Tuesday, 16 February 2016

langkah akhir: JHT Cair

Finally si dua JHT cair haha, alhamdulilah.

Jadi setelah beberapa kali bolak balik dari akhir Januari akhirnya semua udah cair pas kmrn 15 Feb *fuihh* dari jumlah 4 kantor, 4 taun, sebesar 6,***,*** lumayan yah bisa ke Thailand nih *asek.

Jadi saya rekap ya apa saja yang harus dilakukan dan prepare:
1. Siapkan copy surat referensi kerja datang ke disnaker Jl Martanegara
*clue tempatnya persis di sebrang BPJS JHT jl lodaya dan fyi mereka buka jam 9an
Lalu datang ke petugas di depan pintu udah ditulis untuk bpjs, kasih copy surat ref nya minta bukti ketenagakerjaan disnaker untuk pencairan bpjs *kalau bego tanya aja, nanti mereka kasih semacam form yg udah diisi petugas.
2. Scan semua dokumen yang dibutuhkan
KTP, KK, KARTU BPJS, SURAT REF, BUKTI DISNAKER & COVER BUKU TAB
3. Selesai scan, masuk web nya, kalau bego *gugel aja ke mbah, e klaim bpjs jht, login dengan cara memasukkan no peserta bpjs yang tertera pada kartu, isi data yang diperlukan, pilih aja bpjs lodaya karena yg antri lebih manusiawi, dan upload hasil scan.
4. Submit, jika berhasil nanti akan ada balasan email, terima kasih data anda akan kami verifikasi silahkan menunggu email selanjutnya paling lama besok nya.
5. Email kedua, data anda sudah sesuai, nah print hasil email tsb dan mereka akan mencantumkan link dalam email, print juga. Kalau belum sesuai ya ada yang salah, diperbaiki aja sampe bener haha sesuai instruksi dlm email.
6. Copy semua dokumen tadi susun yang rapi beserta asli nya, bawa folder bening dan di klip yang rapi pokoknya haha, jangan lupa bawa ASLI
7. Datang ke BPJS Lodaya jam 06.30 pagi karena kalau siang gak akan dapet antrian, nanti kumpulin di meja satpam, pertama diperiksa satpam kalau ada dokumen yg kurang atau gak sesuai biasanya diteriakin haha, kalau sesuai ya udah tunggu aja sampe jam ops buka.
8. Biasanya sekitar jam 8 pagi akan dipanggil untuk e klaim ,entah dipanggil satu satu atau barengan karena kmrn nyairin dua kartu beda prosedur haha, tunggu aja sampe dipanggil CS di dalem.
9. Setelah dipanggil, verifikasi dokumen asli lagi, kalau sesuai dan ok ya gak ada masalah, paling ditanya tanya, banyak senyum aja tapi jgn terlalu keliatan bego nanti ketauan takutnya, tunjukkan bahwa itu uang dan hak kita dan mereka juga dibayar dr uang kita aihhh.
10. Ok semua, tinggal foto di pc CS ada kamera untuk bukti takut disalahgunakan, udah deh pulang, pengalaman kemarin uangnya cair setelah 2 hari kerja, wiken gak diitung.

Yah lumayan deh meski bolak-balik karena saldonya agak gede kalau kecil mah sabodo teuing haha, dan kalau cuti sambil kerja agak sibuk karena pasti bolak balik kalau mau pake calo deh aka minta tolong orang sampe antri yg terakhir jadi bisa dateng sekitar jam 9/10 pagi.

Sekian dan terima kasih.

2 comments:

Syarief Ahmad jauhar said...

alhamdulillah :D

Puti said...

haha mungkin nanti klo punya jht akan beda lagi proses pencairannya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...