Friday, 4 January 2013

Gaji Bukanlah Segalanya


Mari curcol sedikit. Ya betul, menurut saya gaji itu bukanlah segalanya, gaji gede itu pasti kerjaannya susah hehe, tanggung jawab lebih besar, membutuhkan dedikasi lembur tinggi, apalagi jadi manager // supervisor // bos // kepala // lainnya berarti siap-siap dibenci anak buah hehe. Kadang gaji kecil tapi bahagia itu sederhana *apa coba.

Ini udah di curcol kan beberapa kali, saya cari duit jajan tambahan dari SD, bikin majalah ecek-ecek hehe. SMP saya jual pin-up, poster, kadang barang bekas *halah. SMA saya bajak kaset kompilasi. Kuliah saya nerjemahin. Mulai kerja umur 20.

Kerjaan pertama jadi tutor bahasa Inggris, bayarannya 15 ribu per jam, kalau cuma ambil satu kelas, sebulan seratus ribu tahun 2006, yah lumayan lah buat nge-mall, nonton bioskop hehe. Kerjaan kantoran pertama itu gajinya Rp 500,000 sebulan, part-time sih dari jam 10 sampe jam 3 soalnya sambil kuliah ekstensi. Saya pernah ditawari di Citibank Pusat Bandung tahun 2008, gajinya 1,5 juta jadi service assistant, semacam CS tapi lebih ke dokumen admin nya tapi lemburrrrrr terussss paling cepet balik jam 7, istirahat cuma makan 15 menit solat tok *gak mau deh hehe :D

Lalu sebelum lulus dapet gawean freelance tahun 2008 di sekolah bertaraf internasional, gaji saya 1 juta soalnya waktu itu apply pake ijazah D3, pas sekolahnya pindah ke daerah dago atas, gajinya naek jadi 1,3 juta :D.
Official job saya masih di tahun 2008 di akhir taun di Jakarta di Pre-School yang pake kurikulum Singapore, gaji saya 2,5 juta sebulan :D *lumayan, selama hampir 2 tahun kerja di sana saya bisa saving *yah gak banyak juga sih, banyak libur juga pas anak-anak libur, staf juga libur. Kerjaannya lumayan lah, yang agak males itu inventory barang sama school property dan follow up calon murid. Workmates asik karena kita bareng-bareng dari awal sekolah buka sampe udah muridnya puluhan, Cuma si bos nih pelit jelas dan strict banget juga agak sedikit rasis sama bangsanya *btw mereka masih orang lokal ko.

2010 I got offered 3 juta di Bandung di perusahaan IT punya orang Aussie jadi admin tapiiiii ya ampunnn ribetnya kerjaan operasional which I hate it the most. Gaji emang gede, asuransi dan jamsostek juga ada tapi kalau hati galau buat apa ya hehe. Lalu 2011 saya mengalami downgrade gaji cuma 1,5 juta aja back to 2008 emang lokal children learning center tapi saya merasa kerjaan saya paling pas di situ, bos gak terlalu rese, workmates lumayan ok, dunia pendidikan yang dikelilingi anak-anak which I love it meski supervisor aka kepsek nya emang gimana ya, kadang kita merasa ada beberapa tipe orang yang gak enak buat diajak kerja bareng. TAPI selalu ada si tapi ya, gak ada jamsostek, sabtu masuk x_x. Middle 2011 finally saya kerja di bank like daddy always wanted, standar banget gajinya, gaji saya sama kaya fresh graduate di Bank BJB, kurang lebih 2,3 juta di Bandung ya, padahal pengalaman saya 3 tahun bekerja tapi since bank ini memang bukan bank sekelas BJB tadi jadi ya ok aja dengan jamsostek asuransi dan kestabilan.

Di sana saya merasakan rasa kekeluargaan yang cukup erat *ciehh hehe. Mungkin lagi-lagi karena dimulai dari bank buka pertama cabang Bandung. Lembur gak masalah, semua saling membantu, kalau susah minta tolong apalagi background saya belum pernah di Bank. I miss them so much :’( hehe, tapi ya emang udah dari dulu kaga cocok di bank akhirnya saya pindah lagi Mei 2012 kemarin ke Jakarta. Since after 2 weeks tidak ada tawaran yang lebih bagus dan saya pun udah bosen tingkat propinsi, akhirnya saya menerima tawaran di perusahaan trading batu bara, ownernya Korea!! Gajinya standar sih, dengan pengalaman kerja kurang lebih 4 tahun dan kemampuan saya yang so so *catat (dedikasi nilainya 6, malas, gak niat, semampunya, kadang ceroboh, kurang memberikan kontribusi berarti dan berpindah pekerjaan sebanyak 5 kali) saya offer range gaji 3,25 sampai 4,25 juta. Dan gaji saya diantara itu hehe. Awalnya lunch provided by office, kita boleh order seenak jidat since karyawan bertambah banyak, akhirnya kantor kasih allowance meal + transport, jumlahnya satu juta *wow lumayan hehe tapiiii bener aja feeling saya gak enak pun terbukti pemirsa, kerjaan saya nambah heu -_- tapi ya kalau dibanding lain, saya udah alhamdulilah banget. Meski masih nge kost kipas angin an tapiii kost an saya mah da adem hehe *bener deh silahkan berkunjung untuk membuktikannya :D tapi ya bisa saving banyak, tiket konser maroon 5 kebeli ahaha, tiap wiken jalan-jalan kadang nonton nyalon, baju nge-laundry soalnya nyuci sendiri gak bersih :D dan males sebenernya mah, beberapa brand naek level dikit ahaha dan lainnya yang dapat disombongkan haha, sebenernya waktu jama di kelapa gading juga ada lebihnya tapi saya prefer ditabungin. Masih ada loh taun kemarin di Jakarta offering nya 2,7 juta what, 2011 gitu, saya aja 2008 udah 2,5 juta meski emang waktu tahun itu juga saya got offer di one of Korean Bank 2,8 juta. Untuk 2012 tahun kemarin seumur saya 27, dengan experience 4 tahunan range gaji itu harus di atas 3 juta apalagi Jakarta Selatan kaya saya kerja di Gatsu, Sudirman, Thamrin, Kuningan. Dulu di kelapa gading saya bisa jalan kaki, naek angkot seribu doang, pulangnya nebeng sama temen. Sekarang hmm, naek busway juga amit-amit penuhnya kaya apa.

Kalau boleh milih setelah 55 bulan menjadi seorang karyawan, kalau boleh pilih, kerjaan kaya di learning center di Bandung, temen kerja kaya di bank, fasilitas kaya di tempat sekarang, bos gw si papi konsultan itu deh hehe. Ya gak ada pekerjaan sempurna, gaji gede juga bikin bĂȘte, kerjaannya marah-marah cursing kebon binatang keluar semua, gaji kecil emang komplen juga berasa gak cukup tapi sedikit lebih happy :D. Selamat hari Jumat Pertama di tahun 2013 ;)

2 comments:

aku aku aku ajah said...

paling enak gaji gede kerja gampang. tapii mana mungkiiiin hahaha

Puti said...

hmmm ya anak orang kaya yang masih di subsidi ortu mungkin mer haha, thanks yah komennya, ditunggu yg berikutnya :P

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...