Tuesday, 25 April 2017

Montessori -Puti-

*draft ini berdasarkan yg saya dapat dan ketahui selama ini bekerja di bbrp pre-school sejak tahun 2008, jika terdapat perbedaan informasi mohon dimaklumi #terimakasih*

·         Apa itu Montessori?
Montessori adalah sebuah metode pengajaran anak di usia dini yang diprakasai oleh Maria Montessori yang menemukan metode itu sendiri. Beliau adalah seorang akademis pd abad ke-18 di Italia. Beliau merasa bahwa anak-anak memerlukan pengajaran lain dan saat melihat anak-anak dengan instingnya masing-masing dapat belajar mandiri dari kehidupan sehari-hari.

Montessori sendiri dalam pengajaran banyak menggunakan media atau alat namun kita dapat membuatnya dengan alat bahan yang mudah didapatkan di tempat umum. Sebagai pengajar dalam metode montessori, hanya sebagai observer yang mengarahkan anak-anak yang akan belajar sendiri. Pengajar memberikan contoh dan secara otomatis anak akan dapat melakukannya sendiri.

Montessori sendiri sudah mulai digunakan di Indonesia sejak lama dari tahun 90an. Namun di tahun 2006 banyak muncul pre-school yang mengadaptasi sistem Singapore dimana calistung lebih ditekankan sehingga montessori agak sedikit dikesampingkan. 2-3 tahun yang lalu muncul seorang ibu penggagas Montessori at Home sehingga mulai kembali digunakan oleh seluruh pendidik di Indonesia, beliau adalah Elvina Lim Kusomo. Beliau bahkan mempunyai website bagi seluruh pendidik dan ibu bahwa belajar tidak perlu ke sekolah, kita dapat menyediakan media montessori di rumah, beliau mengajak semua untuk menjadi member sehingga dalam periode waktu tertentu, kita mendapatkan arahan untuk mencapai target tertentu dengan menggunakan metode montessori.

·         Area Montessori:
1.       Exercise Practical of Life (dasar kehidupan sehari-hari)
Contoh: menuang air ke dalam gelas yg juga melatih fine motor untuk kemampuan menulis nya di level sekolah dasar.
Sortir objek untuk mengenal bentuk, warna dengan menggunakan pencapit/ sendok
2.       Sensorial
Tentunya media sensorial adalah untuk melatih fine motor, contoh yang mudah adalah tracing dengan menggunakan media pasir/ kertas amplas
3.       Cultural
Mengenal yang berada di dunia, contoh sederhana bendera dr berbagai negara, cuaca/ area di bumi, media peternakan dengan jenis hewan-hewannya.
4.       Language
Kita dapat membuat flashcard sendiri dengan aneka warna untuk pengenalan alfabet.
5.       Math
Pengenalan angka adalah basic dari area math.

·         Sekolah Montessori
Pre-school montessori based pertama di Bandung adalah Bandung Montessori School (Dago Asri) sejak tahun 2001, owner certified yg mengambil diploma di Montessori London. Media montessori di sekolah ini sangat lengkap.

Rumah bermain padi (Cigadung), pemilik adalah mantan guru di Bdg Montessori dimana sering diadakan pelatihan montessori dengan biaya yg cukup terjangkau namun sekolah ini lebih mengedepankan bahasa Indonesia sbg bahasa ibu.

Pascal Montessori, awal berdiri dimulai dari kursus bahasa kemudian mengembangkan mengenai children learning center di tahun 2009 hingga membuka kelas playgroup dan tk. Secara resmi menggunakan metode montessori secara penuh di tahun 2013.

Home Montessori, untuk ukuran sekolah montessori yg cukup lengkap dengan guru yg berpengalaman, sekolah ini memberikan biaya yg cukup murah namun sayang lokasi sekolahnya berada di daerah Katamso.

Sekolah lainnya yg adopt Montessori adalah Temasek Independent School dan I-Smile di Hegarmanah.

·         Montessori at Home
Saat ini kita dengan mudah mendapatkan media montessori dengan harga terjangkau dan sudah dapat dibeli di beberapa toko mainan contoh:
-          Puzzle adalah bentuk paling sederhana dari media montessori
-          Meronce bentuk warna dengan tali sepatu


Untuk DIY Montessori dapat kita dapatkan di instagram/ pinterest dengan mencari keyword #montessoriathome.

