Serba Serbi Birth Control

Jadi perempewong emang ribetin ya, mulai dari urusan hamil, melahirkan, nete in yang memang itu kodrat dan alhamdulilah jadi jalan menuju surga karena ada di telapak kaki kita, amin. Ada lagi yang namanya birth control alias kb alias keluarga berencana karena kalau sexually active dan subur ya wasalam tiap tahun hamil kaya kucing --".

Setau saya birth control ada beberapa macam:
1. Suntik bisa 1 atau 3 bulan sekali (yg tidak mempengaruhi asi 3 bulan sekali)
2. Pil yang harus diminum setiap hari gak boleh lupa
3. Pasang IUD
4. Rubber alias kondom
5. KB kalender yang cuma 90% mungkin atau KB alami menyusui

tapi yang aman sih suntik, pil atau pasang. Saya pilih suntik karena ibu dan kakak saya juga begitu dan gak bikin gemuk juga. Sudah 3 kali injection, emang sih bb mentok di 52 setelah sekilo turun di bulan puasa tapi ya masih ok lah ya saya haha. Waktu pertama saya suntik di RS Al-Islam, seperti biasa biaya obgyn 80 ribu saja, untuk suntik 30an, cukup murah cuma karena jauh dan sekarang sudah kerja lagi juga males ngantri dokter, saya coba di Prodia Kopo Permai dengan dr. Ana, lumayan sih abis kocek 200 ribu --".

Untuk pil atau pasang kurang tau, kalau pil jujur aja males minumnya, kalau berbentuk sirup mungkin akan saya pertimbangkan tapi ya kalau lupa minum lalu lalu dan jreng. Nah kalau pasang jujur saya kurang sreg karena ya entah aja kenapa sesuatu dipasang di bagian *sensor* jadi ya suntik tampaknya yang paling tepat buat saya daripada kebobolan, fyi 2 teman saya hamil sebelum anaknya 2 thn krn gak pake birth control. Wasalam.

Kalau kb kalender itu sebenernya ya gak kb, cuma gak berhubungan saat masa subur tapi ribet juga ngitung masa subur dan ini ya pasti potensi hamil. Kb menyusui katanya sih kalau nyusuin ya kb alami tapi gak jamin juga jadi saya pilih kb suntik.

Comments