RS ADVENT BANDUNG

Perasaan dari kemarin review RS mulu ya, semoga yg terakhir lah. Jadi Setelah Bapak operasi prostat kemarin rupanya mengalami penyempitan uretra, apakah itu, mari kita tanya mbah gugel:

Striktur uretra adalah kondisi dimana terdapat penyempitan pada saluran kencing (uretra) yang disebabkan peradangan atau masalah lain. Uretra membawa urin Anda keluar dari tubuh. Pada manusia, biasanya ini artinya uretra menyempit, aliran urin lemah. Striktur parah mungkin benar-benar menghambat aliran urin.

Penyebabnya kalau Bapak ini: 
  • pernah menjalani prosedur yang berhubungan dengan uretra (kateter kemih, operasi, cystocopy)
  • sebelumnya operasi prostat
Untuk pengobatan striktur uretra, urolog sebaiknya memperpanjang uretra oleh anesthesia dan kemudian memasukkan instrument koersif. Kadang-kadang luka jaringan terbentuk setelah pengobatan membuat uretra stenosi berulang. Jika kambuh, luka jaringan bisa diangkat dengan operasi dan uretra mungkin perlu dibuat ulang.

Nah jadi harus operasi berulang, nah krn sebenernya prostat nya tdk terlalu parah maka efek dari operasi adalah penyempitan saluran urin ini dan harus operasi beberapa kali, heukss. Untuk operasi ini dirujuk di RS ADVENT Bandung di Jl Cihampelas dengan menggunakan BPJS.

Bagaimana penanganannya, berhubung saya gak liat langsung jadi berdasarkan informasi yang saya dengar saja, mohon maaf kalau ada yang kurang-kurang. Sejauh ini saya tangkap lebih memuaskan dari Muhammadiyah dan Santosa.

Kalau kemarin dicurigai dokter mendampingi asisten dokter yang koas jadi Bapak gak percaya waktu proses ops kemudian saat lepas kateter juga oleh suster katanya. Nah ini ditangani langsung oleh dokter yang memang bonafid di kasus seperti ini. Kemudian pelayanan dan susternya juga sangat profesional dan ramah. Pasien memang dimandikan, kmrn di Santosa ibu saya mandi sendiri *lol*, dan cukup ramah.

Lumayan juga cepet prosesnya masuk Kamis, Ops Jumat dan Minggu hari ini sudah pulang. Paling saat proses administrasi selesai rawat inap cukup belibet ke sana ke mari dan nambah 130 ribu karena hari pertama gak dicover.

Sekian cerita nya semoga ini yang terakhir ya Allah karena sungguh pusing pala barbie efeknya kemana-mana. Mari kita recharge stock sabar, amin..

Comments

Popular Posts