Thursday, 6 February 2014

Finally Banker

Bokap gw cukup terobsesi anak-anaknya kerja di bank karena selain prestige gw baru tau kalau di bank itu udah pasti tiap taun naik gaji beserta rapelannya dan dapet bonus, belum tunjangan lainnya. Jadi sebenernya gak terlalu masalah gaji gak gede bangettttt asal plus-plusnya juga ok. Sebenernya gw ditawari kerja di Citibank via outsource di awal taun 2008 Cuma karena masih skripsi dan ngejar lulus cepet, begitu training ngeliat kerjaannya begitu akhirnya gak gw ambil hehe dan bokap pun kuciwa.

Di awal taun 2011 juga sebenernya gw udah keterima di Woori Bank, Korean di Jakarta kantornya Sudirman pula tapi yah you know lah kondisi gw saat itu *wkwkwk, lalu gajinya 2,8 memang ada plus-plusnya dikit tapi masa Cuma beda 300 ribu sama gaji gw di pre-school dan itu tawaran 2 taun lalu dan ini kawasan sudirman yang serba mahal, kost aja hampir sejuta saat itu belum biaya transport dan lain-lain, nego gaji 3 juta pun gak bisa dan akhirnya gak gw ambil padahal waktu itu udah booking kost an, udah packing satu koper tapi ya takdir berkata lain *halah.

Akhirnya setelah test ribuan bank *lebay dan masuk test ODP satu-satunya *karena anak sastra disqualified di Bank Muamalat, gw pun keterima di Bank of India Indonesia yang saat itu namanya Bank Swadesi bulan Sept tahun 2011. Jadi apa? Ya CS lah apa lagi kalau anak sastra mah mentoknya di situ untuk posisi awal tapi udah alhamdulilah banget dan kayanya bokap lega juga hehehe.

CS kerjanya apa? Pasti udah tau lah standar, semua orang udah pernah ke bank dong tentunya, kalau mau buka rekening atau komplain kan ke CS dulu. Alhamdulilah juga karena cabang baru dan personilnya Cuma sedikit jadi kerjaan gw gak di CS aja lagipula kalau Cuma ngurusin kerjaan CS ya santai banget wong nasabahnya masih sedikit. Overall ini kerjaan gw waktu di bank indihe chaya chaya hehehe:

  1. Melayani nasabah untuk pembukaan penutupan rekening tabungan, giro, deposito, dan lainnya.
  2. Mengenalkan produk bank dari mulai tabungan, giro, deposito.
  3. Menerima komplain, memberikan solusi kepada nasabah.
  4. Melaksanakan administrasi yang berhubungan dengan nasabah.
  5. Support back office, teller dan pincab.

Ya intinya pokoknya ngebaik-baikin nasabah biar dikasih molen kartika sari haha sama kain *lokasi kantor di pasar baru :p. Banyak banget ilmu yang gw pelajari di sana, ya stress pasti soalnya di bank kan ribet semua ada prosedurnya dan setiap transaksi dan lainnya harus konfirmasi dan otorisasi. Di sana gw belajar jadi teller *smaput grogi ngitung duit puluhan juta depan nasabah yang nunggu depan muka kite haha, sortir uang, lalu untuk back office, bikin voucher hihi, input data laporan bank umum untuk bank Indonesia dan untuk pincab ya disuruh apa weh mau contohnya jadi penerjemah direksi India hahaha.

Yang memorable, suasana kekeluargaan yang kental, how I miss it. Kerjaan yang dari awal bareng-bareng dirintis, training, kantor baru, nyiapin kantor baru itu tadi pasti berkesan kaya waktu di pre-school. Inget banget magabut karena kantor belum buka soalnya belum ada approval dari BI jadi nonton dvd atau pulang cepet, makan snack bareng-bareng, karaoke setelah jam tutup kas *maksudnya pasang music kenceng-kenceng lalu kita teriak nyanyi gak jelas haha, lembur tanpa beban Cuma nemenin spv aja, cuci mata ke lantai atas sekalian belanja haha.


Terus kenapa resign lagi put? Minggu masuk huaaa, padahal udah di-mind set anggap aja jalan-jalan kan kantornya di shopping center dan CS pun kerjaannya dikit banget kalau ada nasabah mau transfer dollar ke Rupee aja tapi tetep ya gak ngaruh soalnya yang namanya kerja ya kerja booo - - “. Tapi di sana the best I’ve ever had :D. Jadi selanjutnya kemana put, I am back to Jakarta biar deket si pacar ganteng *halah.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...