Tuesday, 30 April 2013

Translate Ind-Eng #work


PERMANENT EMPLOYEE AGREEMENT
Number:


Today, xx date 2013 in Jakarta, hereby undersigned below:

1.             xx (Director/ HR Manager), Director, acting and on behalf PT. xx, address in, a company registered according to the laws of Republic of Indonesia and having its registered office at xx, with Act of Deeds Number xx, made in front of Notary xx, dated, and legalized in Law Ministry based on the letter number xx and has several change of share pledge.

and herein after (herein after, will be referred to as “the Company”).


2.       xx (Name of Employee), ID Card Number: , addressed in, herein after, will be referred to as “the Employee”

The Company and the Employee both will be referred  as the PARTIES. THE PARTIES  will be explains subject as follows:

1.          The COMPANY is  limited company which scope of business activity is xx;
2.          To conduct the scope of business activity, the COMPANY needs human resources who has expertise in xx to work for the COMPANY;
3.          The EMPLOYEE has expertise in xx;
4.          The COMPANY to conduct the business activity intends to recruit the EMPLOYEE based on Permanent Employee Agreement which is arrange in this agreement, and the EMPLOYEE is agree to work based on Permanent Employee Agreement for the COMPANY.

ARTICLE 1
DEFINITION

In this agreement, there are some subjects as follows:

  1. “Employee Agreement” means Employee Agreement for indefinite time.
  2. “Company Regulation” means Company Regulations of PT. xx
  3. “Company Decision” means company which is made by the COMPANY  written in the implementation of the Employment Agreement and Company Regulation
  4. “Probation” means work period probation of the EMPLOYEE for the first 3 (three) months since the date of this agreement signed;

ARTICLE 2
PERMANENT EMPLOYMENT AGREEMENT

The COMPANY agrees to recruit EMPLOYEE and the EMPLOYEE agrees to work for the COMPANY based on this Permanent Employee Agreement (therefore entitled “Work Agreement”).

ARTICLE 3
COMPANY’S RIGHT AND OBLIGATION

(1)     COMPANY’S Right

a.    COMPANY has a right to receive result of employee’s implementation with scope of work that is arranged in Article 7 of this agreement.
b.    COMPANY has a right to make a Company Regulation in order performing work standard and this employment agreement;
c.     COMPANY has a right to make placement, transfer and evaluating of the EMPLOYEE with the terms in the agreement;
d.    COMPANY has a right to give oral, written warning and penalty to the EMPLOYEE with the terms in the agreement;
e.     COMPANY has a right to conduct employment termination with the terms in the agreement;


(2)     COMPANY’s Obligation

a.       COMPANY obligates to give compensation to EMPLOYEE with the terms that is arrange in article 9 of this employment agreement.
b.       COMPANY obligates to register their employee in JAMSOSTEK (Jaminan Sosial Tenaga Kerja) Program with the terms that is arrange in the Company Regulation;
c.        COMPANY obligates to give Medical Allowance, Death Allowance and Feast Day Allowance with the terms that is arrange in the Company Regulation;
d.       COMPANY obligates to give Retirement Allowance and Work Period Reward to EMPLOYEE with the terms that is arranged  in Government Regulations

ARTICLE 4
EMPLOYEE RIGHT AND OBLIGATION

(1)     EMPLOYEE’s Right

a.       EMPLOYEE has a right to accept remuneration from the COMPANY as in the terms that is arranged in Article 9 of this Employment Agreement;
b.       EMPLOYEE has right to have lunch break, day off, leave, get permission to leave office from the COMPANY as in terms that is arranged in this Employement Agreement;
c.        EMPLOYEE has a right to get Wealth Facility as follows: Jaminan Sosial Tenaga Kerja, Medical Allowance, Mortality Allowance, Feast Day Allowance from the COMPANY that is arranged in the Company Regulation;
d.       EMPLOYEE has a right to have resignation from the COMPANY that is arranged on the Company Regulations;
e.        EMPLOYEE has a right to get Retired Allowance and Work Reward from the COMPANY that is arranged in the Company Regulations.
  
(2)     EMPLOYEE’s obligation
a.       EMPLOYEE obligates to conduct scope of work that is arranged in the Article 7 of this Employment Agreement;
b.       EMPLOYEE obligates to follow Obligation and Prohibition that are applied for EMPLOYEE that is arranged on the Company Regulation;
c.        EMPLOYEE obligates to conduct working hours as arranged in the Company Regulations.


ARTICLE 5
PROBATION

(1)     EMPLOYEE should implement Probation for 3 (three) months periods since the signed of the Agreement;

(2)     COMPANY has a right to do evaluation to EMPLOYEE in the end of the three months since the signing of the Employment Agreement as follows:

·         If EMPLOYEE pass probation evaluation then EMPLOYEE will be appointed PERMANENT EMPLOYEE based on Letter of Appointment as PERMANENT EMPLOYEE;
·         If EMPLOYEE does not pass probation evaluation then EMPLOYEE will be terminated by the COMPANY.

   
ARTICLE 6
JOB DESCRIPTION

(1)     Job Description of the Employee include the tasks as follows:

a.       Title                :
b.       Dept               :
c.        Main Tasks   :
d.       Job Desc        :

(2)     Beside those job description in the scope of work as mentioned in clause (1), EMPLOYEE is agree to conduct additional work outside job description as mentioned in clause (1) which is assigned by COMPANY  for scope of work as mentioned in clause (1) that is adjusted with EMPLOYEE ability.

