Membuat Paspor di Bandung 2017

Hola, saya baru menyadari bahwa saya masih utang 2 blog jalan jalan ah euy asa udah lupa di sana juga gimana, mungkin kudu kesana lagi wkwkw. Anyway, saya mau share pengalaman membuat paspor, paspor nya utk Ibu dan anak saya cos the others has got one.

Tahun kemarin dan sebelumnya kan bisa propose paspor online, bahkan sy bantu submit utk teman kerja tahun lalu dulu apalagi jaman jadi asisten rumah ktr aka sekretaris buat bapak bos ku yg kucintai. Nah awal taun coba kok gak bisa sih, sistem under maintenance hingga gugel search beritanya katanya memang lagi dirombak besar-besaran. Ah padahal lagi salse juga.

Emang mau kemana sih buat paspor? ciyehh hahaha, sejujurnya dlm wkt dekat belum ada haha eh sy pribadi sih pgn jastip ke KL lagi sih secara paspor mau abis Juni 2018 euy tapi enggak tau. Cuma ya mumpung kerjaan saat ini banyak salse jadi saya pun byk waktu utk ngurus nya.

Kemudian akhirnya sy dpt berita bisa apply by aplikasi okeh lah dicoba dan kebagian Jumat kemarin, ok saya siapkan dokumen asli dan fotocopy nya.

Saya sempet lupa dulu apply berdua sama salaki pake surat nikah gak ya tapi krn apply sendiri *krn bokap udah punya book, jd mungkin gak perlu lagipula yg ibu saya tuh gak ada akte jadi pake surat lahir selembar jaman jadul pisan, ejaan lama hahaha dan namanya beda, di ijazah juga namanya gak lengkap, klo KK dan KTP sih sama

caranya mudah, donlod aplikasi di playstore, search permohonan antrian paspor online
seperti biasa sign up, email data data standar dan harus sesuai yah no ktp dll krn nanti di cross check petugasnya, kemudian pilih Kantor Imigrasi, tgl dan jam, sy pilih pagi dong tentunya *morning person for work thing, yg di Soeta Bypass krn deket rumah banget kemudian nanti keluar jadwal seperti ini.



Oke krn beredar isu miring antrian ada yg dateng jam 3 pagi lah, yg subuh udah dapet belasan maka sampailah sy jam 7 pagi, kok sepi yah taunya emang krn online jd dibatas dan waktu yg terbagi dan beda, ok lah nunggu sejam.

Kemudian jam 8 petugas buka pintu, saya krn kedua dateng dari cewek yg sblmnya nunggu aja, pas di cek, yg anak sih ok cuma eh cuma kudu pake surat kuasa ttd suami pake materai, beuh meneketehe yah untung katanya bisa by WA aja jadi ya udah buru-buru deh yg di ktr buat bari jeung lila hahah *rusuh, dan saya lupa juga bawa materai tp donwori di kantor imigrasi nya ada FC dan yg jual materai cuma agak mehong biasa.

Ok yg anak sih beres, yg si ibu teuteup kudu minta surat keterangan dr kecamatan, euh jadi ya udah kagok deh. Dapet antri foto no 13. Pas faya dateng jam 1/2 10 an. Cepet memuaskan meski kadar keramahan petugas seniornya jelek hehehe. Gak usah disebut ya bisi ngambek. Setelah itu bisa bayar ke outlet BNI di lantai bawah. Paspor pun dapat diambil hari Rabu, 3 hari kemudian. Yeay. Jadi next tinggal yg nyokap.

So dokumen yg hrs disiapkan adalah:
Untuk perorangan (eg Ibu)

Dok Asli: 1. KTP 2. KK 3. AKTE/ SURAT LAHIR 4. IJAZAH
*jangan lupa siapkan copy nya 1 lembar


Untuk anak

Dok Asli:
1. AKTE
2. KK
3. KTP AYAH IBU
4. AKTE AYAH IBU
5. PASPOR AYAH IBU
6. SURAT NIKAH
7. SURAT KUASA TTD ORTU JIKA SLH SATU TDK HADIR
8. 2 MATERAI
jangan lupa copy nya 1 lembar

Utk biaya paspor biasa 48 H adalah sebesar Rp 355.000 ya utk 5 tahun yah

*TBC*


Comments