comments: Bandung Montessori School

Sebagai seseorang yg pernah nimbrung di dunia pendidikan selama 4 tahun, menurut gw, early childhood cukup penting, memang ada beberapa sekolah dimana materi pendidikannya cukup berat untuk usia balita tapi most of them are ok. Seperti di HIPY School tempat kerja gw dulu, materinya cukup berat karena mereka impor buku dari Singapore, Pre Nurs class sudah belajar tracing, ada peer dan lain sebagainya.

So far dari tahun kemarin faya trial dan berkegiatan, sekolah nya are easy and fun. Tadi faya trial di Bandung Montessori School, terletak di komplek dago asri no. 24, kompleknya masuk persis di sebelah sekolah Darul Hikam setelah simpang dago. Ternyata sekolah ini masih satu yayasan dengan Kartipah, tempat wedding yg terkenal itu.


Setau gw, BMS adalah sekolah montessori pertama di bdg yg cukup qualified dan sudah mendapat izin dari pemkot bandung, their class start from 2 yo until kindergarten class, jadi sekolah lain yang serupa perlu ditanya their experience, is that true their started from school or just child activity hehe. Untuk tuition fee nya ya memang mahal tapi kayanya udah standar deh dengan harga segitu.



Berhubung gak sempet foto kelas, foto playground nya aja.

 #sekolahbandung



Playgroup (2 years old)
Register 100 ribu
Enrollment Fee (Uang Pangkal) 8,5 Juta *kalau masuk tk bayar lagi
Tuition Fee per 2 Month 1,6 jt an
(termasuk seragam & snack)

Jadwal sekolah PG seminggu 3x jam 08.30 - 11.00


*biaya blm termasuk field trip, graduation and other activities


Untuk kegiatannya standar montessori lah ya, tadi berhubung faya anak nenek haha, jadi gw tunggu di luar aja daripada terjadi drama berdarah tangisan haha, sblm masuk anak-anak boleh main di playground kemudian cuci tangan lalu kumpul di satu kelas digabung kelas PG dan KG, ada 3 anak bule nya loh ahaha *gagal fokus.


Kemudian introduction, calendar time, nyanyi baru dipisah ke beberapa kelas. Tadi cukup seru karena ada sesi yoga hihi tapi gw gak liat karena gak enak juga keseringan ngintip, kemudian pindah kelas untuk montessori time, snack time dan kembali lagi montessori time. Lumayan deh waktu 2,5 jam cukup lama utk usia anak 2 tahun.


Tadi beberapa anak ada yg nangis karena emang baru ditinggal heuheu tapi biasa lah itu dan so far sih bagus cuma emang mahalida jadi off the budget, cuma seru aja buat gw untuk trial seperti ini karena selain ngintip aka nyontek konsep sekolah, ya pengen tau juga interaksi anak. 


Untuk fasilitas tentunya selain alat dan mainan montessori, they only had 3 classes, pas masuk ada ruangan kecil utk nunggu dan admin, di tengah mereka punya playground yg lumayan besar dikelilingi kelas, di belakang jg ada mini playground utk slides kecil, rumah2an dan lainnya, enak homy tempatnya. Mereka punya binatang peliharaan ayam, kura-kura dan beberapa fish tank di dlm kelas.


Kenapa sih sekolahin anak dari bocah? mungkin kata sekolah terlalu formal yah, intinya sih berkegiatan aja tapi memang di sekolah anak akan belajar berdisiplin, bersosialisasi dan keteraturan, gak sembarangan and you wont get that from regular playground at the mall and mall are more expensive I think haghag *gw aja yg pelit apalagi klo byk duit beuh udah ikut sana sini lah kali, engga deng cape kasian bocah nya.

Comments

Unknown said…
Hi salam kenal. Boleh tau ga biaya bulanan nya brp? Trs faya jadinya preschool dmn?
Puti said…
Halo bun Melia, spp nya 1,6 juta per 2 bln, anaku skuk di little hand / wonderkids di jl buah batu krn lebih dkt dan utk stimulasi motorik kasar dulu aja
Unknown said…
bun anaknya umur brp?bsk mo coba trial juga dibms, kmrn smpet trial juga ditunas tangguh..kbtulan anaku udh 3thn tp motorik kasarnya msh kurang baik, aga galau bingung mo msk preschool yg konsepnya sperti apa..
Puti said…
Anaku 2.8 masuk ke lil hand utk motorik kasar bgs.. Montessori lbh byk motorik halus sih ya tp ya gpp coba aja cuma klo anaknya aktif sprtnya kurabg cocok ;)
Anonymous said…
Π…weet! Thanks for thiΡ• review!