Tuesday, 26 April 2016

observe English class


Kali ini saya berkesempatan utk observasi Eclass di salah satu tmpt di bdg *dirahasiakan.
Mungkin jika ditawarkan 4-5 th yg lalu saya akan malas namun saat ini malah saya tunggu because it means I get free knowledge and skill yg penting syaratnya satu gak terlalu jauh dari korea aka kopo area dikrnkan perngangkotan.
I was get in 3 class today, the place was focused on phonics teaching system, jadi diajarkan secara fonetik or sounds of words for example, A sounds ah, B - beuh, dll saya tidak hafal.
Sistem ini sebenarnya sudah dipakai sejak jaman kerja di preschool kelapa gading dulu but since Im not E teacher so Im not fond of it.
Kelasnya sendiri berdurasi satu jam, kelas pertama sepertinya masuk level usia 4-5 th, 15 menit pertama anak dibebaskan utk bermain puzzle atau membaca buku sambil sesekali menyebutlan vocab. Setelah itu anak anak melihat papan yg ada di dalam kelas dengan berbagai gambar yg dikelompokkan secara alfabet. Kemudian guru menunjuk anak satu persatu menyebutkan vocan sambil menyebutkan sounda od words, oh ya ini berbeda dengan spelling ya.
Sesi ini dilakukan beberapa kali, maksimal anak per kelas 5 org, beberapa anak teuteup ya book ga bisa diemm. Setelah itu sesi menyebutkan vocab dengan media flash card, hampir sama. Selesai deh :"D
Untuk kelas yg lebih besar metode nya kurang lebih sama cuma ada buku untuk kegiatan tracing mewarnai menggambar dll.
Beda guru beda metode, ada yg lebih insentif hingga beberapa kali pengulangan ada yg juga yg tidak, ada yg diselingi oleh kegiatan mewarnai dll nya.
Sekian observasi hari ini.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...