Thursday, 15 December 2016

Stamford School

Stamford School adalah salah satu sekolah independen di Bandung yg terletak di jalan Citra Green Dago Atas. Jika anda bingung, dari terminal dago sebelum dago pakar, anda belok kiri ke bawah jalan yang curam menuju komplek ciputra kurang lebih 100 m.

Semenjak kasus JIS, label sekolah internasional tidak disarankan maka dari itu diganti menjadi sekolah independen. Sama seperti sekolah taraf "internasional lainnya", Stamford menggunakan kurikulum Cambridge. Namun Stamford tidak ada afiliasi dengan sekolah lainnya bahkan dengan Stamford Singapore School. Di tahun 2007, awalnya sekolah ini adalah Singapore Ind School atau lebih dikenal dengan SIS, dikarenakan adanya perubahan manajemen, di tahun 2009 berubah nama menjadi Stamford School. SIS sendiri sempat pindah ke Jl Ranggamalela, eks kursus LIA atau sekarang ditempati oleh kampus UNISBA.

Stamford School mempunyai fasilitas sekolah yang lengkap seperti ruang kelas yg nyaman, soccer field yg luas, kantin, area tenis meja, cooking area untuk murid, outdoor playground, basket hall sekaligus aula yang besar, perpustakaan, laboratorium, dan lain sebagainya. Gedung sekolah di desain sedemikian rupa sehingga sangat nyaman bagi anak untuk bersekolah di sana, dengan udara pegunungan di Bandung dan ruangan yg cukup terbuka membuat suasana lebih nyaman lagi.

gambar diunduh dari web sekolah Stamford

Stamford School mempunyai level yang dimulai dari Pre-School, Pre-Nursery usia 2 tahun, Kindergarten atau TK, Primary, Secondary dan Junior College. Saat observasi di sana, cara pengajaran nya sangat menarik, guru-guru yang mayoritas ekspatriat dari negara Filipina mempunyai konsep pengajaran praktek. Menurut saya, sistem pendidikan konvensional yg banyak diterapkan di sekolah negeri lebih condong ke pemaparan teori tanpa praktek yang tentunya akan lebih sesuai dengan anak-anak masa kini. Di Stamford, anak-anak diajarkan untuk presentasi, praktek untuk mengasah skill yang mereka punya. Project sederhana untuk level primary-1 adalah membuat rumah dari kardus, bahasa simplenya rumah barbie ya, menurut saya hal tersebut sangat seru. Di level P3, anak membuat ekosistem per grup misal hutan, salju, air, dan lain sebagainya. Anak-anak dituntut untuk kreatif.

Kelebihan lainnya yaitu bahasa Mandarin yang menjadi pelajaran wajib, guru nya juga merupakan orang Chinese yang certified dan telah berpengalaman mengajar. Selain itu, keanekaragaman dari warganegara asing membuat anak dapat berbaur dengan mudah. Pelajaran agama yang tidak didapatkan di sekolah independen lain diajarkan di Stamford dengan membagi anak per kelas per agama setiap 1 bulan sekali di hari Jumat pagi.

Untuk informasi lebih jelas silahkan hubungi:
Stamford School
Citra Green Dago Atas
022- 251 5255

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...