(3)     The additional works as mentioned in clause 2 is conducted with overtime fee for EMPLOYEE with certain of grade that is arranged by Government Regulation. Overtime is not applied for grade above staff.


ARTICLE 7
TIME OF WORK

(1)     Time of work of the job description implementation that is mentioned in Article 7 of the Employment Agreement are Work Schedule, Lunch Break and Day Off which detail as follows:

a.       Work schedule is from Monday to Friday, from 08.30 (Eight Thirty in the morning) to 17.30 (Five Thirty in the afternoon) everyday, Lunch break is from 12.00 (twelve) to 13.00 (thirteen).
b.       Day off is Saturday and Sunday and others that is decided from  Government and or COMPANY;

(2)     EMPLOYEE has a right to get leaves with terms as follow:

a.       If EMPLOYEE has working for 12 (twelve) months then EMPLOYEE has a right to have leave for 12 (twelve) days for a year;
b.       If Employee has been working less than 12 (twelve) months then The Leave will be calculated pro-rated based on time of employee working divided 12 (twelve) months times 12 (twelve) days.

(3)     EMPLOYEE has a right to get permission leave working hours based on Company Regulations.

ARTICLE 8
REMUNERATION

(1)     EMPLOYEE has a right to get remuneration with terms as follows:

(a)     Basic Salary amount RP xx
(b)     Transport, meals and business trip allowance which number is arranged by Company Regulation;

(2)     The number of basic salary, transport, meals and business trip allowance as mentioned in clause (1) above can be modified at any time based on Company Regulation and Decision.

ARTICLE 9
WEALTH FACILITY

(1)     EMPLOYEE has a right to get wealth facility from the COMPANY;

(2)     Wealth Facility as mentioned in clause (1) include as following:

a.       Jaminan Sosial Tenaga Kerja (Jamsostek) Program (Social Facility);
b.       Health insurance which is arranged by Company Regulation;
c.        Mortality allowance which is arranged by Company Regulation;
d.       Feast Day allowance which is arrange by Company Regulation;


ARTICLE 10
EMPLOYMENT TERMINATION

(1)     COMPANY and EMPLOYEE agree to attempt   employment termination therefore the issue is cannot be avoided then employment termination can be discussed between COMPANY and EMPLOYEE;

(2)     In the discussion as mentioned in the clause 1 which is not get the result, COMPANY has a right to conduct employment agreement and EMPLOYEE has a right to conduct resignation.

ARTICLE 11
WORK RELATIONSHIP
DISCUSSING AGREEMENT

(1)     All disagreement that connects with work relationship between COMPANY and EMPLOYEE should be solved by COMPANY and EMPLOYEE with deliberation discussion.
(2)     In solving with deliberation discussion that is mentioned in clause (1) and it is not working out then the problem can be solved by government regulation procedure.

ARTICLE 12
WARNING AND PENALTY

(1)     COMPANY has a right to give warning and penalty to EMPLOYEE who conducts violation of obligation and prohibition of EMPLOYEE that is arranged in company regulation and valid government regulation which as follows:

a.       Suspension
b.       Work Termination

(2)     Giving penalty to EMPLOYEE as mentioned in clause (1) above is conducted by COMPANY that is arranged in company regulations.

  
ARTICLE 13
END OF AGREEMENT

This agreement valid since the date of signing and will be ended if there is work termination.

ARTICLE 14
CLOSING TERM

COMPANY and EMPLOYEE in conducting this agreement is binded by Employment Agreement and Government Legislation.

This Employment Agreement is prepared in two copies and considered legal with each copy for each party and 2 stamped.

Monday, 29 April 2013

Review: Iron Man 3



Wuih kantor sibuk haha gaya, ada bos baru means translate segambreng-gambreng which makes me actually thinking weird, tapi ya sudah lah ya. I actually wanna have new one again. Just let see.

This weekend setelah 3 bulan gak nonton bioskop *what, ya busy prepped wed thing. Finally we watched Iron Man last Saturday. Terakhir nonton film itu adalah new year, filmnya Tom Cruise apa Habibie Ainun ya, lupa. Tadinya kita mau nonton di PenVill, pas dateng langsung menuju 21, wuihh antriannya udah panjang. Udah liat kaya gitu, males dong ya. Akhirnya shopping-shopping di Matahari ngincer diskonan as always :D. Bungkus several clothes me & him, makan pempek. Lumayan sih tapi kuahnya itu terlalu manis dan kurang asam jadi sedikit kurang nampol. Setelah itu, solat lalu grocery monthly shopping at Hypermart.

Pulang kost an sore lalu leyeh-leyeh sebentar. Setelah magrib capcus lagi ke Plangi :p, masih penasaran sama si akang Downey. Akhirnya dapet tiket jam 9, while we arrived jam 7 hahaha. Makan tom yam *hii senangnyah udah sembuh kembali bisa makan ikan dan telor lalu solat. Jam 9 mulai lah anddddddddddddd it was awesomeeee.

Jujur aja, saya gak sempet nonton sampai tamat Iron Man 1 dan 2 nya. Waktu jaman dulu gak sempet nonton di bioskop, dvdnya pun sempet nonton tapi gak selesai either ketiduran atau keburu males. And this is the review of Iron Man 3:

I know Tony Stark aka mas Iron Man, especially last one I watched The Avengers which was also awesome. Tony Stark ilmuwan robotic maniak yang agak belagu dan playboy *was. Dia bekerjasama dengan pemerintah US untuk supply senjata misil dan lainnya yang berbau high tech. Di sekuel yang ke-3 ini, sedikit flash back, belasan taun lalu dia pernah mengecewakan 2 orang yang membuat dunia jadi terancam. Move to present, terjadi terorisme, seorang tokoh bernama Mandarin, *semacam Osama bin laden meneror dunia terutama ditujukkan ke presiden US. Terjadi pemboman dimana-mana. Uniknya setelah melakukan pemboman, dia meng-hack pertelevisian lalu mengumumkan kejahatannya.

