Survey dan Biaya SD Swasta Bandung 2020

Hola finally we arrived here even it was so crazier lately..

Ok anyway sejujurnya saya baru ke 3 sekolah dan saya belum berencana visit ke daerah Bandung timur dan utara karena di luar area jajahan hehe tapi ada beberapa list sekolah yg ingin juga saya kunjungi karena memang kepo hahaha.



1. SD BINEKAS
Gelombang I bulan November didahulukan dari TK Binekas
AlamatNo. 6-7, Buah Batu, Komp. Buah Batu Regensi Kav. G7, 

Lokasi: Yap masuk di komplek bubat regency, deket pintu tol buah batu. Kalau PG TK nya sudah lumayan terkenal dan memang konsep sekolah mirip dengan MUTBUN, you know if you are school hunter.

REG DAN PSIKOTEST RP 800.000
UANG PANGKAL RP 20.500.000
UANG TAHUNAN RP 3.750.000 (udah termasuk makan anak dan snack)
SPP RP 1.400.000 (ada olahraga renang sebulan 2x)
SERAGAM 800.000
Total 27.250.000

Pros:
masuk 7.30 so kids wont be too sleepy
dengan uang kegiatan dan spp plus katering ya cukup masuk akal karena kalau dihitung ibarat 15ribu per hari kali 20 kali setahun juga udah berapa hehe
SD plus islam dan inklusi (menerima anak ABK)
Sekolah kecil which masalah bully dan lain2 bisa diatasi ya hehe
They adapt life skill for kids which important
Fasilitas sangat OK nyaman ada pembangunan tahap 3 di lantai paling atas, area parkir luas, ruang terbuka, ada area anak untuk bermain
Program Ok banyak fieldtrip, tidak monoton

Cons:
mahal haha to the point aja uang segitu untuk karyawan pas-pas an macem kita agak engap sisbro
inklusi yeah you know anything could happen bukan bermaksud judging tp saya jg ngajar tmpt ky gt
lumayan juga jarak rumah ke bubat regency kena stuck di lampu merah bubat yg luama itu

2. SD ALFA CENTAURI (Yg punya Bimbel SSC)
Gelombang I di bulan Nov
AddressJl. Terate No.10, Samoja

Lokasi: Sebetulnya dari jalan malabar itu tidak terlalu jauh hanya saja Jl Terate ini satu arah dari jalan ahmad yani dan begitu kita masuk A Yani gak bisa langsung belok kudu muter arau lewat jalan lain which is saya belum figure it out.

REG DAN PSIKOTEST RP 750.000
UANG PANGKAL RP 22.000.000
SPP RP 850.000
UANG TAHUNAN RP 3.365.000
KATERING RP 320.000
Total 27.285.000

Pros:
Program Ok menurut saya, akademis tapi kreatif
SPP masih under sejuta which is adalah pertimbangan yg suangat penting
Free bimbel utk kelas 6 hehe
SD Plus Islam
Sekolah kecil erat kekeluargaan

Cons:
Rute, kalau jalan terate dua arah bisa dipertimbangkan karena ku lelah dengan macet2an hehe
Inklusi
Fasilitas sebenernya lengkap tapi dukdek aka sempit jadi sirkulasi udara nya kurang bagus euy, ibarat rumah lama yg disulap jadi sekolah

3. SD DIAN KENCANA
Gelombang 1 katanya di November
AlamatJl. BKR No.167, Cigereleng, Kec. Regol 40253

Lokasi nya di Jl BKR atau JL Peta persis sebelah mesjid PT INTI, meski di pinggir jalan tapi sekolahnya cukup aman dan ada jarak dari pintu gerbang ke dalem.

REG Rp 100.000
U Pangkal Rp 6.900.000
SPP Rp 680.000
Seragam dll Rp 1.750.000
Perpus dll Rp 150.000
Tot Rp 9.900.000 (Gel I)

Pros:
Akreditasi A
Dengan uang pangkal jumlah tsb fasilitasnya cukup lengkap, gedungnya terawat
Bukan SD Plus Islam tapi anak kls 1 wajib ekskul iqra, kls 3 mulai ada solat berjamaah
Anak-anaknya cukup disiplin karena pas kesana bareng kepsek pada cium tangan hehe
Ada katering dari luar
Sekolahnya memang gak terlalu besar tapi dibanding AlCen lebih memadai
1 angkatan cuma 2 kelas saja
Uang tahunan gak sampe juta-juta karena buku dari pemerintah, kegiatan outing dll bayar saat hari H saja nih cucok kan gak usah pusing mikir ini itu.

