Claim Asuransi Prudential: Tarik Dana

Hola, libur sekolah masih lama, mulai pusing deh di rumah udah stimulasi A B C tapi teuteup ya ujung-ujung nya emoll, saya juga lagi susah cari mood untuk ketik ketik sesuatu, pas ngantuk mau tidur sih udah kebayang ini itu ngonsep, besoknya mau buka laptop aja susahh benerr. Tapi sih ada kabar baik dari Storial tentang project e-book dimana sudah lama kudambakan utk menyelesaikan draft si Balada Karyawan, semoga lancar jaya.

Anyway saya mau mengetik *kalau nulis kesannya gue adalah Ika Natassa *aminnn, pdhl hanya emak-emak biasa yg suka ngajar les*, tentang cara Tarik Dana di Asuransi Investasi Prudential. Sebenanrnya di tahun 2005 atau/2008 ya saya lupa, kakak saya pernah buat asuransi prudent, maksudnya beliau yg bayarin, itu krn agentnya adalah saudara sendiri. Namun karena dananya lumayan menguras dompet jadi cuma bayar 2 tahun dan rugi nya banyakk. Orang-orang juga sebenernya mulai kapok buat asuransi di prudent, krn sebenernya agent nya kurang kasih informasi, yg namanya unit link belum tentu untung, bisa rugi atau dana yg didapat ya sesuai pembayaran, apalagi kalau namanya asuransi investasi, premi asuransi nya tentu tidak kembali. Selain itu alasan yg skrg lagi happ adalah riba. Tapi kalau saya sih karena rujukan ceramah Pak Aam ya tidak apa-apa asuransi, kembali pada niat kita yg baik, amin insyallah. Halah anyway setelah punya faya, saya pikir harus punya investasi, krn kalau rumah mah ah beurat dan sampe detik ini alhamdulilah gak punya kredit rumah jadi tabungannya mending dikonsep utk jalan-jalan. Balik lagi ke topik, jadi saya memutuskan untuk asuransi investasi dengan Prudential, gak mikir lama krn prudent sudah punya nama, meski banyak juga yg kuciwa tapi saya insyallah yakin. Untung waktu 2014 lalu masih bisa dapat premi 350 ribu per bulan. Kalau sekarang dan terakhir info yg didapat itu premi min adalah 500 rb.

Asuransi nya sekitar 170rb an
Investasi nya juga sama sekitar 170rb

Ingat ya biasanya agent tidak menjelaskan dengan detail, premi 500 rb dapat 60 juta jika nabung 10 thn tapi itu kalau untung pembelian unit link nya, krn nilainya naik turun, bisa turun drastis atau naik banyak. Harus tahu berapa nilai investasi nya krn itu yg dihitung, kalau asuransi nya ya tidak kembali makanya kalau gak mau rugi harus claim rumah sakit, tapi amit amit ah klu hrs rawat inap, dananya buat orang lain yg membutuhkan aja.

Nah berhubung akhir tahun depan faya rencana masuk SD jadi eike sebagai emak-emak rempong sekopo permai jadi sudah berpikir untuk investasi tambahan, untung pas tapenas cair jadi ditariklah dana prudent untuk ditambahkan ke depo yg ada ditambah dana tapenas cair, wuih kedengarannya mantap, pdhl B aja.

Mulai dari Aug atau Sept 2014 ya saya lupa faya punya Asuransi Investasi Prudential hingga Mei 2018 kmrn alhamdulilah sudah menabung 7jt lebih sehingga ditarik lah dananya. Syarat untuk tarik dana di Prudent adalah:
1. Sudah investasi lebih dari 3 tahun, krn kalau sebelum itu agak rugi
2. Dana sisa minimal sejuta
3. Menyiapkan dokumen

Untuk melihat saldo, biasanya nasabah dikirim surat atau email, kalau saya email supaya praktis, sbnrnya sih kmrn liat nilai unit agak turun ya pdlh di bulan februari udah naik, apa pengaruh bom teroris lalu kah hehe. Akhirnya untuk dana masuk SD faya di akhir tahun depan saya pun memutuskan mengambil sejumlah dana di prudent sehingga nanti depon nya bisa lumayan lagi hehehe.

Cara klaim nya bagaimana sih:
1. Pastikan ya saldo nya brp, sisakan minimal satu juta, kalau saya sih lebih krn nanti pengaruh ke nilai investasi sisa tahunnya which is 6 tahun lagi haha lila keneh.
2. Download formulir di web prudent, lupa namanya, gugel aja pokoknya, formulir claim tarik dana prudent, nama form nya FORMULIR PENARIKAN DANA POLIS, nanti saya share fotonya.
3. Copy KTP dan Buku Tabungan Pemegang Polis, kalau yg faya nama pemegang polisnya kan bapaknya jadi ya ktp dan buku tab bapaknya, Nama di Rek Tabungan juga harus sama dengan pemegang polis ya, copy nya masing masing 1 saja.
4. Isi form, kalau dilihat kan kotaknya banyak tuh bingung, yg perlu diisi sbnrnya hanya:
Nama Pemegang Polis
Nomor Polis
Alasan Tarik Dana
Jumlah Penarikan Dana (Isi nominal saja)
Pilih jenis Pru, bisa lihat di buku asuransi yg merah itu data nya semua, kalau faya itu Prulink Rp Indo Greater China Equity Fund, isi misal mau tarik 2 juta

Bentuk Pembayaran, isi nama pemilik rekening, no rek, nama bank,
cabang, kota, jenis mata uang dan negara.
Udah deh, di halaman terakhir isi tanggal dan tanda tangan.

Formulir tersebut dilampirkan dengan copy ktp dan buku tab. Nah berhub saya domisili Bandung saya ajukan klaim ke Prudent di Gedung Pos Jalan Banda Lantai 6. Kmrn pas sesudah libur lebaran hari Jumat siang sekitar jam 2. Ngantri ke CS, kasih dokumen nanti dikasih formulir penerimaan.

Udah deh, kemudian nunggu 7 sd 14 hari kerja untuk pencairan, jika tidak ada masalah maka dana langsung cair ke no rek yg ditulis. Dan dana nya pun cair hari Jumat kemarin, yeay alhamdulilah.

Sekian info nya semoga mendapatkan pencerahan.

Comments