At the stark office, Pepper had meeting with a guy, temen lamanya and they were kinda flirting. Lalu si Happy, the loyal bodyguard, merasa curiga dengan bodyguard teman si Pepper tadi, inti dari meeting nya sih ingin bekerjasama dengan stark industries. Karena kecurigaan tadi, Happy stalk the bodyguard, bener aja, dia ketemua orang lalu gak lama terjadi pemboman lagi. Ternyata bom nya berasal dari orang bunuh diri but inside the body. Happy pun koma dirawat di RS. Stark is really upset and told the press, “Mandarin, lo kalau mau cari gue ada di alamat gw di Malibu”

Gak lama pun Tony’s house was attacked, siapa lagi kalau bukan si bodyguard suspicion itu. Anehnya sebelum terjadi penyerangan, ada tamu Tony dari masa lalu yang ingin bicara penting. From that attack, Tony got hurt and semacam terlempar ke Tenesse. Di kota kecil, si “kostum iron man” ibarat HP, low bat juga dan mengalami kerusakan. Dengan bantuan anak kecil dia bisa menghidupkan kembali si kostumnya. Tapi serangan gak cuma di tempatnya aja, di situ pun dia diserang lagi, siapa lagi kalo bukan si bodyguard itu dan temannya hehe *tapi dipikir-pikir ganteng juga loh si bodyguard ini haha, botak-botak cungkring gimana gitu. Tony Stark kembali terselamatkan. Dia mendapat bocoran bahwa si Mandarin malah ada di Miami, lalu berbekal gadget yang dibuat sendiri dengan bahan dari toko semacam ace hardware dia menemukan Mandari yang ternyata hanya boneka saja. Dia actor junkie yang di-hire “Killian” Pepper friend agar menjadi ikon menakutkan.

Di tempat lain, Pepper diculik oleh Killian waktu bareng sama si cewe from the past. Terbongkarlah sudah, ternyata Killian and Amy was 2 persons that were let down by Tony Stark jaman dulunya. Killian yang dulu culun aneh super geek dijanjiin ngobrol suruh nunggu di atap while Tony malah laid down sama Amy dan esoknya pun she got dump. Mereka berdua semacam menciptakan heat formula yang bikin manusia regenerasi DNA nya sendiri. Mereka pun merekrut eks army yang keluar gara-gara cacat untuk dijadikan eksperimen tentunya merayu beberapa eks army desperado agar dijadikan bom bunuh diri, makanya gak ada bukti serpihan bom karena bomnya dari manusia itu sendiri.

Singkat cerita, they got war blab la blah aha, nonton sendiri deh biar lebih seru. Iron patriot dibajak untuk nyulik Presiden US lalu mau burned alive di vessel minyak. Berantemnya Tony with Killian, Killian killed Amy karena gak tega si Pepper mau di inject heat formula itu *btw saya gak tau namanya apa, saya ngarang aja heat formula cos it seems fit. Endingnya tentu happy dong. Efeknya like always awesome, ceritanya juga menarik, hero loses first then arise. So far it’s very good.

And we went back on 11 so sleepy :p. Sunday we didn’t go anywhere, catch up Iron Man 1-2 even yang suka kinda made me sleepy soalnya cerita awal, yang kedua terdistract karena musti nyelesaikan 2 draft buku yang sudah dinanti kepending 2 bulan an, lalu nyalon dan blogging time.

Notes: If it meant to be then be it, if it’s not there’s always a reason behind it.

Thursday, 25 April 2013

Social Media Geek

Saya termasuk tipe social media geek, karena banyak juga "piaraan" social media, dari jaman friendster dan yang terbaru, pagi ini baru register adalah Pinterest xixixi. Entahlah kenapa, saya demen liat foto-foto orang *kepo, ya enggak juga sih :p, blogwalking, ter amazed dengan orang-orang yang pernah sekolah atau tinggal abroad. Ya semoga bisa ketularan *amin.

Ini isi blog iseng banget akibat muntah dari translate an yang cukup banyak :p, secara udah lumayan lama gak nerjemahin, paling light stories. Dulu pernah, pertama kali kerja translate SOP juga tapi kenapa jaman dulu saya ngerjain dengan senang hati tidak seperti sekarang, flat like highway street 0_O. Even ini hari adalah payday, saya biasa aja tuh :p.

Ok balik lagi ke socmed tadi, berikut adalah list piaraan saya:

Email : setia dengan yahoo mail dan gmail, dulu pernah bikin lovemail tapi ditutup empunya.

Internet ID as if social media : Facebook since 2008

Other social medias:
Twitter *still love nyampah or Uber Social, LinkedId, Foursquare, Youtube

Recent socmeds: Path, Instagram, Pinterest

Blog: Blogspot, Wordpress, Tumblr

Chat: YM, Gtalk *jarang pake, WhatsApp, Line, KTalk, Skype *lupa id, BBM *pensiun

Punya account tapi udah gak pernah dikasih makan: Plurk, My Space, Flickr, Flixster, Google+, 

Socmed *shutdown: Friendster

hahaha, apalagi yang belum sini ta bikin semua, saya lupa ada satu yang mirip twitter tapi namanya aja lupa apalagi accountnya :D. Oh ya saya juga ikut-ikut biro jodoh semacam itu haha, jaman kuliah :p.