Cons:
Sekelas 32 cukup dukdeks
Katanya sih cenderung akademis
Program juga seperti sekolah umum tdk terlalu banyak inovasi dan kreatifitas halah

4. SD ALAZHAR 36
Buka pendaftaran di Oktober via online
AlamatPalasari St No.9, South Lingkar, Lengkong
Lokasi: bisa masuk dari Jl Palasari atau Jl Patuha

REG DAN OBSERVASI RP 307.500
UANG PANGKAL RP 22.500.000 *sdh termsk seragam
SPP RP 975.000
UANG TAHUNAN RP 1.850.000 (Buku ATK)

TOTAL hampir 26 JUTA (cryin out loud)

katering mulai 18rb/hari *ada jemputan

Pros:
Disiplin Akademis Excellent
Bilingual ada Math in English
Sekolahnya luas, gedung lama, fasilitasnya standar sih dengan uang pangkal tsb
SD Islam yang sangat2 lengkap belajar Quran Tahfiz Tahsin dll
Gak terlalu banyak bayar-bayar
Sekelas 30 anak guru 2

Cons:
Sekolah mahal means gaya hidup emak-emak yang maksain ke gaya hidup anak2
Program kurang kreatif inovatif jarang fieldtrip
Terlalu padat juga kuantitas belajar anak

4. SD GAGAS CERIA *ini mah sekalian promosi hahaha
Lokasi: JL Malabar/ Palasari
AddressJl. Malabar No.61, Malabar, Kec. Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40262
REG DAN OBSERVASI RP 600.000
UANG PANGKAL 31.500.000
UANG KEGIATAN RP 4.000.000
SPP 1.560.000
*harga seragam+buku itu gak hafal ya (Total 37.660.000)

Pros:
Kreatif Inovatif belajar sangat menyenangkan
Fasilitas top markotop jangan ditanya ya
Sekelas 28 anak dengan 4 guru
Program banyak fieldtrip
Ada Gagas Ceria Discovering English wkwkw
Bukan SD Islam tapi ada solat berjamaah seminggu sekali
Ada perpus umum Elmuloka sangat lengkap koleksi nya

Cons:
Inklusi
Masih disiplin anak-anak AA
Muahalll haha
Gaya hidup anak duh gak kuat gak nana jadi efek bully

bersambung ya mimin nguantuk hehe..

5. SD DARUL HIKAM
DAGO ASRI JL IR H JUANDA


Dulu sempat berpikir Tarbak atau Darul Hikam ini kemudian ya berpikir mahal juga haha, tapi karena saya penasaran jadi ke sana juga a few weeks ago. Kebetulan kesana pas istirahat pertama anak, kesan pertama karena mungkin sudah banyak sekolah baru dengan gedung dan fasilitas baru, si DH ini terkesan gedung lama yg perlu juga renovasi. Kesan kedua adalah, paciweuh anak2 pada nangkring di gerbang ada yg minta indomie dll, memang dijaga satpam, dan terkesan kurang disiplin


BIAYA
U Pangkal Rp 16.500.000
Lain2 buku seragam Rp 5.000.000
SPP Rp 1.150.000 (dapet makan siang) Total 22.650.000

Kalau jarak tidak jauh mungkin dipertimbangkan padahal dulu saya juga sekolah di smansa ya padahal tapi 2020 mah duh gak tau deh..

6. SD BPI, ini info dari teman, saya gak survey kesana karena kurang tertarik
Jl Halimun (dekat ke gatsu, buah batu, dst)

Daftar Rp 300.000

U pangkal Rp 10.000.000
U tahunan Rp 1.200.000
SPP/bln Rp 755.000
Total 12.300.000

Saya kurang tau pros cons nya cuma kata teman saya yang menyekolahkan anaknya di sana setiap pagi ngaji dan solat duha, siang juga solat dzuhur berjamaah, untuk akademis tidak terlalu tau.


