Still a story, seriously fictive

Last Chapter or …


Workoholic

Gila gw cinta banget kerja, I just love it. Kerja itu dapet duit, ya iyalah. Bukan masalah gede kecil duitnya juga tapi pengorbanan untuk mendapatkan duitnya meski sebenernya ga berkorban banget juga hehe. Gw baru 2 tahun kerja sebagai sebuah teller di Citibank
Bogor. Since I graduated from Economy Faculty Majoring Management in Unpad Bandung dan kebetulan tawaran pekerjaan kedua sebagai teller, yah gw ambil aja, lumayan nyambung lah ama education background gw. Tawaran pertama kebetulan jadi guru sekolah internasional di Bandung since my English pretty well tapi ga gw ambil karena gw lebih milih gawe in my own hometown.

Sebenernya sih kalau sedikit menyombong, gw berasal dari keluarga yang lumayan meski kata orang sih cukup berada. Bokap gw GM, general manager di suatu perusahaan kontraktor, nyokap gw dosen manajemen di suatu universitas, my only one big bro kerja jadi programmer di suatu stasiun televisi swasta. Gw sendiri yah itu tadi, seperti yang sudah disebutkan di atas.
Kita alias anak bonyok cuma 2 bersaudara aja, gw Sitya umur 24, masih tinggal bareng bonyok, kerja tiap hari pake corolla merah maroon yang udah lumayan butut itu. Kakak gw, Haryo umur 27, kost di Jakarta, planning to married in 5 months with his girlfriend of course, berangkat kerja tiap hari pake motor tigernya yang lumayan udah agak out of date since udah ada keluaran terbarunya.

Like I said, kalau boleh sedikit menyombong kita termasuk lumayan beruntung lah, keluarga cukup, menengah ke atas malah. Pas umur kaka gw pun 17, bonyok udah ngijinin nyetir dengan catetan malem minggu doang dibawanya sama kalau pulang malem alesan ekskul atau maen tapi ga boleh sering-sering DAN dia pun bertanggung jawab untuk mengantar jemputku terutama kalau udah pulang agak maleman dikit. Baru pas gw pun udah 17 kita berdua sharing mobil corolla itu yang ampe sekarang udah 7-8 tahun gw pake dengan catetan tetep, cuma dipake hari sabtu doank and kalo sekali-kali pulang malem, pas SMA. Baru pas kakak gw kuliah di ITB jurusan Teknik Informatika dan kebeneran bonyok lagi ada rezeki, dia dibeliin motor Tiger itu yang menjadi kebanggaannya, sehingga mobil corolla pun berada di tanganku tapi tetep sih since gw juga kuliah di Unpad nyokap ga ngijinin bawa ntu mobil ke Bandung coz gw yang numpang di tante gw kebeneran rumahnya deket ama kampus, kakak gw juga sama numpang di tante pas kuliah dulu. Kebeneran tante gw divorce dan ga punya anak tapi dia masih muda juga loh, cantik lagi, karir pun oke lah. Eh ko jadi kaya biro jodoh gini yah.
Ngomong-ngomong soal Bandung, sebenernya udah ga aneh lagi karena nenek dari nyokap gw tinggal di Bandung dan beberapa kerabat kita termasuk tante gw. Sebenernya sih nyokap asli, gede dan finally stuck jadi orang Bogorhehe segitunya, Bokap gw lahir di Jakarta, gede di
Bogor, kuliah di Bandung. Ada banyak sodara yang tersebar di Jakarta dan Bandung. Jadi begitu gw dan kakak gw kuliah di Bandung udah ga terlalu kaget lagi karena kita memang sudah terbiasa dengan Jakarta–Bogor–Bandung. Tadinya gw dan kakak gw akan ditempatkan di nenek gw, however since she is old and kinda too grumpy about new things so nyokap lebih memilih rumah tante gw. Tante gw umurnya masih 37, masih muda divorce karena KDRT, belum punya anak dan emang ada 3 kamar di rumahnya. She’s also a workoholic. Gw juga sering banget pulang ke Bogor, 1 minggu 2 minggu ampe 1 bulan sekali, apalagi awal-awal kuliah, pernah bolak-balik juga. Alesannya Raddy, pacar eh mantan. Mungkin, tante gw adalah orang yang meng-inspire gw untuk menjadi wanita karir, ngeliat dia sibuk banget jadi CEO di sebuah perusahaan telekomunikasi. Sering pulang larut malam gara-gara meeting tapi hidupnya bahagia-bahagia aja, kelihatannya.

Jadi sekarang ini gw cinta banget kerja, gajinya sih ga gede-gede banget tapi lumayan lah, di bank gitu loh, second opportunity pula. Gw juga cinta banget ama seragamnya. Mungkin cewe-cewe laen pada males pake seragam karena ga bisa bergaya but hello ga perlu puzing-puzing mikir pake baju apa hari itu kan terus siapa bilang ga bisa bergaya, bisa pake accesoris yang lucu-lucu plus mix and match antara sepatu dan tas. Ok kan, sebenernya sih gara-gara gw shoes bag shophoholic tapi kalo baju ga terlalu sih meski nyokap gw udah berkali-kali bilang “Tolong Sitya, sumbangin baju-baju kamu yang udah ga kepake ke orang yang masih ngebutuhin” tapi tetep menumpuk di lemari. I will do it later though.

