hari gini masih ada yang gak tau job vacancy online x_x

Some or I should say a lot of my friends said this, ada info lowongan kerja gak? and I patiently answered, di jobsdb atau jobstreet aja, cepet dan gak ribet, lalu dengan mirisnya dijawab, emang itu gimana sih, emang save ya, perusahaannya bener ada, HALO apa kabar 2012 hehe, hampir semua kerjaan saya dapet dari jobsdb kecuali kalau mau cari kerjaan di Bandung kadang masih mengandalkan koran pikiran rakyat dari tahun 2008.

Kalau facebook tau how come mereka gak tau job vacancy yang bisa apply lewat online, cepet, murah, gak pake biaya fotokopi, gak pake biaya perangko, gak pake biaya amplop, gak pake biaya nge print dan lain sebagainya even for some institution, we obligate to send it by mail through post office :P contoh BUMN, CPNS, beberapa bank juga.

Saya juga tau begitu aja, dari browsing sih job portal, its so easy, yang terpercaya so far 2 links ini :

www.jobsdb.com dan www.jobstreet.com



semudah membuat akun facebook tentunya kamu harus punya email *tau kan cara bikin email gak perlu saya jembrengin juga disini hehe. kalau udah ktp dunia maya alias facebook pasti gampang bikin 2 akun di atas, sign up, isi data-datanya, lalu lengkapin dengan sedetail mungkin kalau perlu attach cv, ijazah, transkrip dan surat keterangan kerja, jangan lupa foto yang jelas.

Untuk lebih mempermudah ada bagian dimana kamu bisa isi bidang dan jenis pekerjaan apa yang kamu minati jadi portal tsb bisa langsung kirim ke alamat email kamu, misal kamu lagi cari kerjaan di bank, dipilih lah, atau bidang media, atau translator.

Selanjutnya bisa search langsung, nanti tinggal klik atau dipilih lalu apply all.

as easy as that actually

di tahun 2008 saya dapet kerja di international pre-school jakarta, proses nya cepet banget, hari ini apply, bbrp minggu dipanggil interview, lalu dipanggil untuk nego gaji gak sampe sebulan sudah diterima dan mulai bekerja, gak ada acara psikotest, gak ada acara apa lah yang lambret. lalu berikutnya sama di perusahaan IT dan tempat saya bekerja sekarang, enaknya di perusahaan asing, gak ribet proses rekruitmennya, kuncinya sukses menjual diri saat wawancara.

ya saya juga kadang masih mengandalkan koran kompas dan pr, di small ed center di bandung, dan di bank kemarin saya dapet info nya dari koran tapi dari facebook sekarang udah banyak link info lowongan kerja, jadi begitu banyak dan mudah akses untuk informasi lowongan pekerjaan, nah kadang masih bertanya-tanya juga, baru saja chatting dengan teman lama di kuliah, katanya gini, "lulusan bahasa susah dapet kerjaan kantoran", ah kata siapa enggak juga loh, saya hmm 5 kali pindah kerja nih, mostly kantoran hehe. Balik lagi ke niat dan seberapa banyak anda apply !!

buat saya, haram hukumnya kalau nganggur lebih dari 3 bulan. ada prinsip aneh pas lagi apply kerjaan, minggu pertama apply lah sebanyak mungkin, minggu kedua apply yang menurut mu chance nya besar, minggu ke 3 biasanya udah ada panggilan interview kalau masih ada yang menurut bagus apply saja tapi jangan terlalu banyak, minggu ke 4 kalau gak yakin sama hasil interview apply lagi, kalau agak pede jangan dulu apply, kalau masih belum ada panggilan, ulangi siklus itu :D tapi begitu apply via online job portal, udah gak pake prinsip kaya gitu lagi, semua dihajar soalnya kan tinggal klik klik klik aja, akibatnya sih pas ditelepon, dijamin lupa itu company yang mana?? hehe

terbukti saya gak pernah nganggur lebih dari 3 bulan, paling lama 3 bulan karena bareng sama puasa dan lebaran yang biasanya nanggung. memang seiring dengan bertambahnya umur, kita juga saingan sama fresh graduate tapi kan posisi yang kamu apply bukan lagi management trainee tapi sudah level staff, supervisor atau manajer :D, jual lah semaksimal mungkin saat interview itu kunci utamanya dan bikin cv yang menarik dengan job desc yang detail namun tidak bertele-tele, buktinya, saya hehe, good luck for all of you job hunter.

oh ya I dont believe in job fair, dari sekian job fair yang pernah saya ikuti, saya cuma lolos di perusahaan outsource, yang lain, gak pernah, katanya job fair itu hanya perusahaan sekedar promosi marketing saja jadi gak pure rekrut, dan setelah mengalaminya saya gak pernah mau kecuali yang diadakan di kampus, cuma job fair di unpar aja saya bisa ikut test bank permata dan bank saudara, sisanya gak ada tuh jadi mending pilih 2 job portal di atas aja.

Sekarang gak terlalu neko-neko sih yang penting kerjanya gak terlalu under pressure, ada jamsostek, insurance yg cover semua includ melahirkan hehe :P

So far recap perjalanan gw selama 7 tahun terakhir :D

*unofficially//freelance*
- Exsa English Course (small education center)
- PT. Griya Nutrisi (bergerak di bidang pelayanan katering untuk rumah sakit)
- Citibank (tau lah ya :p, American Bank)
- Bina Bangsa School (International School from pre-school to high school using abroad curriculum)
- PT. Mitrais (bergerak di bidang IT provide program u/ mining, hospital, dll, owner Australian)

*official*
- HIPY Pre-School & Kindergarten (early childhood using Singapore Curriculum)
- Quantum Children Learning Center (now known as Pascal Montessori), Local Pre-School Kindergarten and Learning Center using Montessori Method)
- Bank Swadesi (Bank of India Indonesia) (gak usah dijelaskan lah ya namanya Bank, subsdiary Bank of India)
- PT. Jawon Abadi (bergerak di bidang coal mining trading & logistics, owner Korean)

what's yours??

Comments

Astri Kurnia said…
Kalo nganggur sampe 8 bulan selepas lulus, haram gak Put? #eeeaaaa itu sih gueee..hahaha.. :D
Puti said…
makasih ri, teh achie mungkin dulu ada pertimbangan kenapa sampai selama itu hehe, aku sih gak enak dikasih duit jajan mulu dari ortu kalo dikasih makanan sih gpp :P jadi gak bisa nganggur lama-lama :D
Astri Kurnia said…
Hehehe..indeed!!! Pertimbangan Yang Punya Kuasa tepatnya.. :) Karena jobless selepas lulus, sesebentar ato selama apa pun, such a heavy burden to carry yah rasanyah.. :D
Puti said…
tapi sbnrnya sih aku gak sabar nunggu juga jadi ada yang bikin nyesel dan makanya pindah2 mulu :D so sometimes waiting is worth