Montessori -Puti-

*draft ini berdasarkan yg saya dapat dan ketahui selama ini bekerja di bbrp pre-school sejak tahun 2008, jika terdapat perbedaan informasi mohon dimaklumi #terimakasih*

·         Apa itu Montessori?
Montessori adalah sebuah metode pengajaran anak di usia dini yang diprakasai oleh Maria Montessori yang menemukan metode itu sendiri. Beliau adalah seorang akademis pd abad ke-18 di Italia. Beliau merasa bahwa anak-anak memerlukan pengajaran lain dan saat melihat anak-anak dengan instingnya masing-masing dapat belajar mandiri dari kehidupan sehari-hari.

Montessori sendiri dalam pengajaran banyak menggunakan media atau alat namun kita dapat membuatnya dengan alat bahan yang mudah didapatkan di tempat umum. Sebagai pengajar dalam metode montessori, hanya sebagai observer yang mengarahkan anak-anak yang akan belajar sendiri. Pengajar memberikan contoh dan secara otomatis anak akan dapat melakukannya sendiri.

Montessori sendiri sudah mulai digunakan di Indonesia sejak lama dari tahun 90an. Namun di tahun 2006 banyak muncul pre-school yang mengadaptasi sistem Singapore dimana calistung lebih ditekankan sehingga montessori agak sedikit dikesampingkan. 2-3 tahun yang lalu muncul seorang ibu penggagas Montessori at Home sehingga mulai kembali digunakan oleh seluruh pendidik di Indonesia, beliau adalah Elvina Lim Kusomo. Beliau bahkan mempunyai website bagi seluruh pendidik dan ibu bahwa belajar tidak perlu ke sekolah, kita dapat menyediakan media montessori di rumah, beliau mengajak semua untuk menjadi member sehingga dalam periode waktu tertentu, kita mendapatkan arahan untuk mencapai target tertentu dengan menggunakan metode montessori.

·         Area Montessori:
1.       Exercise Practical of Life (dasar kehidupan sehari-hari)
Contoh: menuang air ke dalam gelas yg juga melatih fine motor untuk kemampuan menulis nya di level sekolah dasar.
Sortir objek untuk mengenal bentuk, warna dengan menggunakan pencapit/ sendok
2.       Sensorial
Tentunya media sensorial adalah untuk melatih fine motor, contoh yang mudah adalah tracing dengan menggunakan media pasir/ kertas amplas
3.       Cultural
Mengenal yang berada di dunia, contoh sederhana bendera dr berbagai negara, cuaca/ area di bumi, media peternakan dengan jenis hewan-hewannya.
4.       Language
Kita dapat membuat flashcard sendiri dengan aneka warna untuk pengenalan alfabet.
5.       Math
Pengenalan angka adalah basic dari area math.

·         Sekolah Montessori
Pre-school montessori based pertama di Bandung adalah Bandung Montessori School (Dago Asri) sejak tahun 2001, owner certified yg mengambil diploma di Montessori London. Media montessori di sekolah ini sangat lengkap.

Rumah bermain padi (Cigadung), pemilik adalah mantan guru di Bdg Montessori dimana sering diadakan pelatihan montessori dengan biaya yg cukup terjangkau namun sekolah ini lebih mengedepankan bahasa Indonesia sbg bahasa ibu.

Pascal Montessori, awal berdiri dimulai dari kursus bahasa kemudian mengembangkan mengenai children learning center di tahun 2009 hingga membuka kelas playgroup dan tk. Secara resmi menggunakan metode montessori secara penuh di tahun 2013.

Home Montessori, untuk ukuran sekolah montessori yg cukup lengkap dengan guru yg berpengalaman, sekolah ini memberikan biaya yg cukup murah namun sayang lokasi sekolahnya berada di daerah Katamso.

Sekolah lainnya yg adopt Montessori adalah Temasek Independent School dan I-Smile di Hegarmanah.

·         Montessori at Home
Saat ini kita dengan mudah mendapatkan media montessori dengan harga terjangkau dan sudah dapat dibeli di beberapa toko mainan contoh:
-          Puzzle adalah bentuk paling sederhana dari media montessori
-          Meronce bentuk warna dengan tali sepatu


Untuk DIY Montessori dapat kita dapatkan di instagram/ pinterest dengan mencari keyword #montessoriathome.

Comments

FINA VERRA said…
Hi say....kebantu banget sama tulisannya soal pre school, tq yaa.
Btw saya tertarik utk nyoba anak masuk ke Home Montessori yg di Katamso, kayaknya bagus yaa dgn harga terjangkau utk kantong saya :D dekat kantor pula jd makin pede mau nyoba kesana...
Keep on writing say *heart*
Puti said…
thanks sis senang bisa membantu

Popular Posts