Tuesday, 18 April 2017

tv series: SUPER GIRL

So udah lama ya gak tv series 2 an :D, finally after 3,5 years, just dont ask why!
Jadi saya tau sih HOOQ itu apa, ya kali kirain bakal buffer atau bagaimana eh taunya asik haha, jadi mumpung ada bonus kuota HOOQ sampe 28 ribu kan gila kalau gak dipake akhirnya donlot lah di hp samsung punya ibundo (krn hp ai udah almost penuh).

Koleksi series nya emang gak terlalu banyak tapi bahagia banget bisa nonton
Supergirl
Scandal
Castle season 6
Two and Half Men

Ok Super Girl, udah tau kan dari judulnya, mungkin para empunya hollywood kebingungan mau ngulik apa lagi ya. Seperti yang sudah pernah ditonton dari mulai Superman Original jaman baheula di tahun 70/80 atau bahkan 60, kemudian favorit saya The Adventure of Superman & Clark yang menjadi tontonan hari Minggu pagi di SCTV (jaman 90an asik ya *ceuk angkatan masanya lol), Superboy, Smallville dan lainnya. Ini pun intinya spin off dari seri-seri tersebut.

Mengisahkan tentang Kara, sepupu Clark aka superman dimana saat ZorEl (nama asli Clark, klo big fan udah tau pastinya) dikirim ke planet Bumi, Kara pun begitu tidak lama kemudian untuk menjaga Clark karena usianya lebih tua. Namun berdasarkan cerita, space ship yg mengangkut Kara ke bumi nyangkut di black hole sehingga terperangkap selama beberapa tahun. Setelah sampai di bumi, Clark sudah dewasa dan menjadi Superman di Bumi, sehingga Kara pun tdk perlu menjaga Clark. Akhirnya Kara pun diadopsi keluarga dan hidup bahagia (caileh).
Move forward saat Kara sudah berada di dunia pekerjaan, dia bekerja di sebuah media mirip Daily Planet (lol) dan sering mendengar sepak terjang Superman, doi pun agak sirik gimana gitu karena sebenarnya doi juga punya kekuatan sebanding dengan superman. Hingga suatu saat dia pun menunjukkan kekuatannya di depan publik. Tentunya dengan bantuan teman-temannya, dia memakai kostum dan menamakan dirinya Supergirl.

Kurang lebih begitu ceritanya plot episode awalnya haha, shocking thing, I thought this Kara girl is Blake Lively, soalnya mirip bener beutt taunya bukan entah siapa, yg pasti yg jadi kaka angkatnya doi adalah si Leslie salah satu pemeran Greys dan bosnya adalah Ally Mcbeall, yeah muke muke lama haha.

Overall sih serial ini lumayan menghibur hati emak emak pemalasan macam saya lah ya, meskipun mudah ditebak plot dan alur ceritanya krn bagian dari spin off cerita aslinya tapi ya Ok lah cuma mungkin kalau saya mengira serial ini tidak akan bertahan terlalu lama. Let see lah ya.

Wednesday, 12 April 2017

makeup skincare hairproducts

are you makeup junkie?

Nope karena untuk memenuhi itu semua mahal cyin haha, sejujurnya eike gak jago jago amat dandan dan lainnya tapi emang kalau keluar rumah wajib bedakan minimal yah dan semenjak gawe memang sayang banget punya eyeshadow blush on kalau cuma dipake untuk kondangin. Seiring dgn berjalannya waktu bertambah usia produk make up pun bertambah satu dua tiga dan seterusnya *lol*, apalagi sejak awal 2016 jualan produk kosmetik, yg biasanya punya lipstik paling banter 2, sekarang lipstik gue ada 10 haha, eyeshadow juga punya 3 haha dan geus asa loba pisan (banyak).

Sejujurnya, gue dulu mungkin adalah haircare type of person kali ya, karena rambut ai agak gelombang aka kibo jadi udah nyoba bonding-bonding an semenjak SMU. Gak pernah puasa ke salon ah senangnyak mengingat masa muda wkwk. Tapi gak pernah pake produk yg mahal mahal sih karena budget nya udah habis untuk beli catokan 300 ribu dan biaya bonding 300 juga hahaha. Kalau jaman dulu setelah sampoan pasti pake conditioner *hingga saat ini, hair lotion, hair mask, hair straightener pernah coba cat rambut juga dan stlh few years kmrn coba cat rambut lagi *lol* #dasarstress.

Nah kalau soal skincare sebenernya akik bukan tipe yg ribet, yg penting rutin cuci muka pake pore cleansing krn bermasalah dengan pori di hidung dan komedo, susu pembersih dan toner that's it karena nyoba cream satu dua tiga gak pernah cocok, jatohnya ya klo gak jerawatan, gak enak di kulit. Produk lainnya ya paling masker an biar muka agak kinclong *ceritanya mah. Dasar instagram tuh bener-bener racun, ya kuota abis ya kantong bolong hahah alesan aja. Belakangan ini gue pun teracuni produk Laneige yg berasal dari Korea, meski produk ini mehong sebenernya tapi krn byk banget yg jual trial kit alias mini size nya jadi kan bisa dibeli hahaha.

