Tuesday, 17 November 2015

have you invest your fund?

Sesungguhnya saya menyesal saat dulu punya tabungan belas juta *sombong :D kenapa sih gak saya depo in? kenapa gak saya invest? ah tapi dananya udah dipake kewong!!

Kemudian saya kembali menyesal saat hitung uang angpau kawinan, kenapa gak dipinjem dulu buat DP apa kek mobil kali ya atau motor ahaha tapi ya gue mah emang gak tega an orangnya kalau dapet duit banyak, buat mama aja :D

Sekarang dana tabungan belum sampe 10 juta hey, susah ya pasti ada aja ini itu terutama keperluan bocil, mumpung di lapa sendiri mau jualan ya gpp hehe.

Anak saya asuransi pendidikan di prudential tahun kemarin sih baru lah, kalau kemarin preminya masih 350 ribu, mayan lah gak engap teuing kalau sekarang minimal 400 tapi kalau mau benefitnya banyak ambil yang 500 aja. Banyak orang Indo yang males sama asuransi, sebenernya bukan males sih tapi lebih ke gak punya uang ahaha, padahal mah coba 500 ribu bagi 30 hari berapa duit:

 hanya 16,700 sajaaa

sok jajan baso berapa sekarang, yang murah masih dapet 10 ribu
ke mall berapa sekeluarga 100 ribu lebih atuh ai mainannya pvj or tsm mah

padahal hanya 16 ribu sekian ya anggap aja atuh beli chatime ahaha lebih murah malah, emang kalau per bulan 500 tampak lelah, duh gimana ya, belum bayar listrik telepon, belum bayar cicilan rumah mobil, belum beli susu pampers *problema ibu ibu tapi kalau dilihat sebenernya cuma 16,700 sehari aja atuh sebenernya mah cetek.

Trus ada yg bilang rugi aspen mah mending reksadana, ya mungkin benar tapi basically sama aja kalau investasi itu ada biaya yang dikeluarkan jadi ya gimana kitanya. Memang sih utk aspen itu nabung jangka panjang which is 10 tahun tapi tahun 3/5 uang tunai sudah terbentuk dan bisa diambil meski belum banyak.

Atau kalau misal punya tabungan 3-5 juta yuk mending direncanakan, gimana caranya:
Misal pasutri bisa menyisihkan 3 juta dari kedua gaji ditambah dengan uang tabungan 2 juta misal jadi 5 juta (misal anda mulai nabung di bulan Nov ini)

Di bulan Desember dana 5 juta + 3 Juta (gaji Des) = 8 Juta

Ada bonus akhir tahun nih 2 juta coba ditambahkan jadi 10 Juta ya

Nah PR anda adalah 2 Juta yang bisa disisihkan dari gaji Januari 2016 terkumpulah 12 Juta, FYI buatlah tabungan KU program Bank Indonesia dimana tak ada potongan biaya dan kartu ATM (di beberapa bank) sehingga dana 12 juta anda akan berbunga tidak berbunga sama sekali *pilihlah bank dengan bunga besar contoh BOII :D.

Jika anda mempunyai dana 12 juta, drop dana sekali investasi di asuransi yang disebutkan di atas :D, insyallah minimal 5 tahun dana anda bisa 20 jutaan bahkan lebih. Lumayan kan coba disimpen aja di tabungan berkurang biaya admin dll ah gak maju-maju atuh.

Monggo yang mau konsultasi financial planner dengan saya boleh yaa ;)

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...