Gimana yah kerja itu ada keasyikan sendiri dibandingkan sekolah atau belajar, dari dulu gw ga terlalu suka sekolah atau belajar nilai-nilai gw pun saat sekolah dulu ga terlalu bagus-bagus amat, biasa aja, emang lumayan sih ada yang bagus tapi kalo dibandingin kakak gw, gw termasuk cewe yang agak sedikit malas. Pas kuliah pun gw ga lulus SPMB tapi gw ikutan langsung SMUP (Saringan Masuk Unpad) dan lumayan bayar gede buat masuknya tapi gw ga telat-telat banget lulusnya, cuma telat 3 bulan hehe so yang harusnya sidang bulan Juni atau Agustus paling telat, gw sidang bulan Oktober akhir dengan IPK yang pas-pasan pula, 2,93.
Waktu libur semester 3 dan 5, gw disuruh magang di kantor bokap dan nyokap and I love it and can’t wait to have a real work. Since ga ada kuliah PKL (praktek kerja lapangan) and since buat anak D3 doang jadi gw ditawarin nyokap gw buat magang di bagian Adm kantor-nya. Awalnya sih agak males secara liburan gitu tapi daripada bengong abiz di rumah ngabisin duit ga jelas, akhirnya gw pun magang selama sebulan disitu. Yah awalnya lagi agak sedikit kesel juga disuruh-suruh ini itu yang kadang-kadang suka ga jelas tapi suasana kerja yang gw dapetin akhirnya gw cintai juga, rutinitas bangun pagi, meja dan komputer milik sendiri, high heels full front shoes, dan ga ada libur yang terlalu panjang eh satu lagi tentunya the payment hehe. Pas libur semester 5 pun gw pun mengajukan diri ke bokap gw buat magang selama 3 bulan di akntornya, selesai uas gw pun langsung magang ampe menjelang masuk semester 6.
Gw emang cukup beruntung untuk menjadi seorang anak, supported financially enough by parents tapi yah kalo dibandingin kakak gw emang ga seberuntung dia juga. Kakak gw tuh emang pinter banget, selalu masuk sekolah favorit, 5 besar lagi sedangkan gw sih sudah berbangga hati masuk sekolah favorit juga meski hanya 15 besar. Dia masuk ITB dari lulus SPMB sedangkan gw cuma bisa lulus lewat jalur khusus tapi meski gitu ortu gw ga membeda-bedakan. Fair enough for both of us. Keberuntungan kakak gw pun tidak sampai disitu, sebelum lulus udah ditawarin jadi programmer di salah satu perusahaan telepon genggam tapi nolak since dia cinta abiez ama dunia pertelevisian so dia lebih milih gawe di stasiun tv sedangkan gw nganggur dulu udah wisuda meski cuma 3 bulan juga sih. Satu lagi keberuntungan soal cinta, emang sih kakak gw ganteng juga sih diliat-liat eh tapi gw juga cantik ko J, membela diri nih ceritanya tapi rambut gw yang terlalu lurus jadi lepek banget terus mata minus gw membuat gw harus memakai kacamata dimana menurut gw jadi mengurangi kecantikan meski nambah keliatan pinter juga sih. Sekarang kaka gw pacaran ama Dira, akunting di salah satu perusahaan kontraktor yang cukup besar di Jakarta. Mereka udah pacaran hampir 4 tahun dan rencananya mau married tahun depan. Mereka tuh udah kaya pasangan to die for tau ga sih, sama-sama cantik dan ganteng, sama-sama pinter, pokonya cocok and serasi banget, sedangkan kalau dibandingin ama gw, gw cuma punya mantan 1 doang dan putus gara-garanya udah ga cocok, standar banget sih.

