Godaan Reseller

*Ditemani lagu Gary Barlow, klik SONG *
(meni romantis, kabayang dengerin ieu siang bolong di mobil pas macet wkwkw)

Ok, produktif lagi, kemarin ikut lomba blog meski gak menang ya namanya usaha, bukan Puti klo give up wkwkw eh sometimes I also give up.

Anyway kali ini saya mau curcol soal Godaan Reseller aka tukang dagang online. Meski skala saya masih kecil banget karena kendala masalah modal, tapi ya lumayan sih dari jualan saya bisa selama setengah tahun survive gak kerja tetap, terus nambah-nambah saldo buat liburan, dan banyak lainnya. Saya juga jualan bukan setahun dua tahun tapi dari 2011 meski ya ON OFF. Sebenernya mau cerita sejarah per-ol shop-an saya tapi panjang teuing ah sieun bosen. Wkwk.

Nah cencu sebagai tukang dagang pasti ada godaan ya terutama dari Customer yang rupa-rupa bahan hehe, ada yang nawar setengah matii, minta bonus, minta free ongkir, nanya panjang lebar gak jadi, pesen gak jadi dan banyak lagi. TAPI alhamdulilah jangan sampe ya, gak ditipu meski pernah juga kejadian *bukan customer* ngirim bukti transfer BCA tapi 10 menit uangnya gak masuk, mungkin nyangsang di awan. Oh iya saya juga jualan second stuff di Carousel ya, lucu deh emang perlakuan customer, saya juga sebagai fans olshop buyer gak gitu gitu amat.

1. MASALAH KURIR
JNE padahal udah top banget ya, sering banget sih saya kirim siang, sore udah sampe, sesama kota ya di Bandung, saya gak hafal kota lain. NAH waktu itu kebetulan saya kirim HP setelah lebaran, sepi dong meren ya, mungkin AA AA Jne nya banyak yang cuti, ya kebayang kasian menjelang lebaran mereka kerja rodi. Ni Cust gue juga rewel padahal cowok, takutnya saya NIPU, sorry ya nauuzubileh, saya mah masih orang baik. Kalau gak salah waktu itu sudah lewat seminggu yang memang tak biasa untuk kurir sekelas JNE. Apalagi sesama kota Bandung, nah si cust ya komplen, saya bilang tunggu saya cek resi, ternyata masih di delivery courier. Oh mungkin kesorean atau gak ada orang atau bagaimana.

Saya juga gak bilang itu isi HP karena malah kadang suka dinakalin, jadi bilang jam tangan. DAN saya juga bukan sekali kirim HP second ini, malah dua kali dan ke Jakarta, lancar jaya tuh. Setelah bbrp hari juga masih kaya gitu. Nelp ke CS gak workin, akhirnya langsung ke JNE tempat saya kirim. Setelah di cek katanya, Teh ini masih di kurir, coba deh tunggu satu atau dua hari lah. Krn emang lagi sedikit yang anter pasca lebaran ini.

Rese dong Cust, ya maksud saya juga dia kudunya bantu cek resi kan bisa. Saya kalau beli olshop rajin loh cek resi olangan wkwkw berhub kadang suka ga ada orang di rumah. Setelah seminggu lewat masih belum juga sampe, di online cek, masih di kurir. Akhirnya saya ke JNE lagi komplain ini bagaimana dan selang berapa hari sampe juga, fiuh.

Curiganya apa, itu kost-kost an jadi mungkin pas gak ada orang atau kesorean. Hffh. Pernah juga sih sebelumnya alamatnya katanya kurang jelas tapi langsung ditelp CS JNE, krn udah 2x gak ketemu, padahal jelas, barang dikembalikan ke JNE asal kirim dan ganti alamat beres.

Skrg sebenernya enak SICEPAT, diskon seribu pula haha lumayan banget untuk reseller tapi ya itu dia bukanya siang jam 12 kalau yang deket rumah ya karena emang banyaknya borongan olshop.

*wait TBC ya tunduh*

2. NYANGKUT DI SATPAM
Ini lucu banget baru kejadian bulan lalu, jadi cust saya yg ini cukup loyal, gak pernah nawar, ditawarin ya kalau minat langsung pesen. Biasanya saya pake kurir. Hari itu saya mau drop langsung bantuin adek juga, cuma pas saya anter adek saya keliling dulu mobilnya kebetulan ada yg beli. Drop nya di salah satu bank daerah kota. Bodohnya saya, saya gak labelin itu plastik, cuma udah diwanti-wanti sama adek, nanti titip untuk IBU ABI dari PUTI ke satpam. Ok done stlh itu pun saya wa si empunya.

Selang satu dua hari kok belum bayar, akhirnya saya tanya, barangnya ada kan, ktnya belum ada, lah soalnya langsung drop satpam, tapi lupa juga tanya nama satpamnya. Trus pas ngobrol satpam juga lagi cuti dan agak ribet waktu itu krn saya juga sibuk, kirim setelah libur natal kalau gak salah.

Selang beberapa hari lagi gak ada kabar juga, pas tanya katanya memang gak ada dan si satpam belum masuk. Udah gak enak feeling. Si cust ini bilang takut ketuker karena selang jarak sebelumnya memang ada bank mirip sama warna biru, kalau cust gw bank tiga huruf, bank yg lain bank satu kata, warna biru hehe. Tau lah yah. Akhirnya temenku nanti katanya mau cek cc tv juga.