7. SD BINAR INDONESIA (IT Plus)
JL RANCABOLANG (MARGACINTA)

Daftar Rp 750.000
U Pangkal Rp 22.000.000
U tahunan Rp 2.300.000
Seragam Rp 300.000
SPP Rp 1.250.000
Total hampir 27 juta (senyam senyum mesem mesem)

SD Bindo ini saya dapat info dari teman saya, jujur tidak tanya info terlalu banyak karena out of reach area hehe, yang pasti sih SD Plus IT ya.


8. SD IT AL AITAAM (Akred A)
JL CIGANITRI BOJONGSOANG

Daftar & Psikotest Rp 400.000

U Pangkal Rp 6.500.000
SPP Rp 600.000
Uang Tahunan Rp 800.000
Lain-lain kurleb Rp 1.200.000 (recet ada sidang tahfiz, puncak tema, PLH ;'D)
Total Rp 9,550,000

Dapet info dari temen skul faya, no komen ya tapi kalau rumah daerah sana pertimbangkan aja daripada sekolah tengah kota jauh macet, kasian anak dan ortu nya juga.


9. SD BINA TALENTA
AddressJl. Kembar Baru Utara No.4, Cigereleng, Kec. Regol, Kota Bandung, 
Phone(022) 5208123
Pendaftaran Rp 350.000
By Fasilitas Rp 7.000.000
Uang pangkal Rp 13.800.000
Spp Rp 1.200.000 (total 22.350.000)
Anak teman saya dulu sekolah disini, setau saya sekolah ini masuk sekolah favorit mungkin di tahun 2010 kalau gak salah, nah kalau sekarang saya kurang tau, cuma jumlah muridnya satu kelas 10 anak. Pulang sekolah cukup sore sekitar jam 3 dan dulu tidak ada sistem PR di sekolahnya. Tapi coba cross check lagi. I personally won't reg here karena selain mahal ada beberapa hal yg jadi pertimbangan.

10. SD EDU GLOBAL SCHOOL

Jalan Citarum No.35 Bandung.
Edu Global School has spread in 3 major cities in Indonesia, one of them being Bandung. Edu Global Elementary School is in the same building as Edu Global Junior High School. 

Pendaftaran Rp 250.000
Uang Pangkal Rp 26.000.000
SPP Rp 1.200.000 (Tot 27.450.000)

Saya tanya biaya sekolah via instagram aja yang lainnya gak tanya banyak.

Update SD Sequioa 2021 (didahulukan intern, cambridge curr, SD Nasional Plus)
Reg 500.000
Uang pangkal 23.500.000
Uang tahunan 3.795.000
SPP 1.310.000
Seragam 755.000


---
Salah satu pertimbangan masuk SD yang bergengsi adalah pergaulan anak-anak dan ibu-ibunya tentunya jadi bagi beberapa orang yang sangat mementingkan budget speerti saya perlu diperhatikan.

Silahkan tambah update biaya SD lainnya di komentar jika bersedia :)
#sekolahbandung #surveySD #surveysekolahbandung

Comments

Anonymous said…
Hallo, salam kenal. Makasih banyak yaaa info sekolahnya. Tapi saya mau tanya teh, yang SD BPI kenapa ga recommend? Mudah-mudahan berkenan jawaban yaa hehe. Tertarik kesitu soalnya deket bangeett sama rumah di Gatsu. Makasih sebelumnya :-)
Puti said…
halo salam kenal juga, maaf kalau sebelumnya terlalu over word saya bilang blacklist, sebetulnya BPI bagus programnya saya dengar masuk 15jtan, spp sejuta kalau tdk salah, mereka ada program solat duha dan dzuhur dan ngaji, secara akademis juga cukup bersaing, cuma yg jadi pertimbangan saya skrg adalah gaya hidup ibu2 terutama ya sangat berpengaruh pada anak2, contoh:

brand tas sepatu
jam imoo
belum banyak pengeluaran di luar spp, bikin kaos atau apa yg sbnrnya tdk perlu

itu yg menjadi pertimbangan saya krn anak2 dgn pola asuh dan gay hidup seperti itu cenderung membuat kasus bully/ geng2an, mengganggap barang kw itu sangat buruk, dan banyak lagi.. begitu
Tolong dihilangkan kata blacklistny.. mungkin ada alumni yang tidak enak seperti saya.. thanks
Puti Manira said…
sorry terima kasih atas kritik nya sudah diperbaiki, maksud sy lebih ke tdk masuk list tapi saya tidak bilang BPI kurang bagus ya seperti komen di atas

