraih IPK cukup tinggi bukan dengan cara mengulang banyak mata kuliah atau ikut semester pendek untuk memperbaiki nilai. Saya pernah mengulang 2 mata kuliah saja sisanya sukses meski skripsi saya kurang menarik dan sempat ada masalah saat sidang sarjana tapi semua terlewatkan dengan baik.

Metode mengajar beliau saya terapkan saat saya menjadi tutor, meski profesi saya saat ini bukan pengajar tapi saya ingin membagi sedikit ilmu saya kepada anak-anak dan ingin membagi bahwa pelajaran bahasa Inggris itu tidaklah sulit, yang penting kita mempunyai cukup percaya diri untuk berbicara dengan bahasa Inggris. Untuk grammar atau tata bahasa yang tidak mudah bisa dipelajari pelan-pelan, learning by doing. So I wanna thank you Mrs. Daryanti who gives me inspiration and always have desire to learn English until now.

Comments

Puti said…
thank you Roberto