Monday, 22 April 2013

Review: Tune Hotels Jakarta


Sebagai orang yang jarang menginap di hotel hehehe jadi boleh dong review tentang hotel. So, kemarin Jumat itu, bosnya si mas tadinya mau nginep di Tune Hotel sebelah kantornya karena rumah dia di Bogor dan besoknya kudu ikut ujian pagi-pagi eh tapi karena no smoking room jadi dia kasihin itu kamar buat kita, anggap aja 2nd honeymoon hehehe. Thanks ya Pak btw. Jadilah Jumat kemarin kita nginep di Tune Hotel Jakarta semalem aja.

Hotelnya sih termasuk hotel kecil tapi baru dengan fasilitas cukup ok *kalau liat di webnya. Termasuk hotel kecil karena hanya terdiri dari 8 lantai saja. Dengan harga 400 ribuan. Kita dapet kamar single standard di lantai 7. Pas masuk kamarnya, bener-bener minimalis, sebelah kiri langsung kamar mandi dengan standard shower. Jarak antara bed dan tv nya paling juga Cuma beberapa cm. Bed, kiri kanan meja kecil depannya flat tv, dan saking minimalisnya, gak ada lemari Cuma gantungan baju saja sebelah tv.


Kemarin sempet liat web nya hotel ini di Kuta yang promo nya Cuma 200 ribu kurang, waw murah banget, untuk ukuran hotel baru with “brand” yang udah dikenal. Tapiii ternyata itu bohong pemirsa hehe, maksudnya harga segitu adalah harga kamar saja, gak pake ac, gak ada handuk, jelas gak dapet breakfast, heu aneh kan padahal kalau breakfast mah udah kudu ada wajib ya meski Cuma indomie atau jelasnya mah nasgor.

Ternyata hotel ini emang menerapkan system hemat, bahkan kalau emang gak mau pake AC, hotel ini juga menyediakan kipas angin dan lumayan dingin sih Cuma gak kebayang kalau ke Bali trus gak pake AC, panasss. Yang kemarin kita nginep juga gak dapet breakfast tapi emang dapet akses wifi sepuasnya. Untuk toiletries juga Cuma dapet sabun sama sampo aja, gak dapet sikat & pasta gigi nya x_x. Ac nya juga gak ada remote control nya, bagus sih untuk mencegah kerusakan dini karena pengaturan suhu yang seenak jidat jadi di tempat akses card nya ada pengaturan suhu AC, great idea.

Tapi yang menarik dari hotel ini adalah hair dryer hihi *tau gitu bawa catokan :p. Biasanya kalau hair dryer kudu extra request dan kena charge lagi sama kaya hotel Ibis sih dan safety box yang bisa dikunci semacam untuk simpen uang. System hemat kaya gini emang bagus Cuma hotelnya juga info standar rate dengan fasilitas yang sudah selayaknya. Emang beda banget dengan hotel jadul yang kamarnya segede2 gaban kaya di Karlita kemarin, hotel baru itu cenderung sempit dan memanfaatkan setiap sudutnya untuk dijadikan space yang berguna.

Plus Minus BB Android I-Phone


Siapa yang gak pake blek kurupuk :p maksudnya blackberry, even sekarang curve Gemini itu Cuma 1,6 pemirsa, yang cdma apalagi sejuta an aja. SPG, OB pun pake bb xixi. Kelebihan blackberry pada awalnya adalah bbm, ibarat kata sms an sepuasnya sampe mabok :p. Lalu connect ke social media facebook dan twitter dan email connecting lebih mudah. Pertama kali pake BB, hmmm agak males juga, tahun 2009 an, asalnya pake nokia. Selain itu, kurang nampol kayanya facebook an tapi gak full menu dan gak bisa update blog tentunya.

Finally decided to use bb again on 2010, akhir taun, karena emang si nokia rusak. Gw emang gak terlalu over freak aplikasi, bahkan cenderung jadul, bertahan dengan twitter for blackberry sekian lama hehe, pake paket 2000 sehari yang paling murah. Kenapa harian karena dipotongnya gak langsung berasa banyak. Si bb Gemini ini setia menemaniku hingga detik ini.

Kalau dari appearance, beberapa seri BB yang sebagiannya dibungkus bahan karet itu percaya melotokkkk kaya punya gw, kalau hp lain kaya nokia itu biasanya dari bahan keras yang melotok itu warna cat nya.

Nah lama-lama bb pun terkalahkan oleh I Phone dan Android karena beberapa aplikasi barunya contoh, instagram, path dan lainnya. Belum lagi variasi games dan kemudahan memainkannya makin bikin bb mulai jatuh pasarannya. Untuk kelas atas mungkin pilih I phone ya, nah android ternyata banyak juga hp dengan harga yang gak mahal-mahal banget. Bahkan kalau emang mau gaya touch screen, sekarang nokia mulai naik lagi untuk target market anak-anak SMP SMA and low level. Cuma ratusan ribu udah dapet harga keren, say bye bye to qwerty phone yang sempet booming bareng si bb.

Kekurangan android adalah semacam menggunakan pc dengan modem, gimana pintar nya kita pake beberapa social media karena meski unlimited dan gak nyomot quota, android ternyata boros. Jadi emang sistemnya kudu log in dan log out. Lain kalau bb, seharian facebook twitter gak di log out tetep dapet update tanpa masalah kuota atau pulsa. BB pun mulai ditinggalkan karena aplikasi Whats App yang bisa koneksi antara BB dan Android dan I Phone. Kelebihan android selain kamera yang ok dibanding kamera bb yang super memble adalah lebih clear tampilannya.

