Ceritanya Gaya Hidup Sehat

Sebetulnya untuk menjalani gaya hidup sehat itu sangatlah sulit, selain godaan iman akan bakso, jeroan, lemak, iga bakar, mie, junk food, fast food dan lainnya. Food crime *sok-sok an bikin istilah sendiri, juga sangat marak. Pernah dong nonton insert investigasi, kesimpulannya yang paling penting adalah, boraks dimana-mana, di jajanan pinggir jalan murah meriah.

Nah berhubung si saya pernah lumayan jajan di rumah sakit tapi alhamdulilah jangan sampe dirawat, ke rs nya nanti aja kalau lahiran. Nah since that thing which I can't tell you here caused by bacteria so jadi saya mulai sok higienes, mulai ngurangin jajan-jajan pinggir jalan apalagi yang kotor even itu susahnya setengah mati. Bakso tuh terutama, ada yang bilang, kebanyakan makan bakso bisa kanker. Di kost an saya yang lama, kamar mandi sharing, meski sebenernya di lantai 2 saya dapat private kamar mandi soalnya di area pojokan 3 kamar daerah saya itu, 2 kamar ada kamar mandi dalemnya, cuma kamar saya aja yang gak ada jadi saya bisa bebas pake kamar mandi itu tapi tetep yang namanya sharing itu gak enak. Ada bapak-bapak **** yang jorok sering banget buang dahak *pake sound effect di wastafel dan gak pagi siang malem 33nya dilakuin. Kayanya akibat itu deh saya kena bakteri itu tadi dan sebelumnya juga saya ada histori radang waktu SMA.

Selesai jajan di rumah sakit, kirain udah beres taunya radang lagi taun kemaren dan rawat jalan lagi dengan obat yang setumplek-tumplek bikin mual setengah mati. Since saya merasa udah cukup ni body diracunin obat, saya beralih ke terapi jus. Alhamdulilah membaik. Terapi jus nya sih mostly wortel, apel malang, bayam, pear, ada beberapa sayur yang gak enak dan hanya 2 minggu tapi seterusnya saya tetep konsumsi apel dan wortel dan tanya mbah google wortel itu menambah ketahanan tubuh jadi gak sering flu. Tapi kalau mata minus mah tetep parah. Gak ngefek.

Kalau sayur sih alhamdulilah dari dulu udah doyan, dari orok, kalau gak makan sayur susah pup, mulai ngurangin mie mie, minuman instant, bakso pinggir jalan. Sebenernya susah banget apalagi buat saya anak kost tapi dulu tiap minggu bisa makan 2 indomie sekarang sebulan cukup 2 bungkus aja, stok di kamar yah maklum lah anak kost itu kalau laper ya pop mie atau energen udah paling bener deh. Nah ini yang dilakuin:
1. Mulai ngurangin jajan-jajan pinggir jalan even susah bener itu sekarang aja maksi masih pinggir jalan, minimal warung makan gitu deh yang agak sedikit bersih tapi ya namanya lalat mah teuteup terutama bakso pinggir jalan.
2. Ngurangin indomie, dari seminggu 2 kali jadi 2 bungkus sebulan
3. Ngurangin minuman instant, pulpy lah nu green tea lah buavita lah apapun itu, beralih ke teh celup atau jus
4. Olahraga *nah ini susah bener, dulu sih jaman gawe di sekolah enak ada libur seminggu itu tiap pagi senam-senam kecil, sit up lanjut jalan cepet komplek setengah jam sampe 45 menit sampe berkeringat sekarang ya paling wiken nge-monas, buat di kantor biar gak duduk terus, saya solat di lantai 3 bawah, turun tangga juga dua lantai biar sedikit aja gerak ni badan.
5. Minum susu, dari orok males minum susu, suka tapi males, saya itu dijuluki neng teh manis karena lebih suka teh, pas gara-gara sakit itu jadi rajin minum susu, yang mini ala buat anak tk hehe ya gpp yang penting rutin ya, emang masih belum tiap hari tapi lumayan rutin lah
6. No jeroan, kebeneran gak suka sih, jeroan kecuali ati ampela doang, even coto makassar gak doyan, iga, paru, jeroan deh gak suka, kambing juga, jengkol, pete, duren heu bau semua gak doyan even daging sapi udah gak bisa tiap hari konsumsi, paling ayam ikan seafood masih doyan itu mah
7. Mengganti cemilan sehat, hmm sulit banget, kripsing kusuka dan kawan kawan atau chitato atau apapun lah ciki-cikian asin itu enak banget tapiiii ya mulai deh diganti sama salty crackers and wafer heu, boleh lah kadang beli sekali kali hehe.

Comments