Tuesday, 18 February 2014

Aqeqah

adalah sembelih kambing untuk anak yang baru lahir sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah dengan niat dan syarat teretentu dan hukumnya sunah. Langkahnya yaitu menyembelih kambing untuk anak laki-laki 2 ekor, untuk anak perempuan 1 ekor lalu member nama dan mencukur rambut kepala anak. Waktunya pelaksanaannya adalah hari ke-7 setelah lahir, ke-14 atau 21 namun tidak menutup kemungkinan jika belum mampu maka bisa kapan saja.

Nah kurang lebih itu pengertiannya, akhirnya kemarin hari Minggu, saya melaksanakan aqiqah Faya Cuma memang based on fam tradition from mum, kita melaksanakannya setelah bayi 40 hari tapi emang kemarin hari ke 46 soalnya pas hari ke-40, bu Haji yang doa-in kebetulan gak bisa. Untuk sembelih kambingnya sendiri, we decided to choose Rumah Aqiqah biar gak ribet, harganya juga cukup ekonomis sekitar 2 juta-an untuk ratusan tusuk sate dan puluhan porsi gule. Ada juga nasi box untuk tambahan mulai dari 10 ribu.


Since gak mungkin cuma makan sate gule aja *secara saya juga gak doyan kambing karena bau, jadi nyokap pesen catering juga untuk makan tamu, biasa di catering tante dini alias pak bono, pilih yang 25 ribu per porsi dapet nasi tentunya, kakap, ayam kodok dan capcay tambah kerupuk. Overall itinerary aqeqah seperti ini:

  1. Pengajian ibu-ibu dibuka sambutan, pengantar
  2. Mulai mengaji
  3. Shalawat sambil dede bayinya keliling rambutnya digunting sedikit dan di doa in lalu yang potong rambutnya disemprot parfum
  4. Ditutup doa kembali
  5. Rambutnya dicukur botak hehe
  6. *tambahan, dede bayinya disunat karena kalau anak cewe better pas bayi untuk buang semacam kotoran pada alat kelaminnya
  7. Makan-makan :D

Oh ya yang harus disiapkan adalah, semangkuk air dengan kembang, gunting kecil untuk potong rambut dan parfum. Alhamdulilah selama acara Faya gak terlalu “manja” tapi ya udahnya karena laper kali nya teuteup hehe tapi pas dicukur botak and disunat, dese gak nangis loh hehe *hebat.

Udahnya legaaaa terutama saya karena seperti lunas haha dan tentunya rempong beres-beres sampe tepar maksimal. Untuk aqeqah seperti yang udah dijelasin di atas hukumnya sunnah jadi kalau memang belum ada rejeki nya bisa nanti dan lebih baik hari ke-7 Cuma karena tradisi itu tadi jadi kita melaksanakannya di hari ke 40 *lewat dikit. Untuk disunat juga kalau dokter jaman sekarang gak suggest tapi saya sunat aja si Faya karena sebenernya Cuma dibuang semacam kotorannya sedikit dan dilakukan oleh bu haji yang emang udah expert jadi gak akan kenapa-napa.


That’s all sharing for today, semoga berguna.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...