Thursday, 24 March 2016

20 Juni 2013: worked for google project


#throwback #workedforgoogle

Sejujurnya sedikit tidak menyangka saya diberi kesempatan utk join google project di Jakarta mengenai speech data utk bahasa Indonesia. Bbrp bln yg lalu saya mendapatkan email dr milis translator mengenai google project di Indonesia dimana persyaratannya adalah sarjana linguistik.

Dengan modal ijazah unpad tercinta apply lah saya, bbrp waktu kemudian email2an lah kita dgn project manager yg notabene orang jepang namanya Casey, sbnrnya namanya Kanon tapi nick nya Casey, shes very sweet btw. Casey was ask me to do a web cam interview, dan galau lah saya krn di kantor laptop ada dan dipakai bbrp org akhirnua berdalih bahwa sibuk *heu, dan udah pasrah ah gw moal masuk biar aja deh.

Akhirnya doi minta phone interview dan lancar jaya, she was seem ok and fine with me dan dia bilang saya akan join project nya wah lumayan juga yah hahaha. Lamaa gak ada kabar project said was pending, hmm ya udah deh secara saya jg lg hamil muda.

Eh tetiba dapet email bahwa anggota project adalah abcd, tyt 3 org adalah alumni unpad, seorang mahasiswi master ui, seorang anak uph dan manajer nya adalah dosen ui booo. Betenya mereka bilang dadakan kita harus ke spore utk one day training, hmm 3 weeks for paspor seem so hard. Dan bener aja, paspor saya gak beres bahkan *hampura ya mama, sampe nyokap kudu bolakbalik bdg buat ambil ijazah sma, krn ijazah sarjana saya cuma mencantumkan 2 nama dpn sdgkn nama akte dan ktp panjang endebrai endebroy.

Akhirnya krn niat awal emang bukan utk ngejar ke spore tp pgn kerja lagi, nego sm Casey that I wont be join for spore trip untungnya dibolehkan jadi saya cukup datang ke kantor Jakarta di senayan.

The worst thing dari awal udah dapet hal yg gak enak, ke spore nya kita harus pake uang sendiri dulu baru nanti direimburse, hmmm takut ditipu dong akhirnya saya memutuskan meeting dg sesama  project staff utk membahas dan saya minta utk tiket pergi di provide dulu krn gak make sense.

they finally bought us ticket returns and also hotel hehe gitu dong jgn mau dibodo-bodoin dong. Lancar jaya stlhnya tyt banyak defect dr si si project ini:

*udah terkenal klo gugel project pasti akan menggunakan vendor bahkan ktr awal di jkt mereka sewa sama office mgt dimana vendor tsb memang punya satu lantai dg banyak ruangan dan tiap ruangannya bebas disewakan utk banyak perusahaan hmm.

*vendor project lebih lucu jadi project ini dihandle oleh asia pasific, mereka hire vendor di china which is far away yah, vendor ini gak py rep di indo mereka hire lagi vendor di bdg yg juga penerbit buku hmmm

*the last one was salary, vendor said all staff will get the same one kenyataaannya enggak malah ada yg beda sampe 2 kali lipat, gak fair dong and our first salary was postpone to the next mo

Tapi meski hanya join sebulan brg ada partner si natasha hehe, tapi i feel cool, so this project is data speech for bahasa Indonesia, tugas kita adalah menganalisis data bahasa indonesia dgn menggunakan in house tool software. Tujuannya apa, Indonesia adalah pengguna internet terbesar di dunia, mbah g ingin expand their language to Indonesia, tau produk google kacamata canggih nah mereka ingin add bahasa Indonesia ke dalam perangkatnya.

the coolest thing:
google office is designed witn very cool enviroment, colorful cherfull bean bag vending machine etc.

outfit jelass free mau pake sontog rambut merah gak masalah.

we get free trip krn asia rep ada di spore rata2 pada ke sana utk training eh ternyata kita kesana kmrn cuma ambil macbook loh jiahaha.

we get macbook for work yeay, gaptek orang biasa pakenya windows cuu.

free snack and lunchhh yeayyy, unlimited snack tp klo lunch biasa sistem reimburse makanya sebulan disana gaya bener deh gue yg biasa makan warteg pasti makan di plaza senayan muahaha eh tapi mcd gitu2 juga sih gue.

hmm apalagi ya budaya nya muda dan bergaya jadi senang bisa kenalan sama manager dr us, jepang dan country director nya pak rudy di indo.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...