Ya udah deh saya udah gak enak hati sih, dan resultnya apa itu barang ngilang entah kemana, satpam ngaku gak terima. Dan si adek juga bilang waktu itu lagi rame di banknya. WAH curiga saya sih, ya kalau si satpam ngambil ga tau ya tapi feelingnya dia lupa simpen itu keresek terus bisa keambil orang ketuker, gak ada yang tau kan, krn situasi bank juga lagi rame. Cust juga akhirnya gak ngomong apa-apa soal rekaman CCTV.

Akhirnya saya ganti dengan barang lain setengah harga krn saya merasa bukan salah saya sepenuhnya dan next mah mending langsung ketemu orangnya jangan titip-titip. Miskom lagi dia pengen barang awal dan udah gak terima order si guenya. GPP deh pelajaran juga, ilang cust satu. SABAR PUT!!


3. RESELLER G****K (sensor, emosi jiwa raga wkwkw)
Nah ini sebenernya yang bikin greget emosi banget. Jadi saya pesen celana awalnya, ini supplier emang edan banget, dia bisa PO 20.000 pcs celana langsung laku, gila sih. Harga celananya juga cuma 65 ribu dan kualitas lumayan bangus, kalau di ITC mungkin 100an lah atau bahkan lebih.

Nah setelah itu saya coba pesen beberapa kerudung, lancar sih awalnya, bahkan saya sempet pesen sampe 5 atau 6 order saya lupa sih. Memang di awal juga dari pas payment sampe barang nyampe seminggu an lebih tapi masih masuk di akal karena emang ini supplier juga over order.

Nah terakhir pesen tuh kan ke jakarta nih, dua minggu lewat kok belum dikirim. Ya udah saya tunggu, selang bbrp hari penasaran, tanya via DM IG, gak dijawab. CS Wa lama dijawab, kalau gak salah jawaban pertama itu, "tunggu aja".

Ok saya tunggu, selang 3 minggu mulai gerah, tanya apa pengiriman barang lain selain si celana yg terkenal itu dipisah, ternyata sama. Mantengin resi juga gak ada. Tanya lagi via DM, lama dijawab, nanya no order, nanya bukti transfer. Dikira saya nipu. Jawaban berikutnya, "Lg ada kak"

Ngerti ga tuh jawaban kaya gitu artinya apa. Akhrinya saya nanya di comment karena kesel saya bilang, ini apakah CS keteteran order, over order, komplen pelanggan kok susah dapet jawaban. Saya dapat reply komen dari seseorang entah sesama customer atau apa, tunggu aja kak mungkin lagi diproses, saya jawab karena ini udah hampir 3 minggu dan saya pesen barang kerudung. Besoknya kalau gak salah, komen itu hilang, kemudian si IG Supp ini juga ngilang.

Wah berarti IG saya di blok dong. Berhubung saya banyak akal, saya coba ke owner nya, gak dijawab juga. Untung punya banyak IG hehe, komplen 1 dengan bahasa se sopan mungkin gak pake cabe emosi, gak dibalas kemudian dia post IG Story

TOLONG CUSTOMER JANGAN TANYA RESI, KAPAN KIRIM UNTUK ORDER CELANA KARENA KASIAN KOMPLAIN LAIN GAK TERBALAS!

Bom saya reply story itu, akhirnya dibalas, saya cek.
Nunggu sehari, belum ada jawaban saya bilang ini udah 15 hari loh sejak proses order.
Biasa minta kirim bukti order bukti transfer.

Jawabannya apa berbelit belit
1. Ok saya cek
2. Emang gak ada sms resi
3. Boleh liat alamat utk cek, saya kasih SC invoice
4. Ngeles 1: kak itu billing sama delivery beda
5. Saya bilang loh 6 orderan sebelumnya sama kok dan no problem
6. Ngeles 2: Orang si cepat nya gak ngerti bhs inggris
7. Saya bilang, gak mungkin
8. Tunggu saya cek
9. Akhirnya bilang, Kak maaf ada satu barang yg habis jadi pending
10. Ngeles 3: Beda orang yang handle

ZONK wkwkw

Akhirnya saya bilang refund aja, mau refund satu atau semua, ya saya jawab semua lah. Saya tunggu ya jangan berbelit-belit. Besok paginya langsung dibombardir wkwkw, cuma saya typo no rek, eh bilangnya gini, "rekeningnya yang bener"

Lah gak sopan ya, saya bilang typo, selang berapa jam ditransfer juga, saya cuma bilang OK karena udah emosi.

Kendala kaya gini biasa nya cs nya itu masih muda gak berpengalaman, liat dari bahasa juga gahol gitu haha. Jadi celeno. PAdahal ada supplier makeup wuih itu mah keren,

Order PAGI
Paid Siang
Process Sore
Besok atau lusa kalau kota Bandung udah sampe

Udah puluhan order gak ada komplen, barang habis juga langsung sms apa mau ganti atau refund. Totally profesional. Yang ini ga tau umurnya yah kalau bad service.

Comments