"mereka ada program solat duha dan dzuhur, ngaji, secara akademis juga cukup bersaing"

salam
Unknown said…
Bagus alazhar lengkong tapi catatan harus dari tk islam, pelajarannya lumayan hapalan surat harus kuat. Tapi berdampak bagus buat anak.
Puti Manira said…
Hi terima kasih utk komentarnya, Al Azhar Jl Malabar ya mom, memang bagus kalau akademis kata saya juga excellent tergantung ortu nya mau pilih sekolah yang mana :)
Anonymous said…
Hii salam kenal, adalan rekomen Sd swasta islam di bdg? Sya dgr Salamn al Farizi jg lumayan bgs kurikulumnya,, mohon info.. kebetulan baru akan pindah bdg dan akan survey.. nuhun
Puti Manira said…
Halo mom maaf baru balas, kalau untuk Salman karena rumah saya di selatan jadi saya tidak pernah survey kesana cuma setau saya SD Salman sudah cukup lama dan akreditasi bagus. Kemarin di utara saya hanya ke Darul Hikam saja. Kalau mau memang harus datang ke sekolahnya langsung atau melihat kegiatannya di platform instagram. Semoga membantu ya mom :)
Anonymous said…
Halo mom Puti, boleh minta pendapat/alasan kenapa bintal tidak mom jadikan pertimbangan untuk registrasi selain spp diatas 1 juta? Untuk pertimbangan saya, karna bintal masuk salah satu pilihan saya tapi sejauh ini saya cuma mendengar yg baik2 saja. Thanks mom.
Puti Manira said…
Oh iya mom mungkin kalau yang bisa dijelaskan disini, Bintal menerima 10 orang per anak, saya pernah baca parenting dan saran psikolog lebih baik anak itu mulai dibiasakan di kelas besar minimal 20 orang agar lebih mandiri dan bersosialisasi, kecuali berkebutuhan khusus. Anak yang sekolah di kelas kecil besar pengaruh tergantung dengan guru dan sulit beradaptasi jika nanti nya masuk ke smp sma negeri. Tapi jangan disamaratakan, kondisi anak berbeda-beda :)
Puti Manira said…
ralat maaf *1 kelas 10 anak*
alimoel said…
Teh Puti, makasih infonya
ada beberapa sekolah yang belum di review nih hehehe...

Salman Alfarisy
Sekolah Alam Bandung
Ibnu Sina

makasih Teh
Puti Manira said…
Halo teh Alimoel, kebetulan karena saya tidak tanya sekolahnya dan survey ke sana jadi saya tidak review. Selain itu sekolah tsb daerah nya cukup jauh dari rumah jadi bukan incaran juga, ini ada link yang cukup lengkap info SD hampir semua area di Bdg tentunya SD yang sudah punya nama ya

