Les





November lalu Desember lalu lalu hehe. Hadeuh ini blog makin basi aja ya *kaya ada yang baca, semangat lah meski mulai kerasa cape pasteur cibaduyut ditambah macet ditambah hujan mulai melanda, resmi lah saya masup angin parah kemarin sampai jekpot dan gak bisa makan siang heuks. Doping lah mulai dari tolak angin, jahe, gazero, susu beruang, panadol dan enervon c, buset deh put cos I cant sick alhamdulilah tadi pagi segar bugar kembali. Semoga taun depan bisa dapet kerja di tempat yang lebih deket. Mau bahas soal..

Les adalah belajar di luar jam sekolah, bisa tambahan pelajaran, bisa juga mempelajari hal ini. Les bisa berbentuk macam-macam, contoh les masak, les jahit, les bahasa, les pelajaran, dan lainnya.
1. Les Excel Lanjutan
Ngemeng-ngemeng soal les, saya termasuk orang yang mengikuti beberapa les, gak banyak tapi lumayan lah terutama les pelajaran. Les terakhir yang saya ikuti adalah Les program microsoft excel tahun 2000 kalau gak salah. Waktu itu taun 2010 kebetulan saya lagi jobless, abis kontrak kerja di Jakarta balik lagi ke Bandung.

Tadinya pengen ambil program perbankan tapi mahal *teuteup ya si puti mah. Ada juga yang program D1 yang harus bayar uang masuk --". Kenapa perbankan, karena coba kerja di bank lagi hehe even ya agak males sebenernya. Lalu setelah search sana sini, saya pun les excel di Lembaga Pendidika Komputer (LPK) Ega Kineta di Jalan Braga, lokasinya gak jauh dari braga city walk.Biaya juga cukup murah kalau gak salah, 200 ribuan dan dapet diskon jadi cuma 175an *lupa lupa inget. Dengan biaya segitu saya dapet 8 jam pertemuan, karena waktu itu seminggu sekali jadi hampir sebulanan lah. Apa aja yang dipelajari, ya lumayan bisa buat laporan keuangan sederhana di excel dengan menggunakan beberapa rumus, gurunya juga waktu itu cewe umur 40an dan cukup ok menjelaskan cara-cara membuat laporannya.

2. Les Mandarin
Sebelumnya di tahun 2007 saya juga les bahasa Mandarin alias Cina. Waktu itu saya semester 9 dan kuliah udah gak terlalu banyak jadi pengen ada kegiatan. Terbersit *haiyah, untuk ambil les bahasa asing lainnya selain Bahasa Inggris yang tentunya jadi jurusan mata kuliah yang diambil. Pilihannya waktu itu antara French atau Chinese cuma setelah search sana-sini akhirnya saya ambil Chinese yang katanya sih bakal lebih kepake *ya kalau lo les nya setaun. Tempat yang saya pilih adalah MMC di Jalan Buah Batu sebelah KFC deket Griya, kenapa ya gak jauh atuh dari segi biaya karena saya bayarnya pake uang sendiri. Kalau gak salah biaya les selama 3 bulan adalah 300 ribu an, udah dapet buku pelajaran, buku tulis dan sertifikat. Gurunya saya masih ingat namanya Lao SHi Lanny, trendy banget rambut blonde dikeriting pake celana capri yang lagi musim.

Apa aja yang dipelajarin ya tentunya bahasa Cina yang ternyata susah amat beut, saya merasa saya adalah murid yang terbodoh. Jadi huruf cina kan bukan alfabet makanya susah harus belajar nulis lagi dari awal dan satu kata yang terdengar sama artinya bisa beda, ada lafal naik turun datar kaya bahasa arab. Lumayan lah menambah perbendaharaan kata meski sekarang mah ya udah lupa lah ya.

3. Les Komputer Program Basic Words, Excel, Power Point

Ini sih sebenernya beli sertifikat haha karena les nya cuma 8 jam kalau gak salah, words dilewat karena udah dianggap menguasai, excel dan power point dan langsung tes, voila dapet sertifikat. Les nya di Karapitan deket Singgalang, nama nya Piksi Megatama tapi kalau gak salah sekarang mereka udah gak buka cabang di situ, murah aja kok cuma 100 rb. Waktu itu kalau gak salah tahun 2006 menjelang lulus D3 untuk kelengkapan apply kerjaan biar cucok.

4.  Ambil sertifikasi TOEFL
Begitu mau lulus ekstensi, saya ambil tes toefl di EEP berhubung waktu itu di UNPAD gak ada, catet ya sebel hehe, waktu itu tahun 2008, murah aja kok cuma 50 ribu, EEP terletak di jalan dago deket bank mega, institusi bahasa Inggris yang cukup terkenal di Bandung. Kenapa ambil di sini ya murah. Begitu tau hasilnya 560, ok deh untuk ukuran anak sasing yang kudunya minimal dapet 550.

7. Les Bahasa Inggris di LIA
Waktu SMA kelas 1 saya ingin les bahasa Inggris seperti layaknya teman-teman, akhirnya placement test di LIA masuk Basic 1. So have fun, mungkin ini lah les yang paling berguna sepanjang hidup saya. Waktu dulu Lia masih terletak di dago deket taman flexi alias jurrasic deket dunkin. Biayanya lumayan sih dan banyak biaya lainnya kalau di Lia kaya kalau telat bayar denda, pindah kelas bayar, pindah jam ujian bayar *rempong deh. Saya les di LIA sampai Basic 4 aja karena waktu itu pilih bimble di SSC yang dipikir gak guna deh tau gitu les Inggris aja heus. So have fun back then ;)

6. Bimbel lainnya saat sekolah
SD kelas 6 ambil bimbel di GO buah batu, pulang try out maennya ke Griya, makannya burger mcd haha. SMP kelas 3 ambil les di SSC buah batu juga, bolos nya ke Griya sama MCD hahaha. SMA kelas 3 ambil les lagi di SSC dago, bolosnya nonton dan pacaran di IP wekwew. Ini bimbel sebenernya gak efektif banget sih, gw sering ngantuk, nyontek ngerjain soal, tiap try out juga hasilnya blee padahal bokap udah keluar uang banyak ya hiks hampuran anakmu ini gustiiii.

Ohya waktu SMP pernah les matematika sama guru yang emang ngajar di kelas, enak suka dapet tipe soal yang sama pas ulangan jadi bagus deh nilainya, ni efektif juga gak sih sebenernya. Dan waktu SMA kelas 1 apa 2 ya les mafiki sama guru privat hmmm ya gitu deh mungkin hanya berpengaruh sebanyak 20% atau 10 *gubrak.

Comments