Having Kid/ Kids

Everyone will totally agree, I mean woman, having kid change everything in your life. I always wondering when I was a child, why mom always fell asleep if she has spare time, even when I asked her to accompany me watching horror movie *lol*, because I am afraid to watch alone. Bum, now you know that you are always exhausted taking care everything because you are a mom.

Orang-orang kita ya well semuanya sih selalu hidup dalam streotype yang patuh, contoh, masukin anak ke baby school, lulus kuliah tepat waktu kalau bisa akselerasi malah, kerja di BUMN, dan banyak termasuk urusan anak. Kalau sesuai tagline keluarga berencana 2 anak cukup, why, ya mau berapa, banyak amat *lol*, orang jaman dulu bisa punya anak sampe selosin ya tapi yet mereka tidak mempunyai pendidikan yang ideal. Kalau ngeliat orang bule bahkan ada yang sampe gak mau punya anak, karena biaya, kuliah mahal bangetttt, belum tetek bengek perintilan lainnya, ada juga yang memang berprinsip bahwa tanggung jawab berat, dunia akhirat. Bahkan di negara mana kalau anaknya 2 atau 3 ya saya lupa, malah dikasih duit dari pemerintah karena saking sedikitnya yg berkeluarga. Saya dari jaman SD sudah menyadari bahwa kayanya satu anak cukup dan memang kenyataan adanya.

Banyak banget deh ibu-ibu yang nyinyir, tambah dong, masa satu aja, ntar sepi, tambah dong kan belum sepasang, tambah dong, rejeki mah udah ada yang ngatur. Ya emang iya hahah tapi kan yang hamil, ngelahirin masing-masing bu. Netijen memang selalu kejam, saya jadi belajar sih kalau ngomong harus hati-hati meski saya juga suka nyinyir. Contoh ke pasangan yg belum punya anak, apakah memang berencana punya anak, kalau tidak ya udah suka-suka mereka lah ya mungkin tujuan mereka menikah bukan punya anak, atau bahkan jangan sampe bilang coba periksa deh bla bla, ya mungkin udah, bukan urusan kita juga kaya kita mau bayarin program bayi tabungnya kecuali ya mereka minta saran paling kita sekedar mendoakan lah supaya diberikan keturunan yg soleh solehah.

Saya ingat betul ceramah Pak Ustadz Aam Amirudin yang biasanya denger sekilas hehe cos my mom turns on the radio every subuh. Ibu Bapak, perihal punya anak tuh bukan banyak anak banyak rejeki, untuk membesarkan, memberi makan, semua orang bisa tapi mempertanggungjawabkan kepada Allah, mendidiknya bagaimana menjadi manusia yang soleh solehah baik, banyak manusia pintar cantik dll tapi akhlaknya nol. Kurang lebih seperti itu, dan benar sekarang kan biaya sekolah dan lain-lainnya itu tidaklah murah.

Ini copas dari blogger favorito (@irrasistible)
X: Ra, tambah 1 lagi lah adik utk Nadira.
I: Oh boleh, tapi lo bayarin kuliahnya sampe S-2 ya.
X: Waduuhh.. Gue aja anak 2 pusing nih bayar sekolahnya. Mana biaya kuliah sekarang berlipat2 dari zaman kita dulu lagi.
I: Trus lo tadi ngapain nyuruh gue nambah anak?
.
(taken from real conversation)
.
Suka heran sama orang yg hobi nyuruh2 orang lain supaya cepet nikah, punya/nambah anak, dll dst. Padahal kondisi dia sendiri gak bagus2 amat.

Ada nih temen gue yg hobi nyuruh temen2 lain yg masih jomblo untuk segera merit. Padahal dia tiap tengah bulan sibuk pinjem duit kanan kiri dan tiap ditagih utang, jawabannya:
.
"Lo kan enak masih single, gak perlu beli susu anak, bayar sekolah, dll. Jadi buat apa sih duit segitu ditagih?"
.
Dude, your choice, your responsibility. Lo yg kawin dan punya anak, orang lain yg kudu tanggung jawab bayarin? Logika darimana tuh. Trus pake nyuruh2 kawin pula. Supaya punya temen yg sama2 menderita, gitu?

Begitu juga dengan yg hobi nyuruh nambah anak padahal ngurus anak2nya sendiri aja belum tentu sukses.

Saran aja nih: mind your own business, sisbro. Pilihanmu untukmu, pilihanku untukku.

Peace yo! ✌

Btw, ini nulisnya gak emosyenel atau ngegas ya. Sambil ketawa2 malah karena ngebayangin temen yg keki tiap nagih utang tapi malah diceramahin soal menikah 😂

--- Terus saya inget banget postingannya dese intinya, salut untuk ibu-ibu yang mempunyai 2 anak bahkan lebih yang berarti sudah mengorbankan dirinya utk segalanya. Yes thats true, saya juga merasa saya masih egois krn saya harus kerja belum lagi banyak keperluan untuk diri sendiri yang harus dibeli, keinginan untuk keliling dunia (lol).

Dulu saya berpikir dan memang kenyataan yg benar, biaya sekolah mahal, masa emaknya masuk swasta, anaknya masuk negeri apalagi kalau kita sebagai ortu bisa mengusahakan, paling sebel deh gaya udah seabgreg, lipstik matte, foundie gak cakey, baju nya modis, tas nya fossil, kerudungnya dennay, hp nya iphone, eh SPP anak nunggak mak.

Urusan hamil, melahirkan, menyusui, ngasih makan dan kerja itu semua orang bisa, semua wanita akan sendirinya insting tapi ku ingat selalu Pak Aam dan berbagai workshop training seminar parenting, mendidik anak tak semudah menyelesaikan sekolah. Saya salut sih yg punya anak 3 bahkan 5 atau lebih, tenaga nya effortless and they are really super mom dan bukan masalah sieun teu kabiayaan kalau diri sendiri masih bisa gaya, its all about how you to control your financial. Ya anak 1 bisa makan di kfc setiap minggu berarti anak 2 cukup sebulan sekali ya kan, apalagi kalau emak bapaknya bisa kerja.

Jadi ya kalau saya sih ya, alhamdulilah udah sangat bersyukur punya satu anak dan yang paling susah ngedidik anak bukan berarti yang lain gampang tapi bisa dilakukan siapapun ..

Sekian curhatan geje di bulan puasa ini.

Comments