https://reisha.net/biaya-masuk-sd-swasta-di-bandung-tahun-pelajaran-2019-2020/

semoga membantu :)
Anonymous said…
Kalo sd negri yg recommended apa ya?
Puti Manira said…
Jujur saya kurang tau kualitas SDN di bandung karena memang tidak merasakan langsung, namun jika mendengar cerita dari kaka, saudara dan teman. Banyak kekecewaan sekolah di SDN karena gratis sehingga fasilitas minim, tidak semua guru dapat bersaing, dll. Dari tahun 80 mungkin sebelumnya hingga saat ini, SD dengan akreditasi baik adalah: SD Merdeka, Banjarsari, Karang Pawulang, Soka, Sabang. Info jika masuk SDN sesuai zonasi dan umur jadi kalau KK ibu jauh dari zonasi SD yang dituju akan susah juga masuknya. :) semoga membantu
Unknown said…
Mom barangkali berkenan untuk menjelaskan perihal "budaya" di sd BPI, apakah memang terkenal sperti itu? Saya awalnya tertarik di sd bpi krn dkt rjmah dan murah jg.. apakah memang sering ada bully2 seperti itu? Mohon maaf untuk alumni sd bpi, mohon no hurt feeling ya.. karena saya butuh informasinya.. saya jg termasuk yg khawatir kalau ada bully2 seperti itu..
Puti Manira said…
Saya gak tau mom kalau untuk bully, pasti tiap sekolah juga akan ada dan pihak guru juga mampu menyelesaikan masalah. Ini terjadi di banyak sekolah ya, saya gak refer soal SD BPI,
Namun kalau saya lebih khawatir dengan yg namanya gaya hidup ibu2 jaman now yg terlalu banyak acara di luar sekolah ya arisan, playdate, piknik dll. Sebetulnya ya gak masalah sih, silahkan yg mau ikut ikut yg enggak silahkan tapi kan tetep ada omongan di belakang. Pengaruhnya apa, penampilan, akan ada gap yg kaya pake smiggle, sepatu bermerek, jam imoo, dll. Yang biasa ya biasa aja. Pengaruh berikutnya apa ya bully, ejek2 an.

Ini saya tulis karena saya guru yg mengajar di anak perusahaan sekolah swasta ya, saya sudah berkecimpung di dunia pendidikan sejak tahun 2006, jadi saya melihat dengan mata kepala sendiri. Anak sy pun yg sekolah di TK yang menurut saya bukan sekolah mahal, terjadi bully dan guru2 nya menyelesaikan masalahnya nanggung :), kejadian juga dengan jam imoo ada yang pake asli ada yg kw. Begitulah kehidupan anak2 sekolah jaman skrg.

Kalau mau diskusi boleh ke Ig saya aja, namanya sama mom, salam kenal ya :)
Dinaisha said…
Hi mom, tertarik komen di ig ini dan ternyata mengajar di sd gagas ceria yg merupakan salah satu sd incaran saya hehe. Mau tanya untuk di gc sendiri pergaulannya bagaimana ya? Dan apakah lulusan gc sendiri banyak yang ke smp negeri atau swasta? Dan kabarnya kalo mau masuk gc harus tk di gc jugakah? Terima kasih
Puti Manira said…
Halo mom nanti ngobrol di Ig ya :), GC yang diprioritaskan terlebih dahulu memang dari TK intern, btw saya ngajar di English Course nya bukan di SD nya kebetulan :)
rr said…
hallo mom, terima kasih banyak ulasannya saya juga tinggal di daerah selatan Bandung, dan sedang mencari SD untuk putra kedua saya, selain dari sekolah kakak nya sekarang (akhirnya kakaknya tahun 2019 saya masukkan ke SDIT di Kab. Bandung yang jarak rumah-sekolah itu kurang lebih 7 km, tapi secara kurikulum dan fasilitas sekolah sesuai dengan biaya yang dikeluarkan)
untuk adiknya ini masih jadi pilihan pertama masuk ke SD yang sama dengan kakanya tapi saya juga sedang mencari yang lebih dekat dengan rumah.
sudah mulai masuk PPDB di bulan Oktober ini.. jadi harus segera survey lagi.. ^^ dan ulasan ini bermanfaat sekali.. sekali lagi terima kasih
Puti Manira said…
Sama-sama mam RR, untuk Bandung Selatan arah Cibaduyut/ Kopo, ada rekomendasi teman saya di Fitrah Insani atau An Nimah jika berminat SD IT, semoga lancar untuk adik masuk SD nya :))
Anonymous said…
Ah bener banget gaya hidup BPI emang kurang yaaa lingkungan pergaulannya. Hal yg sama santer terdengar gaya hidup seperti ini tuh TARBAK ya. Bully2an terutama. Pergaulannya tingkat atas jadi biasanya kalau anak yg dari ekonomi biasa2 suka terkucilkan.padahal biaya sekolahnya juga gak terlalu mahal. Bikin khawatir
rr said…
kakaknya kebetulan di An Nimah, untuk biaya tahun ini total uang masuk 14.575.000 untuk siswa laki-laki dan 14.690.000 untuk siswa perempuan (berbeda di biaya seragam) dan SPP 800/bulan
waktu kakaknya uang masuk masih di 13,5 dan SPP 700/bulan
Puti Manira said…
Iya betul Tarbak terkenal bully dan under pressure dlm akademik :)

