Tuesday, 29 April 2014

Let's Saving

Menabung bagi saya sudah menjadi rutinitas sejak kecil. Berawal dari tabungan sekolah sewaktu SD membuat saya menjadi rajin menabung. Setiap tahun saat pembagian rapor, tabungan dapat diambil. Biasanya saya membeli mainan sebagai reward juga atas prestasi selama setahun. Hal tersebut berlanjut saat SMP, SMA lalu kuliah hingga saat ini malah. Meskipun kadang tidak sampai terkumpul banyak, namun saya mendapatkan kepuasan tersendiri karena dapat membeli barang dari hasil menabung. Biasanya saya sisihkan uang jajan atau uang pemberian dari kerabat terutama saat lebaran.

Saat kuliah saya memutuskan membuka account tabungan BNI karena ada di kampus saya dan saldo awal yang tidak terlalu besar. Sudah hampir 10 tahun menjadi nasabah BNI saya mendapatkan kepuasan tersendiri daripada bank lain. Menurut saya menabung itu penting, meskipun sekarang bukan anak kecil lagi malah sudah berkeluarga, ada baiknya kita menyiapkan dana pensiun sedini mungkin. Meski usia masih produktif tapi kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa tua nanti.

Sebagai seseorang yang selalu diajarkan mandiri, saat tua pun kita harus mandiri. Maksudnya, jangan terlalu mengandalkan anak. Kewajiban orang tua menyekolahkan dan menguliahkan anak dapat membuat anak mandiri dan dapat menghidupi dirinya sendiri. Meskipun anak nanti sudah sukses mempunyai usaha sendiri atau menjadi eksekutif dengan karir cemerlang, janganlah meminta-minta kepada anak. Dana pensiun tepat sebagai cadangan di hari tua nanti. Seperti yang sudah dikatakan, kita tidak tahu apa yang terjadi kelak, mungkin saja kesehatan kita tidak seprima saat muda, kita ingin berlibur ke luar negeri saat tidak ada beban keluarga atau malah kita dapat membuka usaha kecil-kecilan di masa tua untuk mengisi waktu luang. Dana pensiun dapat digunakan untuk hal tersebut.

(gambar diunduh dari www.google.com)

Saat ini untuk mengawali langkah dana pensiun, saya mempunyai account tabungan berjangka di BNI dimana dananya tidak dapat diambil sewaktu-waktu. Hal ini tepat karena sebagai manusia terkadang kita tergoda untuk menarik uang di ATM. Selama 10 tahun menjadi nasabah BNI saya merasa puas, pelayanan cepat karena tidak terlalu mengantri seperti bank lain membuat saya nyaman, prosedur yang tidak terlalu ribet juga memudahkan saya jika memerlukan layanan perbankan. Semoga saya bisa menyimpan dana pensiun di BNI secepatnya. Bravo BNI, tingkatkan terus pelayanan perbankannya.

No comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...