Urusan gonta-ganti HP emang biasanya karena udah kurang layak dipakai entah dari tampilan atau lainnya dan gw pakai pun selama bertahun-tahun. Seperti yang udah dicurcolkan di blog lalu. Jaman-jaman sekolah emang ganti-ganti HP karena biasanya warisan dari bokap atau kakak. Siemens ke Nokia ke Siemens lagi *agak lama bertahan selama kuliah D3 ke Motorola second ke Sony Erricson *baru dikasih Nokia gaban ke Nokia 6600 ke Nokia N71 *lumayan bertahan lama sampe kerja ke BB singular dan akhirnya 2010 kemarin si Gemini tercinta sampe April 2013 *awetttt.

Decided to change andro karena lebih ke fungsi dan harganya ternyata gak mahal-mahal banget, blackberry jadul yang gak pernah di upgrade otomatis bikin gak bisa download aplikasi baru selain itu andro full touch screen lebih nampol untuk browsing dan socmed lainnya. 2013 sampe kapan kahhhh hehe.

Jadi masih stick it out with bb or beli i phone aja atau bb+tab, heuks kalau mudah tergoda soal gadget, pusing 7 keliling yang ada.

Friday, 19 April 2013

Jatuh *nyeri manehhhhh x_x

Mari curcol sejenak, Rabu kemaren, gw yang merasa kebosanan dengan makanan di sekitar baik kantor maupun kost an kepengen makan bakso *makanya belajar masak put. Iya mau belajar masak kalau udah ada peralatan perangnya hihi :D. Beneran deh rasanya gw pengen langganan katering aja di Kantor, simple seperti kehidupan di tahun 2009 -2010. Gak usah mikir repot, gak bosen juga dan sehat karena ada sayur. Sekarang option makan siang gw adalah :

A. Nasi Padang  B. Soto Ayam  C. Ayam Bakar  D. Karedok  E. Gado-gado  F. Warteg  G. Soto Mie  H. Bihun Goreng

bosennnnnnn, begitupula pas makan malem. Si mas yang emang udah sering makan di mampang juga ngerasa kebosanan. Anyhow eh way, Rabu kemaren mendadak pengen bakso :p soalnya hari Minggu sore kemaren itu tadinya kita mau nge-bakso kampung deket kost an eh cuma tutup lalu hujan makanya masih terbayang-bayang si itu bakso :p. Akhirnya gw bbm si mas, lalu dia bilang, ok ke semanggi ya. Noted, padahal gw sih maunya bakso kampung itu.

Seperti biasa lah gw nge-busway ke semanggi sore itu dengan menggunakan wedges coklat yang lumayan tinggi cyin. Sebelumnya, gw dah pernah ke semanggi pake itu sepatu. Hari itu tumben si BW agak lamaaa, pokonya turun di halte semanggi itu 6 lewat deh dari gw tenggo kantor stgh 6. Hujan sodara-sodara, ok like usual gw jalan turun jembatan penyebrangan. Nah di section setelah tukang-tukang jualan itu ada jalan yang turun gitu, biasanya gw seyakin-yakinnya lewat tangga kecil sebelahnya, entah kenapa tu hari gw nekat juga lewat situ dan hasilnya sukses jatohhh terduduk pantat. Ironisnya gak ada yang nolongin heuks karena emang gw langsung berdiri.

Sakitttt hiks, no more walking and going semanggi with heels. Sampe semanggi udah keringetan trus langsung ke mushola. Hiks gak bisa ruku dan sujud dan akhirnya terduduk minta mas jemput ke mushola. Makan baksonya, gak jadiii, makan nasi aja. Tadinya pengen solaria tapi udah smaput di fc lt 3 jadi ya sudah yoshinoya aja. Gak kemakan, karena mendadak mual dan pusing. Cuma kemakan dikit. Akhirnya ngebungkus crepes lalu pulang, takut gak bisa naik motor alhamdulilah masih bisa. Dan istirahat!!

Besoknya agak mendingan, siangnya udah bisa solat yang bener. Sekarang masih agak-agak ngilu sih tetep counterpain dan fresh care dibalurin. Heuks, udah tau itu sol sepatu emang licin masih nekat juga.

Sekian cerita blog siang ini.

Thursday, 18 April 2013

Say NO to Pengemis

Well, yap saya memang sedikit pelit, ya gpp ngaku aja hehehe tapi untuk soal ini saya punya alasan yang cukup baik *menurut saya. Ya, pengemis seperti bak pekerjaan bagi mereka, karena mereka dapet duit tiap hari bermodalkan tampang kasihan, baju lusuh, panas-panasan atau hujan-hujanan tiap hari.

Ini hasil dari mbah google ya, dari Blognya Mas Gede..

“Seorang pengemis yang ngontrak di saya bilang, paling apes mereka dalam sehari dapatnya Rp 200 ribu per hari. Tapi umumnya mereka dapat uang sekitar 500 ribu-Rp 600 ribu per hari,” ujar Hanson.
Omongan Hanson bukan isapan jempol belaka. Sebab beberapa waktu lalu seorang nenek-nenek buta yang menghuni kontrakan miliknya mengaku kehilangan celengan. Nenek itu bilang uang yang ada di dalam celengan jumlahnya Rp 900 ribu hasil mengemis selama 4 hari sebelumnya.
“Bayangin aja dalam 4 hari saja nenek itu bisa menabung Rp 900 ribu. Kalau sebulan bisa dapat berapa duit itu nenek,” kata pria asal Medan itu.


