Pekerjaan Anda Bukan Karir Anda *it's not Renne's Book ;)

Hi Listener balik lagi sama gue, Sista di Your Job Your Carrier dan bla bla bla haha. Seperti biasa Rabu Malam saatnya membahas atau lebih tepatnya dengerin curcol nya para Karyawan Se Jakarta nih nanti juga ada konsultasi dan tips bagaimana menghadapi interview. Ok sebelumnya kita tembak korban yang satu ini, kita dengarkan lagu dari Maroon 5 yang baru aja kemarin konser di Jakarta huhu sayangnya gw melewatkan with One More Night.
Halo halo di sini udah ada Nira, apa kabar, boleh introduce us a lil bit, nama umur lulusan mana sekarang kerja dimana.

Hi Listener nama gw Nira, umur 27 tahun gw lulus dari UNPAD Bandung tahun 2008 dan sekarang kerja di Coal Mining jadi sekretaris aja sih nothing spesial hehehe.

Okey Nira, salam kenal tapi kayanya kalau gw liat cv lo, you are spesial hihi, ni udah kaya interview kerjaan ya, soalnya Nira ini di umur segini pengalamannya banyakkk booo meski sedikit-sedikit hihi, okey cerita dulu lulus lalu kerjaan pertama gimana, iya berasa interview beneran yaaa

Hahaha, hmm aku pertama ambil program diploma lalu lulus taun 2006 sempet kerja beberapa freelance title sambil kuliah ambil S1 lalu lulus taun 2008.

Hmm okey, kita ngomong official job aja ya, setelah itu gimana oh kamu ngambil jurusan apa say.

Oh iya aku lupa hehe, aku ngambil Bahasa Inggris.

Hmm berarti jago dong ya ;)

Hmm gak juga sih soalnya banyak yang lebih jago dari saya cuma mungkin pemahaman linguistik ada lah haha.

Ah si jeng yang satu ini merendah kayanya, ok lalu tell me about your first official job sebelum kita ngomong yang freelance freelance ya.

Ya setelah dapet kerjaan freelance, aku dapet tawaran kerja di pre-school di kelapa gading Jakarta akhir taun 2008 kebeneran karena pake kurikulum Singapore jadi all about English makanya rekrut lulusan bhs Inggris, kerjaan aku admin aja sih cuma emang support marketing lalu jadi penghubung kaya CS dari ortu murid ke pihak sekolah dan lain sebagainya, assist teacher juga kalo lagi repot, it was fun soalnya aku emang suka anak-anak kebetulan di kerjaan freelance sebelumnya ada hubungan sama bidang pendidikan juga.

Oh gitu, terus eh tapi jangan dilanjutin dulu, kita denger lagu yang satu ini, Noah dengan Separuh Aku, dont go anywhere ya Listener.

Hey balik lagi nih, okey lanjut dong jeng Nira gimana

Hmm tadi sampe mana ya hehe oh iya aku survive disana hampir 2 tahun lah selesai kontrak dan decide gak lanjut karena emang sikon nya mulai kurang nyaman lagipula gak ada status pegawai tetap, gak ada jamsostek, reimburse kesehatan juga limited dan ada "tuntutan" balik bandung secara aku orang bandung jadi back to Bandung.

Oh gitu, tapi apa sih yang kamu dapetin di situ.

Banyak banget sih, meski sempet nangis-nangisan juga maklum lah cengeng haha tapi jadi belajar strong enough kalau dunia kerja itu ya begini, belajar marketing sih mostly, jadi frontliner jadi aku dapet basic customer orientation di bidang pendidikan, tau juga sedikit basic pre-school itu gimana sih sistem education nya.

Wah sampai nangis hihi, tenang aja youre not the only one terus gimana next job berarti ya taun berapa itu jeng.

Ya itu taun 2010, nunggu berapa bulan karena kepotong puasa dan lebaran juga dan tadinya aku gak mau buru-buru soalnya pengen dapet kerjaan yang lumayan dan prospeknya bagus di Bandung, aku dapet tawaran di perusahaan IT jadi admin juga sih gak jauh hehe tapi memang admin project tapi ada chance untuk permanent, ya udah aku ambil meski sebenernya tawaran ngiler nya adalah selain gaji yang aku dapet lebih gede dari gaji kemarin di Jakarta padahal ini di Bandung yaitu training nya di Bali dimana emang kantor pusatnya mereka hehe.
Iya bener banget listener, kenapa banyak banget orang yang mau kerja di Jakarta karena gajinya lebih gede meski memang pengeluarannya juga gede tapi menurut survey, contoh di Kota Bandung itu gajinya rata-rata adalah UMR kecuali perbankan dan perusahaan besar lainnya meski mereka levelnya Sarjana kalau Jakarta kan level Sarjana udah beda harganya.

Iya bener banget mba, di Bandung itu aku taun kemaren dapet gaji 1,4 juta bener-bener deh ngos-ngosan meski emang gak bayar kost dan masih numpang makan di rumah ortu tapi tetep lah mepet, meski ya itu perusahaan kecil juga aku mau nambahin, di Bandung cukup banyak perusahaan yang kerja di hari Sabtu jadi 6 hari kerja dalam seminggu.

