Thursday, 20 June 2013

Internship

Menurut saya internship alias magang alias praktek kerja lapangan sangat penting. Saya beruntung termasuk salah satu mahasiswa yang mengalami hal tersebut dahulu. Saya memang mengikuti program diploma yang katanya siap kerja pada awalnya lalu melanjutkan S1. Di program D3 biasanya ada mata kuliah PKL yang mana kita harus magang di kantor. Seperti yang sudah diocehkan di beberapa blog lalu, saya mengambil jurusan bahasa Inggris yang pada umumnya tempat PKL yang ideal adalah media baik koran maupun radio namun tidak menutup kemungkinan untuk PKL di bidang lainnya seperti saya, karena kakak saya menawarkan PKL di perusahaan telekomunikasi maka saya pun mengiyakannya. Meskipun tidak terlalu berhubungan dengan jurusan namun saya jadi mengetahui dunia perkantoran itu seperti apa.

Waktu intership saya memang tidak lama hanya sebulan namun menurut saya itu cukup bagi mahasiswa agar tidak terlalu shock saat nanti memasuki dunia kerja sesungguhnya. Jadi menurut saya seluruh degree baik D1 hingga S1 harus menerapkan mata kuliah internship atau sewaktu mahasiswa libur panjang mereka dapat mengambil pengalaman itu jadi tidak hanya untuk program kuliah siap kerja saja. Kenapa? karena banyak sekali "anak kemarin sore" yang menurut saya tidak mempunyai attitude cukup baik saat memasuki dunia kerja. Ok kalau anda masuk media dimana orang-orangnya banyak berusia muda dan "asyik" tapi kalau anda masuk perbankan atau BUMN dimana senioritas dan "gila hormat" dijunjung tinggi, hmm dijamin stress. Saya pertama kali kerja kantoran sebagai asisten sekretaris di perusahaan kecil di Bandung yang bergerak di bidang jasa boga untuk Rumah Sakit. Saya merasa saya cukup mempunyai bekal dan attitude yang baik menghadapi rekan kerja dan atasan. 

Bahkan pada evaluasi, supervisor saya memberikan kesan yang positif yang sangat melekat hingga kini. Namun setelah observasi dan bekerja beberapa tahun saya pun bertemu dengan junior fresh graduate sebagai co-worker, kenapa ya attitude mereka sangat kurang? Apa mereka tidak siap? Apa mereka terlalu dimanja? dan lain sebagainya. Kok kayanya saya dulu gak gitu-gitu amat. Belum lagi kalau sedikit-sedikit komplain. Saya pernah dengar ada fresh-g merk luar aka lulusan univ di luar negeri yang baru pertama kali kerja. Lalu dia kerjaan awalnya disuruh fotokopi dan dia ingin nangis. :D yeah well everbody will be at the lowest bottom first, saya juga pernah tuh nyampulin buku perpustakaan seabreg-abreg and that doesn't make me cry at all :D. Ada juga cerita PKL yang katanya kerjanya cuma tempel-tempel dokumen pake lem padahal di Bank Pemerintah terkenal, well honey semua ada awalnya dan kamu harus mau disuruh apa aja asal sesuai dengan aturan.

2 comments:

Evi Sri Rezeki said...

Iya sepakat. KKN atau job training harus tetap ada :)

Puti said...

iya betul ;)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...