Sumber : http://ladang-hijau.blogspot.com/2011/09/ternyata-kehidupan-pengemis-tidak.html

Itu bener loh, di kota besar kaya Bandung Jakarta mungkin mereka pengemis, di kampungnya sih rumahnya gede-gede, punya sawah dan lainnya, bahkan mereka mengantongi HP mahal. Ironis.

Lebih gede ya tampaknya penghasilannya dari kita yang rata-rata hmm 100-300 ribu 8 jam kerja/ 20 hari sebulan *heuks. Ada 2 jenis pengemis eh 3 kali ya: 1. Pengemis yang maaf cacat/ sudah tua, 2. Pengemis anak-anak, 3. Pengemis YANG SEBENERNYA MASIH MAMPU UNTUK BEKERJA DENGAN LAYAK!!

Untuk golongan 1, saya kadang masih suka kasih, apalagi sekarang duit recehan semacam kurang laku ya *bukannya sok sok kaya :p tapi angkot, kendaraan umum rata-rata tarifnya ya 2 ribu, 5 ribu kecuali busway ya 3500 *nanggung, tiga rebu aja padahal (kadang kembalian gopenya suka kasih pengemis di jembatan :p) dan saya paling males dikembalian seribu receh :p, males aja nyimpennya hehe. Untuk golongan 2 saya juga masih maklum meskipun sebenernya kurang baik juga karena berarti orang tuanya geblek nyuruh anak minta-minta x_x.

Nah banyak banget tuh golongan 3 yang secara fisik sepertinya masih mampu untuk bekerja, kalau cewe bisa jadi pembantu alias asisten rumah tangga atau lainnya, cowo juga bisa jadi kuli bangunan atau apa lah, kerjaan yang halal banyak, saya pikir orang-orang itu malasnya luar biasa. Emangnya saya gak cape kerja, secara fisik mungkin gak terlalu menghabiskan banyak tenaga tapi kan mikir juga kerjaan belum dilatih kesabarannya. Maka dari itu saya jarang banget kasih uang ke orang-orang kaya gitu. Di mesjid sebelah kantor, ada seorang ibu-ibu, secara fisik sangatlah sehat untuk melakukan pekerjaan yang layak, badannya juga agak berisi, gak kurus, kerjanya nongkrong di depan mesjid, saya gak pernah ngasih karena dia masih bisa kerja layak, si mas lain lagi, selalu ngasih kadang seribu malah dua ribu, hhhh itu malah bikin dia makin males. Mukanya juga sok-sok an memelas.

Kalau untuk yang udah tua atau cacat, saya kadang ngasih karena dia wajar lah cuma seharusnya ini juga jadi concern pemerintah *hehehe gampang bener nyalahin pemerintah, jadi dinas sosial kerjanya apa. Setau saya kalau di luar negeri, pengemis itu dapet makan dan tempat tinggal dari pemerintah *liat film-film dan yang paling inget filmnya Will Smith, Pursuit of Happiness. Kalau misalnya pemerintah kasih sosialisasi, tempat tinggal sementara, makan dan pelatihan agar dia bisa bekerja, gak akan ada pengemis. Emang program ini udah ada tapi hmmm kayanya masih banyak pengemis berkeliaran.

Ini hasil googling soal mengemis dilihat dari hukum islam:

 Meminta-minta sumbangan atau mengemis pada dasarnya tidak disyari’atkan dalam agama Islam.
Disebutkan dalam sebuah hadits bahwa di sana terdapat beberapa keadaan yang membolehkan seseorang untuk mengemis atau meminta-minta sumbangan. Di antara keadaan-keadaan tersebut ialah sebagaimana berikut:
(1)   Ketika seseorang menanggung beban diyat (denda) atau pelunasan hutang orang lain, ia boleh meminta-minta sampai ia melunasinya, kemudian berhenti.
(2)   Ketika seseorang ditimpa musibah yang menghabiskan seluruh hartanya, ia boleh meminta-minta sampai ia mendapatkan sandaran hidup.
(3)   Ketika seseorang tertimpa kefakiran yang sangat sehingga disaksikan oleh 3 orang berakal cerdas dari kaumnya bahwa dia tertimpa kefakiran, maka  halal  baginya  meminta-minta  sampai  dia  mendapatkan  penegak  bagi kehidupannya.


Link nya: http://abufawaz.wordpress.com/2012/05/26/hukum-mengemis-dan-meminta-sumbangan-dalam-pandangan-islam/

Ada lagi yang bikin saya agak sebel, pengemis terselubung hehe seperti, tukang ngamen, orang yang nongkrong depan lampu merah lalu beraksi bersihin kaca lah, kasih parfum lah apa lah dan lainnya. Paling sebel kalau mereka semua itu MAKSA. YEEE, lo pikir gw kerja kaga cape apa, minta duit sono sama bapak lo hehehehe :p.
 

Wednesday, 17 April 2013

Leason Learned


Let me share after wedding dan menjadi bridezilla, wondering adalah brideprincess yang happy gak pusing ngurusin kawinnya, mungkin Annisa Pohan ya yang kawin sama anaknya pak Beye :p.