Produk laneige yg pertama dibeli adalah Water Sleeping Mask, meski kulitku sebenernya kombinasi, daerah T hidung minyakan pori gede jerawatan dan pipi lainnya kering black spot tapi gak terlalu sensitif krn pernah coba bbrp produk alhamdulilah aman gak jd kacau. Padahal dulu jaman SD pernah perawatan ke dokter kulit krn alergi air jadi sebagian kulit di dagu bruntusan, jaman SMP gak kuat sinar matahari jadi seperti kena sunburn muka belang.

Ok balik lagi ke laneige, alesan saya beli si water mask ini karena katanya kan water based dan bahannya cucoks, terus belakangan ini kulit daerah pipi ada yg kering yg biasanya mempan oleh cream bayi kali ini tidak jadi belang bikin ai frustasi, setelah coba voila bener loh entah karena sugesti yg membantu juga wkwkw.

Untuk tahapan cuci muka skrg jadi nambah:
1. Pembersih muka msh pake clean&clear pore daily 
baru kadang pake multi cleanser laneige2. Micellar water Garnier utk eye makeup supaya gak kering
3. Milk cleanser + toner sariayu
4. Water sleeping mask laneige
5. Eye gel laneige

Kadang maskeran pake masker beras jadul haha dan masker beauty sempet dapet gratis

Ketagihan mak, yes, saya beli lagi water bank eye gel dan multi cleanser. Baru sekali pake karena small aka kicik pisan jadi diawet-awet *lol*. Untuk eye gel dari dulu bermasalah dengan kulit sekitar mata yg kering krn pake cleanser biasa dan kadang alergi suka gatel jadi mau coba supaya gak kering krn pemakaian eye shadow/liner/ maskara. Kita lihat yah hasilnya. Mupeng sih pore clay masker nya kayanya cucok buat hidung ku tapi mehongg huhu.

Wednesday, 5 April 2017

BNI Life Insurance

Sedih adalah jumlah blog hingga awal april ini cuma 4 saja, Gustii, kemana aja puti manira, while taun kemarin padahal udah memproduksi blog agak lumayan yaitu sebanyak 74 buah hahaha. Anyway taun kemarin beneran deh, drama bawang bombay semoga tahun ini lebih baik insyallah ya temp fix setidaknya utk satu tahun ke depan (gak muluk2 dulu) apalagi book ya liat kalender, puasa sebentar lagi sementara puasa itu identik dengan ibadah khusyu (prett).

Anyway, daripada curhat geje mending share sedikit tentang BNI Life Insurance (ini bisa minta royalti gak ya dari BNI haha *ngarep dot com). Setelah pusing sana sini, gak jadi lagi beli mobil (padahal yg bekas doang ya Allah) hahaha akhirnya saya memutuskan kembali untuk investasi. Kebetulan berkenalan dengan kolega *aih BNI Life, eh ternyata mereka punya program tabungan yang lebih menarik dari prudent *ahhh nyesel mak.

Jadi BNI Life Smart Edu adalah asuransi konvensial aka jadul, kenapa disebut seperti itu karena kita mendapatkan fix nilai tunai investasi. Untuk faya kemarin yang saya tabungkan adalah premi 200 ribu per bulan *biasa atuh da abdi mah teu gaduh cicis seeur.

Untuk 10 tahun program asuransi pd umumnya, program ini akan disetting pencairan uangnya setiap usia masuk sekolah, untuk faya pencairan akan di usia 6-7 waktu masuk SD masuk SD besok hehe, kemudia SMP-SMU-Kuliah dan mendapatkan uang saku sampe usia 22 dimana idealnya doi sudah lulus S1 ya. Memang kalau dihitung bunganya gak besar sekitar 4jt an namun ya lumayan menurut saya dan pencairan uang juga kalau gak salah nanti besok SD, dapet 1,5 jt an bertahap SMP SMA 3 jtan, Kuliah 6jt dan uang saku 3 jutaan.

Ya buat nambahin beli buku atuh, beli stationary nya juga lumayan ih hehe, saya hanya mempersiapkan diri karena saya tdk tahu nanti bagaimana ya kita gak bisa nebak masa depan, inginnya A tapi B. Berasa kehidupan jaman kuliahku *lap keringet haha lebay.

