Tuesday, 13 August 2013

Responsible Parents

Kemaren nonton MT, The Golden Way alias pak Mario Teguh which is sebenernya jaman dulu gak terlalu hobby nonton motivational talks. Why? I think it's too depressing hehe. But since si mas hubby demen jadilah gw kebawa-bawa demen nonton, kebeneran pas nonton temanya cukup masuk akal jadi gak terlalu depressing hehehe.

Episode kemarin itu, lupa juga tentang apa. Yang pasti ada cewe seorang guru honorer *kalau gak salah, dia nanya sama pak MT, ortunya udah gak gawe, usianya juga memang di atas 50 tahun dan dia membebankan biaya hidup dan biaya sekolah anak-anaknya ke si cewe itu *yang pasti anaknya dong dan kakaknya yang paling besar dengan alasan sudah bekerja. Dia nanya, apakah kalau dia pasang tarif sebesar-besarnya untuk les tambahan anak-anak gpp? karena untuk menutupi biaya tanggungan keluarganya. Well as usual I get bored jadi gak nonton sampe selesai. Kalau gak salah pak MT bilang, sebagai anak kalau tidak sanggup harus bilang sama orang tua nya, lagipula itu bukan tanggung jawab seorang anak.

Menurut gw juga gak fair, kalau ortu yang secara fisik dan mental masih mampu untuk membiayai keluarganya kenapa harus membebankan anak. Kalau misal dia merasa kebanyakan anak kenapa dulu gak dipikir dan direncanakan, bukannya pemerintah udah gembar-gembor KB bahwa 2 anak itu cukup hehehe. Kecuali kalau ortu tsb sudah gak mampu secara fisik dan mental ya barulah biasanya anak yang sudah bekerja yang jadi tulang punggung keluarga. Kalaupun memang ortu butuh bantuan finansial kepada anaknya, itu boleh dan sah saja tapi tidak 100%.
 
I always proud to my parents even they are not perfect as I am. Mereka gak pernah nuntut apa-apa, even udah kerja gw pengennya bisa support their life well not 100% maybe. Salut juga sama low worker yang support their parents kaya office boy, supir dll. They are thougher than us. Sebagai orang tua udah wajib menyekolahkan anaknya minimal sampe tamat SMA, idealnya sampai selesai kuliah. Nah setelah itu barulah mereka boleh melepas anaknya. Meski secara logika, kita gak mungkin lepas dari ortu gitu aja. Even udah makmur, maksud gw meski kadang anaknya udah sukses kaya, punya rumah mobil dan lainnya, kita gak bisa jauh-jauh dari orang tua. Tapi minimal sebagai anak udah bisa menghidupi diri sendiri.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...