1.      Urusan Lamaran
Since I got failed plan di masa lalu :p, jadi kemaren eike sama mas gak pake acara lamaran yang bikin kebaya baru, beli cincin make up sanggulan dan lainnya, kenapa? Pertama, buang biaya, tempo lalu acara lamaran itu tentunya pake acara berantem dong sama ibu suri :p, ngabisin hmm, catering aja 1 juta, beli cincin 4 jutaan, beli kebaya make up foto studio hmm lebih dari gope sih sama fee nya pak ustadz pas acara nya, berapa tuh, mahal kannnnnn. Jadi ya kalau memang mau pake acara lamaran “cantik” alias dandan kebayaan itu sih sebenernya gak habis berapa, bikin acara yang memang tidak melibatkan orang lain, cukup lah ortu, adik kakak, nenek kakek tok, sodara-sodara hadeuh, nanggung kalau si ABC diundang eh DEF gak. Untuk urusan masak, bisa lah makan sendiri, sederhana aja deh pokonya if you are in the low budget. Kedua, gak usah beli cincin emas, kalau mau cincin silver aja atau kalau emang mau perhiasan sebagai simbolis, bisa anting atau apa deh yang gak habis juta an. Kenapa lagi, sayang cui, kecuali cincinnya khusus engagement ya gpp tapi kalau emang mau dipake untuk cincin kawin, by time you are getting married, cincinnya udah bladus, ya emang bisa sih di polish lagi tapi better not lah.

Oh ya tempo lalu itu gw berantemnya sama nyokap, masa iya lamaran doang pake tenda segala, hadeuhhhh dan pake acara renovasi rumah, pasang kanopi haduhhh, bisa ditebak belum apa-apa udah keluar duit banyak. Keblinger. Nah kemaren gw sama si mas Cuma pertemuan asli keluarga doang yang ngebahas bahwa kita serius dan berencana menikah di awal taun sekitar februari maret, awalnya, lalu mundur ke maret april :D.

Ok yang kedua, better jarak lamaran dan menikah jangan lebih setahun, maksimal setahun. Katanya sih pamali juga :p, yang kedua pas lamaran udah ada ancang2 bulan, kaya gw kmrn pertemuan keluarga itu pas udah lebaran memang rencana awal taun nikah, lalu di fix in awal taun jadinya Maret. Ketiga, kalau kelamaan juga hmm kayanya gak kondusif ya, dari segi juga nanti bisa naik karena mahal, 3 sampe 6 bulan cukup sih untuk arrange pernikahan. Mine, hmm 3 bulan start Januari kemarin.

2.      Urusan Wed-Org
Better sih pake satu wedding organizer, bukannya sok-sok an kaya tapi terbukti banget ke gw apalagi buat gw yang kerja di Jakarta, both, si mas juga, nyokap seringnya di Cibubur and the wedding is in Bandung. WeO itu sebenernya mempermudah dan pada dasarnya WeO itu bisa nyesuaikan dengan budget kita Cuma memang kita harus tahu diri, gak mungkin budget 50 juta, pengen outdoor garden party tapi undangan 400, misalnya. Meski tetep untuk urusan printilan itu balik lagi ke kita lagi.

Nah gw kemaren since again mentok dengan ibu Suri, makalah terpecah menjadi 2 vendor, yeah well actually 3 sama Gedung. 1. Gedung, 2. Katering+Dekor+MC, 3. Sisanya baru pake We-Org, rias baju dll. Terbukti agak gak rapi pas itinerary acaranya, emang salahnya gw gak confirm lagi sehari sebelum, dua ternyata nyokap belum kasih list nya yang gw udah bikin beberapa hari sebelum tapi ya overall kemauan gw semua hampir 90% perfect mulai dari undangan, souvenir, sanggul ahaha, baju, make up dan yang penting akad lancar, makanan gak habis. Yang gak kesampaian sih, gak jadi nyanyi LOVE nya Nat King Cole pas resepsi dan gak foto satu keluarga besar masing-masing, ya sudah lah, selalu ada waktu lain untuk foto mah.

3.      Urusan Godaan Menjelang Pernikahan
Mine itu godaannya adalah selain tentunya berantem dengan ibu Suri tapi pas Januari udah depe semua vendor itu berjalan dengan lancar, fight no more in speaking hehe adalah mas dirawat akhir November taun kemarin itu. Yang tadinya mau fix bulannya dan juga supaya dapet harga 2012 hmmm ya udah lah. Mendadak aja mas sakit, stress juga dese menghadapi perkewongan ini hehehe. Lagi boci di kos an abis makan, kebangun mendadak lalu pusing migren berat sampe gak bisa nelen akhirnya gak bisa makan. Ternyata saraf di leher tipis jadi connect ke saraf buat nelen tapi alhamdulilah sembuh dan kita bisa nikah 30 Maret kemaren.

