Saturday, 16 January 2016

kenapa sekolah mahal banget?

Ketertarikan di bidang pendidikan memang udah dimulai dari dulu, mungkin karena lulusan sastra Ing identik dengan menjadi guru, setelah beberapa research, kenapa yah biaya masuk sekolah itu bisa mahal bangettt?? terutama swasta, kalau sekolah negeri memang sudah digratiskan sejak lama yg dicetus gubernur jabar, pak Aher, tapi menurut gw kualitasnya sedikit berkurang, jam 11 udah pada bubar hmmmm.

Kalau untuk tingkat SD sampe SMU memang gw juga kurang tau banyak, yang pasti jaman gw sekolah mah masih murah, masuk cuma ratusan ribu, spp belasan ribu, di jamannya yah ahaha aka 90an. Kuliah juga kebeneran masuk diploma di Unpad juga gak terlalu mahal deh spp masih 750 ribu di saat yang lain udah mencapai jutaan rupiah.

Nah untuk pre-school sedikit lebih tau, pertama kali kerja tahun 2008 di Jakarta dengan sekolah baru namun ukuran fasilitas masih kalah lah. Biaya masuk itu 5 jutaan, term fee nya sekita 2-3 juta. :'D udah mahal sih, pindah Bandung di taun 2011, biaya masuk playgroup lokal yang fasilitasnya lebih minim lagi hmm 3 jutaan, term fee nya 600-900 rb an.

Sekarang super banget, memang pas punya anak sengaja gw masukin beberapa trial dan kegiatan, range masuk pre-school mulai dr yang international ala ala haha sampai yg lokal adalah:

3 juta sd 12 juta *buset yaahhh hahaha
term fee nya 1 juta sd 5 juta an

kenapa ya bisa mahal gitu??

Ternyata memang setelah kemarin memulai usaha di bidang pendidikan, SDM yang paling banyak makan cost, sebenernya utk mainan dan fasilitas seperti ayunan dan perosotan bisa jadi modal investasi karena bisa dijual lagi kalau perawatannya bagus.

SDM means guru, untuk admin bisa di cut low cost, tapi guru ya minimal gaji nya pasti UMR dong, tahun ini juga udah 2,6 juta, kalau misal satu kelas cuma nerima 10 murid dengan range spp 500 ribu sebulan berarti gross income nya kan, 5 juta, guru 2 aja udah abis di gaji guru kan, makanya biaya masuk nya mahal, owner ngejar target juga, dan selain itu owner yang komersial, kebanyakan emang seperti itu. Padahal untuk usaha di bidang pendidikan menurut gw mah lo gak bisa sekomersil itu, ya cari untung mah wajar, dimana mana kita juga kerja cari uang tapi kalau sampai uang masuk 12 juta untuk lokal preskul dan experience nya under 8 years, hmm agak terlalu ..

Solusinya untuk SDM guru adalah, part time and we can manage it properly, misal, kalau jadwal sekolah masih seminggu dua kali, guru bisa masuk 3 hari aja dalam seminggu, 2 hari ngajar, sehari prep activity, lalu kalau pulang sekolah jam 11, guru bisa udah pulang jam 12. Memang sulit, gak ada orang yang mau, kita bisa mengubah target, cari mahasiswi tingkat akhir atau ibu rumah tangga yang bisa meluangkan waktunya untuk ngajar beberapa jam saja.

Kalau owner sekolahan anak gw sangat smart, jadi awalnya center nya disponsori oleh merk susu formula terkemuka, setelah abis kontrak, owner ambil alih buka preschool, makanya mereka bisa terima dengan biaya masuk 500 ribu free kaos dan spp 250 ribu untuk jadwal sekolah seminggu sekali.

Tapi susah juga, karena hari gini semua komersil..

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...