Temasek School Bdg

Beberapa waktu lalu saya berkesempatan mengikuti free workshop yang diadakan di Temasek Independent School. Sebelum saya membahas ttg workshop nya mari kita gugel sejenak tentang sekolah ini .. #sekolahbandung

I take this from their web
Temasek Independent School (TIS) was founded in 2006 by local Indonesians who were concerned about the quality of education in Indonesia. The aim was to build a school that was rooted in Indonesia, but which has international standards and reach.
TIS currently offers: Pre School for children from the age of 3 to 6 using the Montessori Method, Primary School for children from ages 6 to 12 – using the Cambridge International Primary School Programme and a 6-year programme that prepares students for the GCE ‘O'(ordinary) level/IGCSE examinations and "A" Level Examinations from Cambridge International Examination Syndicate,UK.
Addressno.8-, Jl. Sindang Sirna No.10, Gegerkalong, Sukasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40152

Sekolahnya terletak di Jl Sindang Sirna, tidak jauh dari PVJ, sebrang kolam renang karang setra. Salah satu International School atau sekarang disebut dengan Independent yang menggunakan kurikulum Cambdrige, sedangkan utk PG TK nya sendiri menggunakan sistem Montessori. Ok jadi workshop kemarin bertemakan, Using Phonics to Teach your Child How to read dengan speaker, Dr Hary Elias selaku kurikulum director di sekolah tersebut.
Workshopnya sendiri menyenangkan, meski tidak terlalu banyak membahas tentang Phonics namun lebih membahas tentang bagaimana step-step untuk Story Telling. Pesertanya sendiri tidak terlalu banyak, dominan para pengajar/ guru dan beberapa ortu murid.
Workshop dibuka dengan games mencari kata yang berhubungan dengan keyword, dibagi 2 grup dan setiap orang harus menulis kata bergantian, lalu dimulai dengan beberapa teori dan cara ber'cerita' dengan baik, kunjungan ke kelas tk dan praktek dengan sesama peserta, btw step-step nya adalah:
1. always tell, its reading time, ajak anak-anak untuk bersemangat
2. show the book, the picture, written by, cara membaca yg baik dari depan dengan posisi yg benar
3. Ajak anak-anak membaca atau mengikuti kalimat dan kata yg ada di buku
4. dramatically, slowly, interest adalah hal yg sangat penting.
Sebenernya utk gaya seperti ini sudah diterapkan di tempat saya mengajar tapi tentunya dengan mengikuti workshop seperti ini, network bertambah dan ilmu ya pastinya. Untuk sekolahnya sendiri karena saya dari kopo jadi saya naik bus sekali dari leuwi panjang, karena hari ketiga puasa jadi kosong melompong, turun di jalan sukajadi jalan sedikit ke atas, anda sudah dapat melihat rumah besar antik. Tampak sepi dan tidak terlihat anak-anaknya ternyata gedung barunya di belakang yang sangat modern, duh jadi kepo hahaha, kemarin cuma melihat ke kelas TK nya saja. Ok sekian dari saya, semoga manfaat ..

Comments