Tentunya seperti biasa manfaat standar asuransi adalah uang pertanggungan yg memang tdk terlalu besar sekitar belasan juta, lain dg prudent yg bisa puluhan bahkan ratusan.

Dan menurut saya 200 rb per bulan itu sama dengan hmm, makan makan di cafe?, kuota sebulan?, beli sepatu tas?. Seharinya kalau saya selalu menganggap sebulan 20 hr kerja saja haha wiken gak perlu diitung lah ya, itu teh sehari nya cuma menyisihkan 10 ribu loh, jang angkot wae teu cukup.

Jadi yg belum investasi mulailah detik ini juga.

dari radang otot, kaku, gangguan saraf otot, sampe kolesterol

hola apa kabar? ini april mop ya, bagaimana konser coldplay semalam, rame kan hahaha untung bukan di jakarta yah, kalau iya teh ya mupeng juga yah tapi ah udah pernah kikituan jaman muda baheula wkwk

judulnya borongan amat bu, iya akibat kerja rodi dan drama drama awal taun, saya pun break dan memulai lembaran baruuuu #sambilnyanyi.


Jadi gini, emang dari dulu sering bermasalah dgn otot, ya kram ya pegel tapi dengan sekali olesan fresh care ajaib saya pun sembuh. Waktu smp juga pernah jatoh duduk dan terulang tahun 2013 sampe asa potong tulang ekor tapi rapopo masih seterong.


Di tahun 2014 dimana kerjaan laporan kredit numpuk maka ya jadi lagi si otot2 ini paregel nyareri yg sblh kanan...akhirnya coba ke dokter..doi bilang mungkin ibu kolesterol, ah masa sih dok kemudian sembuh dan lupa.


Gak lama pinggang eike kumat lagi pemirsa hoaaa pgn nangis sampe makdain kerja susah duduk susah bangun dsb tapi klo diajak jalan mah seterong, tapi badai lewat minum neuralgin meski sampe pgn muntah.

Selesai itu si pegel bahu gak ilang ilang tapi ya belum terlalu mengganggu sih, cuma udah gak mempan pijit neurobion obat gosok sampe setaun kemaren guee tahann.

Akhir taun kmrn krm tak berdaya akhirnya ke dokter lagi...vonisnya lagi lagi kolesterol --" dan painkiller

Dua ke dokter lagi akhirnya coba cek kolesterol dan 219 sementara kondisi normalah 200, asa msh gambling krn sumpah masalah gue itu cuma gorengan, jeroan seafood mah jarang banget

Tiga ke dokter lagi, ini pegel gakk ilang dok, dasar mungkin krn bpjs jd si dokter cuma bilang ya ibu mgkn krn pengaruh obat jd pegel, sialan malah diksh pain killer yg sama dan itu gak pengaruhhh dokkk

Krn entah alesan gak jelas gak bisa minta rujukan jd gue tembak aja klo ke spesialis ke siapa atuh, dokter saraf, *njing mungkin gue gangguan jiwa meren wkwkw

Nunggu sebulan hehe ya maklu m lah gak ada asuransi apapun cinn,  senin pagi kmrn jam 7 gue udah ngantriii ke dokter spesialis saraf di rs borromeus.

Sempet kepikiran apa gue kena getah bening gegara ntn gosip terlalu banyak, serem juga.

Alhamdulilah dapet penjelasan clear ternyata eike hanya gangguan otot wkwkw dan dirujuk ke fisioterapi.

Alhamdulilah stlh seminggu udah way of better meski msh terasa pegel krn emang posisi tidur gak pernah bener. Untung sok akrab ya share sesama pasien yg rata2 kolot ah gue jd maluu..

Aduh neng itu mah hand syndrome gak perlu fisio..terapinya cukup gerakan mengeringkan handuk melalui punggung..oalahh murah yah sehat teh

Dan benerrr kolestrol gueee msh rendahhb kalo cuu...si ibu aja yg puluhan gak dikasih obattt masalahnya gue gak pusing gak ada keluhan lambung jd itu mah akibat kebanyakan gorengan...

Total sakit kali ini di rs borromeus
1. Dokter spesialis saraf (jadwal pagi weekday) Rp 140.000
2. Dokter Fisioterapi Rp 75.000
3. Obat 3 macem Rp 190an * yg mahal racikan sisanya generik

Okey lets break up w/ gorengan dan kata dokter jangan lupa bahagia hahaha

Jangan stress
Jangan terlalu perfect

Let it go ceuk si elsa mah tah dangukeun hahaha

Satu lg tambah olahraga stretching otot
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...