teaching stuff

Selamat malam, berhubung blog agak berdebu yah, apakah sibuk? ah enggak juga sih biasa aja, baru kerasa aja sekolah lagi tiap hari, semangat lah untuk persiapan masuk jam 7 haghaghag. Anyway mau berbagi tips aja bukan bermaksud menggurui yah krn diriku hanya manusia biasa yg banyak kekurangan dan masih dalam proses belajar. I almost teach for 2 years now, yeay and I feel differences between teaching in kinder, private and english.

Untuk mengajar bahasa Inggris pada anak-anak ada bbrp poin yg cukup efektif:
1. flash cards
hal ini sudah dilakukan dari dulu, sejak saya masih jaman di preschool tahun 2008 lalu. Flash cards tentunya harus disertai gambar yang menarik colorful, kalau bisa mengajar dengan tema utk periode tertentu sehingga anak akan mengingat dengan baik. Bisa juga diselingi dengan games, paling mudah tentunya mencari flash card yg hilang or guess the movement about flash cards.

2. songs/ nursery rhymes
who doesnt like songs.. I think every kid will like it, carilah lagu yg sesuai dengan tema pengajaran dan flash cards

3. story telling
cara ini merupakan cara yg paling efektif dan cara awal untuk belajar membaca, secara tdk langsung anak akan mengingat kata dan huruf yg mereka lihat.

4. video/ short movie
sesekali selipkan kegiatan menonton untuk anak-anak, jangan terlalu lama maksimal 15 menit

5. other activities: games, art&craft, role play
intinya jika ingin mengajarkan sesuatu buatlah tema untuk satu atau tiga bulan dan semua poin di atas jika memungkinkan berkesinambungan.

OK mungkin 5 tips di atas bisa diterapkan di rumah, tambahan lainnya paling saya pernah buat wall of phonics, * nanti di share contoh gambarnya*, satu boks alphabet misal A dengan bbrp gambar misal Apple, Ant, Ambulance, B Bird, Bag, Baby, dan lainnya.

Kalau soal perbedaan ngajar di tk/ privat/ course ya semua ada plus minus nya sih tergantung institusi yang kita tempati. Kalau di tk sebetulnya bebannya tidak terlalu banyak, sekolah berarti penekanan di pelajaran moral, tapi yah yet its difference between the schools. Privat juga enak sebenernya hehe, no string attached, ortu biasanya minta bahan dari sekolah karena ngejar nilai, cuma ya itu cocok2an, terus kalau anaknya gak mood ya susah juga, udah dateng jauh2 anaknya gak mau atau malah tidur haha.

Course is hard actually :p, ada persiapan materi dan bahan kemudian penilaian dan tentunya target agar anak BISA. sekian nanti kalau ada kepikiran lain ditambahin yah.

Comments