Thursday, 22 March 2018

S.A.V.E

Save

Ada banyak -- beberapa orang yg tanya bagaimana cara nabung, of course ke bank atau simpan di celengan, ada yg masih?? saya masih haghaghag..

Anyway, sori ya sotoy hehe, mungkin krn terbiasa menabung dari tk/sd jadi memang yg namanya nabung itu udah kudu wajib di dalam kamus kehidupan saya *cailah. Intinya dari nabung bukan seberapa besar jumlah *meski itu penting TAPI

KONSISTEN AKA RUTIN *kalau bisa jangan stop

Sejauh ini saya selalu debit tabungan atau ambil saving account untuk semua keperluan faya padahal waktu itu setelah melahirkan tabungan ya sisa bbrp ratus ribu saja, alhamdulilah msh terus berusaha untuk bekerja dan berproduktif.

Tabungan faya pertama krn dulu kita berdua aka me and spouse adalah banker jadi buka tabungan tanpa biaya admin tapi bunganya rada lumayan *hush ribaa lohh :D* tapi balik lagi nabung itu bukan ngejar bunga tapi ngelock dana supaya gak dipake utk belanja gak penting. Berapa nabungnya, 100 ribu saja tapi rutin dilakukan setiap kami berdua gajian. Trus kok bisa cepet banyak? Nabung gak sekedar menyisihkan penghasilan bulanan saja tapi juga menyisihkan bonus/thr/tunjangan/uang kaget. Jadi setiap kami berdua terutama saya dpt penghasilan tersebut, langsung cut 50% masuk ke tab faya, contoh nih THR dapet 10 juta *aminnnn, saya langsung save 5 juta kemudian sisanya baru dipakai keperluan zakat *cieh*alhamdulilah, lebaran, mudik, dll.

Hasilnya? Faya msk lilhand, debet rek, faya pindah ke muhajirin, debet rek, faya bayar tk, tarik tunai.

Coba usahakan pilih tabungan tanpa atm, ya kali namanya ibu-ibu ya niat ke indomart beli uht eh jadi beli ciki, cemilan, sampo, permen, loba. Ada TABUNGANKU, program Bank Indonesia dan ada di semua bank di indonesia mau bank korea, india, cina, amerika, ada semua. Usahakan pilih cabang yg sering dilewati misal, deket kantor, deket sekolah anak, deket rumah. SUPAYA APA? Gampang setor tarik tunai nya. TABKU ini tanpa pot admin, tapi gak ada atm nya, kalau mau ada atmnya ada biaya dan biasanya juga setoran awal lebih dari 100 ribu, bisa 500 kalau bank mandiri *terakhir saya tau.

Yg kedua adalah, SAVING ACCOUNT bentuk deposito, bukannya sombong sih orang jumlahnya aja less than 12 mio hehe, karena kami berdua alhamdulilah sejauh ini tidak ada cicilan rumah mobil dan kartu kredit maka kami memutuskan utk ambil KTA karyawan dengan jumlah cicilan yg tdk memberatkan, alhamdulilah selama 3,5 th ini hanya berkurang 2 juta krn dipake modal dagang *gak balik*jangan ty kenapa*

Yg ketiga adalah tapenas tahunan, kenapa tahunan karena saya menganggap nabung ini kaya arisan langsung debet rek otomatis, brp, 100 ribu aja jangan gede gede, gak berasa lah wong kuota aja sebulan bisa ngabisin lebih dari itu masa utk nabung kaya gini gak bisa. Kenapa tahunan karena setelah setahun kita dapet 1,2 biasanya saya split utk 3 bagian, mostly 600 nanti balik lagi ke tab faya yg utama, kemudian 300 utk keperluan faya barangkali ada yg dibeli, pasti ada aja anak mah atau kali kali beli mainan, dan sisanya utk saya jajan baso dan jajan lipen, yearly treat. INi juga rutin tahunan jangan sampe stop.

Yg berikutnya adalah asuransi, kalau saya jaga-jaga in case tapi jangan sampe nauuzubilah utk reimburse rawat inap tapi gpp jatah ku utk orang lain saja, saya pilih prudent dan bnilife krn sudah umum. Lumayan sih utk pru dengan premi 350rb per bulan selama hampir 4 tahun ini saldonya sudah hampir 8 mio dan itu bisa diambil ya asal disisakan.

Kalau bnilife lebih masuk akal, karena tipe asuransi konven jadi dengan nabung 200/bulan kita dapet fix rate plus bunga, namun pencairan bertahap saat faya masuk sd nanti, pencairan pertama di awal taun 2020 memang jumlah hanya 2 koma sekian tapi ya lumayan utk beli seragam yes. Dan pencairan saat SMP SMU Kuliah hingga selesai dapat uang saku. Lumayan banget kata saya mah.

Itu untuk faya, kalau utk pribadi skrg saya hy nabung di BCA tab pot 5000 saja lumayan gak banyak pot dan nabung di celengan hehehe, aslina put? asli..

terinsipirasi dari teman yg membiasakan nabung anaknya setiap dapat receh nanti setelah setahun boleh dibongkar utk beli apa bebas, mainan buku dll. Ini celengan saya yg kedua, yg pertama dipake ke KL, hahaha gaya, awal mah lebih parah malah nabung recehan 100 200 500 wkwkw tapi berhubung gengsi nuker ke banknya jadi skrg diganti jadi 2000 utk 3 hr atau seminggu.

Jadi intinya konsisten, cukup 50/100 rb per bulan dengan tabungan tanpa biaya ya pilihnya. Ayo dicoba atuh ibu ibu.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...