Wednesday, 9 March 2016

pre-schoolers

*dikejar deadline*
*bohong, cuma karena modem abis kuota jadi entah mau nulis apa*

Mungkin karena pertama kali kerja, ngajar kursus bahasa Ing deket rumah, maka berikutnya juga jadi tau sedikit beberapa info sekolah/ preschool di Bandung yaitu:

1. Town for Kids
Dulu letak preschool nya di Jl. Cimanuk tapi sekarang udah pindah ke Kosambi aka Jl Ahmad Yani, kalau gak salah dulu owner nya Ms. Shanny, sempet kerja disana karena ada project utk BBS, dulu gabung tahun 2008, jadi udah lumayan lama ya sekolahnya, kalau gak salah franchise dari Sgpr, mereka juga menggunakan bahasa Inggris, Mandarin dan Indonesia sebagai pengantarnya, jujur aja kurang tau banyak ttg metode sekolahnya namun untuk fasilitasnya cukup banyak karena tuition fee nya juga lumayan :D

2. Gymboree/ Kidsville
Sekolahnya masih di daerah Setiabudi deket Rumah Mode, salah satu owner nya adalah pendiri BBS Bandung juga makanya tau sedikit. Gymboree sendiri lebih fokus pada motorik kasar anak and they kinda call "baby gym" dimana programnya sendiri mulai dari bayi usia 6 bln :D. Kalau kidsville untuk anak yang lebih besar.

3. Bina Bangsa School
One of Christian and International School in Bandung yang terletak di Dago Pakar, jauhhh banget pokoknya ke atas lagi setelah Jl Rancakendal. Berdiri tahun 2008, sempet ikutan project dan lainnya pas sekolahnya sendiri belum jadi :D. Jaman dulu tuition fee nya udah sampe 3000 us dollar :D. You know this one from their name.

4. Quantum aka Pascal Montessori
Sekolahnya sendiri dulu terletak di pasir kaliki dan martanegara, kemudian center di martanegara pindah ke talaga bodas. Nah saya sendiri sempet jadi admin di sana, mengedepankan metode montessori, pada awalnya sekolah ini adalah tempat kursus bahasa Ing dan kursus anak lainnya. Kemudian berkembang ke playgroup dan kindergarten. Sekarang namanya berubah menjadi Pascal Montessori terletak di Jl Guntur deket burangrang. Nice Comfy place, rumah lama yang disulap menjadi sekolah montessori. Tuition fee nya cukup bersaing, uang masuk sampe 12 jutaan, term fee nya 5 jutaan :D. You can check their place.

5. Little Hand Little Center/ Wonderkids
Terletak di Jl Buah Batu 40 arah bawah menuju UNLA, dulu tempat ini adalah SGM Learning Centre. Sekolahnya sendiri untuk anak 1-3 tahun lebih fokus ke motorik kasar tapi untuk umur 4-6 tahun sudah mulai diarahkan untuk tracing dan art&craft. The super one is they only charged the parents with registration fee, Rp 500,000 include tshirt. Menurut saya biaya segitu sangat sangat terjangkau dengan fasilitas mereka yang cukup lengkap, ruang ber-ac, mandi bola dan sedorotan, stimulasi motorik kasar, ruang kelas anak, dll. Monthly fee nya berapa, untuk yang sekolah seminggu sekali hanya 250 ribu rupiah saja.

6. Home Montessori Indonesia
Terletak di Jl Cibuni, dari namanya sudah bisa ditebak kan metode yang mereka pakai adalah Montessori. Sekolahnya cukup baru kalau gak salah berdiri taun 2013. Tuition fee dan term fee nya adalah 2,5 jt an *term fee per 3 bulan. Gak terlalu mahal lah ya untuk ukuran sekolah montessori, cuma sekolahnya tiap hari dari Senin sd Jumat dari umur 2 sd 5 thn, agak cape untuk anak usia kecil.

7. Bandung Montessori School
Sekolahnya berdiri dari tahun 2001, terletak di Dago Asri, dekat darul hikam bdg, pernah saya review ya sebelumnya. Setiap tahun mereka hanya menerima 2 kelas kalau gak salah, cukup mahal uang masuknya 8 jutaan dan term fee nya nanggung setiap 2 bln, 1,5 jt. Sekolahnya bagus tapi buat saya yang middle ya gak masuk budget dong.

8. Sequoia School
Awalnya preschool ini terletak di Jl Bengawan, kemudian dua tahun lalu mereka membangun gedung sekolah baru di Jl Aceh, kebon sirih dan membuka primary school aka SD. Pernah saya review ya sebelumnya krn anak saya juga trial disana. Biaya mahal memang tapi make sense karena gedung baru dengan fasilitas yang cukup lengkap.

9. Neverland CLC
Terletak di Jl Kembar Baru 40 (sebrang SMUN 11), awal perkenalan dengan owner karena apply di sana cuma karena belum berjodoh jadi gak kerja disana. Kemudian saya iseng nawarin blog review dan akhirnya kerjasama promosi hingga saat ini. Enrollment fee nya kurang lebih 5 jt an, tuition fee nya berbeda sesuai dengan usia anak, sekitar 3 jt an per 3 bln. Sekolahnya sendiri menyediakan daycare, baby school, playschool hingga kindergarten. Fasilitas playgroundnya cukup lengkap ada mandi bola, slide and swing set, arena main pasir, dll.

10. Tunas Tangguh dh Tumble Tots
Di bdg letaknya di Jl Maulana Yusuf belakang Dukomsel Dago, uang masuk untuk dibayarkan di awal total 4 juta (reg, dev fee, member fee), monthly fee nya untuk jadwal sekolah seminggu tiga kali 725k.

11. Stamford
Salah satu sekolah independen di bandung yg menggunakan kurikulum cambridge, awalnya sekolah ini adalah SIS di tahun 2007 namun mengalami perubahan manajemen sehingga di tahun 2009 menjadi Stamford. Biaya sekolah untuk level primary atau SD tahun 2016 kurang lebih 80 juta setahun *lol*, mahal yahh haha, karena selain menggunakan kur cambridge, juga guru-gurunya adalah ekspat alias orang asing dan fasilitas sekolahnya juga cukup luas.

Lokasi nya di Citra Green Dago, dari terminal dago sebelum dago pakar, belok kiri turun ke bawah arah kompleks Ciputra. Level sekolah mulai dari Pre-N usia 2 tahun hingga SMU atau Jr College.  

Info sekolah lainnya yang baru dikunjungi sekilas atau belum sama sekali adalah:
PG TK ArRaffi di Jl Peta, Tumble Tots di Dago, Galenia di Dago, Tutor Time di Dago juga :D, High Scope di Dago juga ahaha, Gagas Ceria, Binekas, dll

Info rumahbermain (kegiatan dibayar per kedatangan tanpa beban spp dll): jejakecil di bukit dago, kindjie di gerlong, pelangi di ciwastra, rumahbermaindolandolan di salendro.

*dilanjutkan nanti krn mata udah agak sepet*

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...