Ya sekedar info aja ya. Ok lanjut dong jeng pengalaman kamu di IT company itu.

Iya aku cuma beberapa bulan aja sih di situ karena ternyata admin itu sama dengan operasional staf dimana aku merasa kurang cocok kerjaan kaya gitu, lagi jam kerjanya pagi banget jam 7 lalu lokasi kantor yang semula rencana di tempat A berubah ke tempat yang lebih jauh.

Emang kerjaan operasional kaya apa sih.

Hmm, perlu contoh, survey lokasi kantor, follow up kontraktor, beli ac, order wallpaper, order jok sofa baru, anter staf dari tempat tol pasteur ke kantor malem-malem, beli wastafel dan toilet pake taksi, ngurus surat domisili, ngurus mess para engineer juga, pokonya seabreg karena belom ada mobil kantor jadi kemana-mana pake umum dan aku staf awal yang ngurusin semua meski dibantu sama orang kantor pusat di Bali dan Jakarta.

Wahhh hebattt pantesan kamu resign.

Iya capee soalnya hehe.

Okey sebelum lanjut kita dengerin dulu lagu Carly Rae feat Owl City with Good Time.

Balik lagi listener sama aku Nira, semoga gak bosen dengerin curcol balada karyawan hehe

Langsung lanjut aja Jeng

Oke abis itu taun 2011 dapet tawaran masih di Bandung balik lagi ke bidang pendidikam cuma ini lokal pre-school aja sama learning center buat ngelukis, les ngaji, baca tulis hitung, ballet dan lainnya, itu loh yang gajinya cuma 1,4 haduh ngalamin downgrade banget mana sabtu kerja tapi aku berusaha enjoy karena sama anak-anak, mungkin karena niat awal "aku disini mungkin sementara pengen cari yang lebih baik lagi dan pengennya setelah lebaran dapet kerjaan baru" eh bener diijabah doanya hehe

Wah jadi pindah lagi dalam satu tahun itu hehe

Iya betul karena dapet tawaran loh, pindah ke Bank, yang emang maunya bokap dan aku juga pengen karena safe banget.

Wait in Bank hmm so then you move again ya soalnya tadi bilangnya kamu kerja di Coal hehe, whats your reason then.

Hehehe iya, weekend banking soalnya, sebenernya sih sama sekali gak ada niat pindah lagi apalagi ada big plan waktu itu tapi eh ya Tuhan punya rencana lain mau gimana ya, well kontraknya udah selesai juga like half year, lalu pertama kakaku yang kedua dapet kerja di Jakarta, istrinya emang tetep stay di Bandung krn kerja, kakakku yang pertama emang di Cibubur kan, Nyokap pindah sana pas aku keterima di bank itu, bokap juga sepertinya akan bolak-balik, lalu my boyfriend is in Jakarta also so there's not much left hehe.

Jadi balik lagi Jakarta ya

Ya, dari April kemarin, hampir stgh taun ya gak kerasa hehe. Sekarang aku di bidan batu bara, ownernya orang Korea, so far so good. Belajar dikit lah soal penjualan batu bara tapi gak terlalu minat untuk jadi asistan trading.

Wah banyak juga, ada bagusnya berarti kamu banyak pengalaman, jeleknya kamu tidak bisa tahan lama dimana mencerminka kurangnya dedikasi pada perusahaan.

Hehe, iya betul tapi karena selalu ada tawaran lain ya gimana ya, can't resist. Memang yang di perusahaan IT that was kinda mistake tapi kalau gak ambil berarti gak ke Bali dan waktu di learning center kalau memang gak dapet tawaran lain, I will survive for a year tapi dapet lagi kan lalu di Bank kebeneran kontraknya selesai dan alhamdulilah gak sampe 2 minggu dapet lagi, tapi insyallah yang ini entah sih ya hehe, kalau asuransi nya jadi cover melahirkan, jadi I will survive cuma memang karena lama di bidang pendidikan, saya merasa soul saya di situ dan honestly masih ada satu bidang lagi yang diminati, Majalah hehehe.

Oh ya kalau freelance nya apa aja dan yang temp job.

Hmm, ngajar di kursus, tutor freelance, sempet jadi service assistant di bank juga :P via otsource, di bidang nutrisi untuk katering pasien rumah sakit, translator.

Waw banyak, you have rich experience.

Ok deh terakhir ada yang mau disampaikan buat all of worker there.

Hmm, apa ya paling buat fresh graduate atau yang awal-awal kerja, jangan mengikuti jejakku haha tapi kalau stuck di satu tempat juga tampaknya membosankan ya jadi ya kalau untuk kerjaan pertama coba at least survive satu tahun lalu baru setelah itu mungkin bisa cari kerja yang serius untuk long term. Biar ada sedikit variasi.

Ok deh kita tutup balada karyawan sama lagu Shandy Sondoro ya, good nite Listener, I'll see you next week.

Comments