Oh iya di An Nimah lumayan juga ya biayanya :)
othemz said…
Teteh, saya kebetulan lagi cari SD untuk TA 2022 pengen ke Gagas Ceria tapi muahal dan jauuuuhh, sad banget, terus beneran cari yang bikin anak nyaman, gak kuat kalau ngikutin gaya kaya yang disebutin (karena emang terbukti itu temen deket anaknya disitu), jadi makin galau ini mau kemana, tapi terimakasih insight-nya..
Puti Manira said…
Halo mam, iya betul memang biasanya sekolah mahal ya gaya hidupnya juga :)... tapi ada beberapa sekolah yang aturan cukup tegas jadi gak terlalu jomplang, semoga mendapatkan sekolah yang sesuai dengan kriterianya ya :)
Unknown said…
Salam kenal teh puti, saya lagi cari sekolah inklusi buat ajaran 2022 kebetulan anak saya abk adhd, mau minta referensi sekolah inklusi daerah Antapani dst, yg uang pangkal dan spp nya terjangkau xixi
Saya sdh simpan nama di sd Ibnu sina dari Bln September tp blm ada kbr baik sampe saat ini, trimaksih teh puti, salam kenal
Puti Manira said…
Halo mom, kebetulan karena jarang ke daerah sana dan kurang tau, paling yg saya hapal hy Mutiara Bunda dan mahal sekali biaya sekolahnya hehe, coba nanti saya tanya2 teman daerah sana mengenai sekolah inklusi, mohon maaf kurang banyak membantu :))
Unknown said…
Halloo teteh², barangkali anak nya ada yg sekolah di pribadi phh.mustafa, mohon review nya, nuhun 😁🙏
Puti Manira said…
yuk mangga yang pernah visit atau bahkan sekolah di SD Pribadi, silahkan share, jujur mom zaman duluuu banget tapi entah kapan lupa mungkin sekitar tahun 2008 atau 2010 saya pernah melamar dan interview di SD Pribadi jadi staf sekolah cuma memang karena kejauhan dan principalnya ragu jadi gak keterima, kesan saya sih waktu itu sekolahnya cukup rame, suasana lorong kelas banyak loker mirip2 sekolah di luar lalu kepseknya memang orang Turki :) hanya itu saja yg dapat kusampaikan..
Rini said…
Teh puti,gmn faya akhirnya masuk DK kah?
Info dari tmn katanya disiplin bgt,bener ga?
Mohon infonya ya,mksh
Puti Manira said…
Halo teh Rini, iya anak saya masuk DK, menurut saya meski belajar secara online cukup disiplin tapi jika ortu kerja atau ada hal lainnya bisa didiskusikan kepada guru misal saat pengumpulan tugas, nah untuk tatap muka sendiri karena kemarin baru kebagian sekitar 3 bulan jadi memang anak2 juga ikut aturan memang gak boleh ngobrol di kelas :), cuma anak saya cerita jadi ada temennya bilang mau cuci tangan lalu malah lari2 ke lapangan, langsung ditegur sama gurunya paling itu saja sih teh. Untuk sesi zoom kelas juga anak tidak boleh chat atau corat coret screen karena akan mengganggu :).
Anonymous said…
Hallo mom,, boleh info lebih lanjut SD Al-Aitam atau ada rekomendasi sekolah lain sekitar Bojongsoang,,

Terima kasih sebe.lumnya..
Puti Manira said…
Punten mom saya kurang tau krn tidak survey kesana hy dapat info dari teman :), bojongsoang deket ke binekas, kebetulan jauh dari rumah jadi gak hapal hehe maafkan
S. Diaz said…
Kalau SD binekas menurut mom gimana? Terutama mengenai gaya hidupnya?
Puti Manira said…
Binekas bagus mom, mirip dengan mutiara bunda untuk gaya hidup kurang tau :D tapi biasanya sekolah mahal = ... :) meski ya tdk semua seperti itu