Saturday, 27 October 2012

Proporsi Umur

Long Wiken hmm tapi pacar pulkam and like usual fam no activity hehe jadi ya agenda nya istirahat tidur all day long dan liat-liat foto di facebook orang :P, anyway mau give just standard opinion, I knew several person yang udah kerja dari lulus sma, banyak sih. Kalau emang karena orang tua tidak mampu secara finansial menguliahkan anaknya langsung hmm itu gak apa-apa, temen saya juga ada yang lulus sma langsung kerja lalu beberapa taun kemudian akhirnya dia kuliah meski tempat kuliahnya agak ecek-ecek dan sekarang udah jadi HT aja even di bank swasta, I think that is quite big achievement. TAPI yet menurut gw itu gak bagus untuk psikologis seseorang *yap like I am the one who is studying that hehe karena even seberat-beratnya mahal biaya kuliah itu orang tua harus mengusahakannya *like my parents did by the way and my brother, sayangnya hal itu gak didukung sama sistem kerja part time di Indonesia. Kayanya gak ada tuh kerja part-time di sini.

Kalau nonton film-film barat, banyak banget anak smp sma yang mulai cari uang with baby sit, di Indonesia sudah ada baby sitter. Anak kuliah yang part-time di fast food resto, di kita sudah bersaing sama yang lulusan SMA. Mungkin karena populasi penduduknya yang terlalu banyak *settt dah canggih bener bahasa gw :P. Jadi kayanya persaingannya ketat. Lalu emang gak ada tuh di fast-food resto yang kerja part time *apa karena typical orang Indonesia yang ogah rugi ya, malah kayanya mereka kerja lebih dari 8 jam sehari. Part time ya namanya setengah waktu berarti 4 jam dong ya. Setau saya, kerja yang paling fleksibel itu ngajar di kursus atau tempat bimble tapi ya itu tadi balik lagi ke yang punya *ogah rugi gak dan gak semua orang bisa ngajar.
Saya juga sempat setaunan kerja sambil kuliah and it was so exhausted even happy soalnya dapet duit sendiri, so I give big applause for all of them who worked for 4 years pursuing their bachelor degree. Well cari duit gak musti kerja formal kantoran from 8 to 5. Saya dulu nerjemahin bahan mata kuliah temen-temen, lumayan lah dapet seratus ribu buat jajan hehe, beli kaos distro atau ke warnet *dulu musim :p. Tapi itu tadi yang mau diomongin, di waktu umurnya yang kudunya lagi kuliah secara gak langsung dan mau gak mau dipaksa untuk kerja juga. Cape, balik kerja jam 5 lanjut kuliah, ngantuk kucel dengerin ceramah dosen yang belum tentu nemplok di otak. Where kuliah supposed to concentrate on the subject, research and going out with friends or dating with boyfriend hehe.

Don't get me wrong, dari sd udah curi-curi ide biar dapet uang jajan tambahan tapi ya fase itu harus sesuai dengan proporsi umur. Babies - Chilhood then go to education time from 6 to 18 *waktunya sekolah dan belajar - College ya waktunya kuliah - lulus umur 20-22 then we go to Work Phase - Cari duit senang-senang ngabisin duit hmm buat cewek mungkin short nya sampe umur 25 then get married lalu bla bla bla.

Kalau waktunya kuliah udah kerja nanti cepet bosen pas udah kerja beberapa taun merasa jenuh meski itu sebenernya wajar dan pasti terjadi di semua orang entah tapi buat yang workoholic atau sebenernya masih enjoy di work phase lalu get married and resign hmm takutnya ntar gak puas apalagi kalau gak kerja it means gak punya penghasilan sendiri, lot of women said it def gonna different after married, hmm saya di umur 27 ini udah lumayan puas lah 4 taun lebih kerja bersenang-senang meski kalau ngikutin wish list itu pasti gak akan puas-puas.

2 comments:

Anonymous said...

I really appreciate this post. I?

Puti said...

thank you

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...