observe KG class

akhirnya saya berkesempatan juga observe the real class in kindergarten level in one of school in bdg *dirahasiakan.
jujur aja pengalaman 7 th lalu sudah agak lupa waktu kerja di preschool daerah kelapa gading dan memang krn status saya admin yg meja kerjanya di bawah jadi paling sering asist toddler class dimana kegiatannya lebih byk sensory motorik.
sedangkan utk kelas montessori memang agak sedikit berbeda, anak dibebaskan utk memilih media belajar sambil bermain, guru kebanyakan hy memperhatikan anaknya, selain itu juga tetap ada basic calistung
nah kemarin sebenernya tugas saya hy utk story telling, agak deg-deg an juga, meski bisa tapi gak jago cuma sekedar bisa.
kelas dimulai dengan berkumpulnya anak-anak dan guru sudah menyuruh anaknya duduk sesuai instruksi, greetings pray and nursery rhymes
setelah itu baru giliran saya story telling sambil interaksi dengan murid, hmm not so bad lah hehehe ^^v
setelah itu saatnya menulis, metode yg dipakai adalah dikte, guru mendikte 10 kalimat bhs indonesia dan 10 kalimat bhs inggris, krn sy memperhatikan di belakang ada beberapa anak yg memang cepat tanggap dg tulisan yang menurut saya cukup rapi ada juga yang msh harus catch up
saat sdg memperhatikan saya diminta main teacher utk khusus mendampingi satu murid yg memang membutuhkan waktu lebih lama dr temannya utk menulis, hehe butuh ekstra 90% kesabaran dalam hal ini pdhl mgkn klo di rumah ngajarin anak udah switch kegiatan kali ya *lol*
disaat temannya sudah selesai 20 kalimat, sy br memberikan 10 kalimat bhs indonesia yg sederhana, mgkn hrs byk berlatih ya tp sbnrnya dia bisa kok :)
setelah itu kegiatannya break, makan bekal, gosok gigi kemudian bermain
setelah main back to class, berhubung hari senin jd kebanyakan teori yg dipelajari, kali ini belajar membaca jam atau waktu, anak tracing jarum pjg pendek dan memilih jam sesuai instruksi, ada bbrp anak yg msh kesulitan menentukan menit
I forgey how boring are school yahh, saya ingat ketika sd saya juga males copy paste pelajaran nulis di bhs indonesia kadang suka skip kalimat loh ahahaha, itu gurunya ngeh gak yah, sy gak pernah cek ulang juga, poor you kg kids now you already write sentence yg mgkn melelahkannn haha itu mah saya.
setelah itu kegiatan membaca buku, bebas baru sepertinya nursery rhymes dan pulang.
seperti itu pengalaman observe class kemarin, seru ok :D
semoga bermanfaat
oh ya bagi parents yg mungkin merasa anaknya tidak secepat anak lain dlm teori di sekolah jg khawatir, jg terlalu di push, yg penting bisa mengikuti, parents should see others thing in kids, mungkin di calistung dia masih catch up siapa tau di artcraft atau musik dia lebih berbakat, banyak sekali potensi yg bisa digali, just share *bukan sok tau atau ahli, keep reading and selow.

Comments