Nah kalau gw itu mendadak sakit mata, emang dari dulu tingkat kesensitifitas mata lebih tinggi daripada orang normal. Gw inget waktu SD beberapa kali pernah terkena bintitan tapi udah gede sih gak pernah. Nah waktu taun 2009 pernah gw bintitan di mata kanan bawah. Bintitannya sih gak gede-gede amat tapi sakit banget huhu selayaknya bertanding dengan Chris John lalu mata ini ditonjok dese. Since waktu itu masih gak aware ke dokter jadi gw kompres aer anget aja tiap malem, emang setelah 2 minggu sembuh dan meninggalkan bintitan kecil cuma menganggu ya semacam nyut-nyut an sepanjang hari *heuks. Lain waktu pernah mata gatel luar biasa, tiap malem, akhirnya ke dokter lalu he said bahwa gak terlalu bermasalah, iritasi ringan karena debu, dikasih salep dan obat tetes lalu sembuh oh ya itu mungkin karena pengaruh pemakaian kontak lense. Nah kemaren emang diawali dengan gatal-gatal, gw pikir alergi eyeliner since at this office gw mulai pake eyeliner kalau ngantor tapi ko agak getting worse ya, akhirnya ke dokter, dikasih macam-macam obat tetes dan vitamin tapi gw yang emang bandel Cuma beli obat tetes yang utamanya aja. Desember, entah ada angin apa, tiba-tiba mata kanan again bengkak segede-gede gaban. Padahal waktu malemnya, seinget gw Cuma makan pecel ayam *heuks. Akhirnya ke dokter, mungkin gejala alergi dan stress haha *bener. Minum obat langsung kempes sih dan gw disarankan tidak makan telor, ikan dan mengurangi ayam. Jadi menjelang kawin, gw makannya tahu dan tempe hahaha. Penderitaan tidak berakhir di situ pemirsa, tiap kali gak sengaja makan telor atau yang mengandung ikan, my eyes so easily bintitan, heuks, untung bisa beli obatnya. H-1 bulan, ke dokter mata lagi sekalian minta surat supaya gak usah pake bulu mata palsu hihi. Dokter said mata kering karena terlalu lama mantengin pc dan tempat ber ac jadi kotoran gak keluar makanya sering bintitan, oh ya selama 3 bulan kulit kelopak mata juga keringgggggg, mulai dari pake nivea cream lanjut caladine cair dan akhirnya baby cream. H-2 minggu mendingan dan alhamdulilah sembuh. Godaan oh godaan.

4.      Urusan Rezeki Nikah
I believe saat semua orang tanya ke gw, kapan nikah sih, lama amat cos well mostly my girl friends married at 25 padahal Cuma beda 2 tahun doang. Gw selalu menjawab, masih nabung dan jawaban mereka, udah ntar mah rezeki nikah ada aja. Well gw bukan gak percaya itu, gw percaya banget tapi gw gak mau Cuma ngandelin duit gaji yang 2 juta doang atau ngandelin keluarga cowo untuk bayar semua, well that’s not me, yeah if you are Kate Middleton married Prince Willian, nah gw, udah lah ya gak usah dibahas lagi, udah sering dibahas juga hehehe. Jadi rezeki kawin itu, sumbangan wedding orchestra yang kudunya bayar 5 juta jadi sekian, lalu stand baso tahu batagor Cuma bayar beberapa ratus ribu aja *gak boleh mention nanti dimarahin empunya :D, MC juga dapet banting harga meski agak ribet karena marahin kaka kaka gw hehehe, catering banyak banget diskonnya, stand nya full, bonus lontong kari untuk sarapan keluarga pas udah akad dan catering pas acara pengajian siraman, besan nyokap, mamake teh ratih bantuin bungkusin printilan untuk saweran, kaka gw juga bantuin ngamplopin ibu-ibu pengajian huehehe, diskon pashmina untuk souvenir ibu-ibu pengajian, hmm itu seingat saya.

5.      Urusan Printilan
Tetep ya meski pake we-o, untuk printilannya balik lagi ke ortu apalagi gw pake nya yang nanggung. Urusan printilan itu adalah, 1. KUA, ini jelas lah ya hehe padahal kalau pake we-o temen gw itu bisa dibantuin nganternya minimal, since mas domisili tegal, jadi dese harus lapor RT RW dst lalu KUA untuk minta surat pengantar karena marriednya bakal di Bandung, dia sih gak ribet ya, sehari I mean few hours beres, bayarnya juga gak sampe gope deh kayanya. Dokumen yang dibutuhkan sebenernya KTP CPW dan nama orang tua tapi untuk jaga-jaga kemaren bawa KTP ortu dan kartu keluarga. Nah kelar itu baru deh gw yang lapor RT RW dst tentunya itu nyokap dan bokap. Kelengkapannya selain KTP CPP CPW Ortu dan KK masing-masing juga pas foto 4x6 dan 3x4 dan ternyata yang dipake adalah 3x4 aja masing-masing 2 buah, untuk cadangan 4 aja lah ya. Untuk background foto bebas, kalau gw sih biru sama kaya mas. Bayarnya berapa, 600 ribu aja padahal aslinya sih 30 ribu sekian, katanya dilihat juga status pegawai dan kantor mana si CPP CPW nya heu -_-
2. Ngurusin pengajian, ibu-ibunya, souvenirnya
3. Belanja seserahan jelas sendiri kemaren dibagi dua, nyokap beli bahan kebaya batik bed cover handuk soalnya dese tau harga murah kualitas bagus daripada gw yang beli nanti diomel-omelin karena gak bagus dan mahal, nah gw sisanya, yah di matahari aja deh ngejar diskon haha, lalu ke itc ambass, carefour, atrium dan yogya kepatihan untuk sebuah semi clutch *fiuhhhh.
4. Urusan MC dan Wedding Singer, due to low budget jadi gak masuk paket kebeneran dapet diskon dan sumbangan orang.
5. Urusan mobil, supir dan yang bantu-bantu hari H dan menjelangnya *nyokap sih
6. Nganter undangan jelas *nyokap juga hehe
7. Beli mas kawin jelas (di pasar jatinegara, kalau earrings from merto :*)

Hmm apalagi ya, yg pasti sih, pas januari udah depe-depe vendor, gw gak terlalu ribut lagi sama nyokap, cuma emang pas undangan jadi, ko cuma tipis gini doang, trus mahalll, trus mukena yg dibeliin bagus gakkk, ya sudah lah ya namanya juga dibeliin heu -_-. Tapi behind all those rempongness emang menghasilkan akad nikah yang lancar *wink.
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...