Raddy namanya, kita satu kelas pas kelas 3 IPS 2 di SMA 4 Bogor. Deket dan akhirnya jadian tengah-tengah kelas 3. Pas kuliah kita sempet long distance in a relationship gitu, dia kuliah di IPB jurusan manajemen peternakan sedangkan gw hijrah ke
Bandung. Tapi ga terlalu masalah since Bandung– Bogor jaraknya ga terlalu jauh and since I always go back home once in a week (first year) once in a month for d’rest actually, we’re fine. Semester 1 – 3 sih lancar-lancar aja tapi begitu semester 4 mulai deh, dari bosen, jarang jalan jadinya jarang ciuman juga hehe, jadi agak sering berantem, dan ada orang ketiga. Sebenernya sih bukan orang ketiga juga, cuma yah gw tetep jealous abiez. Jadi Alya tuh temen sekelas dia and mereka sering sekelompok bareng, sebenernya ga mereka berdua aja, ada 3 – 4 orang laennya juga sih. Kadang-kadang mereka juga suka jalan bareng dan 3 – 4 orang laennya juga, maksud gw se-genk lah. Ya nonton lah atau makan lah. Terus Raddy mulai curhat tentang kebagusan Alya terutama kepinterannya dia yang ga ada di gw. Wajar dong gw sebagai pacarnya jadi agak sedikit sewot tapi emang Raddy juga ga sering-sering memuji Alya cuma kadang-kadang suka pop up gitu. Terus hal itu suka mendasari kita berantem, setelah 6 bulan dengan kondisi seperti itu dimana sifat gw juga tidak berubah, akhirnya Raddy mutusin ‘mau gimana dengan relationship qta?”, gw juga jujur agak jenuh meski sebenernya ga mau putus dan ga ada ban serep (alias gebetan atau someone yang laen) tapi mau gimana lagi, kayaknya ‘we should take a break’. Akhirnya kita putus dan ga nyambung lagi ampe sekarang dan gw pun masih sedikit berharap untuk kembali padanya.

Sebenernya setelah putus dari Raddy ada Denny yang pedekate ama gw dan gosipnya anak-anak sih si Denny ini udah ngecengin gw dari awal kuliah dulu tapi entah kenapa gw selalu ragu-ragu ama dia, mulai dari ngerasa masih sayang ama Raddy lah, takut dia ga sebaik Raddy lah, dan sebagainya. Hebatnya Denny, dia sempet nunggu 6 bulan tapi akhirnya cape juga dan menyerah secara dia juga udah sidang duluan dan langsung gawe di Jakarta. Gw sempet nyesel juga sih tapi yah itu tadi penyesalan emang selalu datang belakangan. Kita emang sempet jalan juga sih beberapa bulan meski agak jarang sih frekuensinya tapi yah itu tadi, selalu ada keraguan-raguan dari gwnya.

Sekarang emang gw udah officially ngelupain Raddy dan Denny tentunya yang udah kemana gitu. Raddy juga gosipnya udah punya pacar baru. I’m already move on. Tapi hikz, gila umur gw udah 24, gw belum punya pacar tetap, temen-temen gw pun udah ada yang married, udah ada yang mau married, udah ada yang tunangan sedangkan gw, hikz. Waktu tahun awal-awal kerja sih ada cowo yang ngedeketin gw, atasan gw sih sebenernya, salah satunya lah. Namanya Pak Edi, kenapa gw panggil pak, karena kita beda 7 tahun, I’m 24 and him 31. Sebenernya ga jelek-jelek banget sih, gila jahat banget ya gw, kalo diliat-liat sih lumayan juga, pake kacamata, putih cuma gayanya itu loh agak-agak kuno, pribadinya juga. Kita sempet jalan, 2 kali doank sih, makan malem gitu deh tapi ya itu begitu ngobrol, kok kayaknya tua banget, kuno banget, padahal beda 7 taun kayanya ga gitu-gitu banget. Jadinya kalo ngobrol atau sharing gitu, agak-agak boring. I thought, I give him a chance, one last chance but nupe, I cannot be with someone who cannot having fun with me. Beda banget ama Raddy atau bahkan Denny, gw bisa ketawa-ketawa karena jokesnya mereka. Dan ga ada yang ngedeketin gw lagi deh.

Tapi ada satu cerita lucu nih. Nyokap gw pernah coba ngejodohin gw loh ama anak temennya. Gw sih setuju aja dijodohin. Asyik lagi dijodohin, ga perlu cape-cape buat nyari-nyari,
kan. Cuma yah, engga dijodohin terus langsung married minggu depannya, ga gitu juga kali, mungkin lebih tepat dikatakan, dikenalin.

Ceritanya pas lebaran, ada temennya nyokap gw, sekeluarga dateng silaturahmi terus dikenalin deh, namanya Kris, agak-agak bule gitu soalnya neneknya ada keturunan Belanda katanya, physically cakep lah pokonya mah. Sempet ngobrol juga, orangnya asyik, yah mungkin suka juga kali yah ama gw agak flirty gimana gitu, sempet sms-an juga beberapa kali tapi dia keburu terbang deh (emang burung) ke Alabama buat ngelanjutin S2nya, gw juga ga sempet minta emailnya, sempet liat FSnya tapi restricted, ich males banget, sok-sok ngartis hehe.
Perasaan kok suzah yah nyari pacar, beda banget ama kakak gw, si Haryo hehe, ga sopan banget yah gw manggil si, tapi yah karena kita cuma beda 2 tahun jadi gw pun beserta nyokap dan bokap kadang-kadang suka manggil Ryo. Kakak gw, yah lumayan ganteng lah buat ukuran seorang cowo, mungkin kalau gw bukan adiknya dia juga masuk list kecengan. Mantan-mantannya di SMA ama waktu kuliah dulu, banyak juga, lebih dari 5, dan hebatnya semua serius eh tapi engga juga yah kalo eventually putus. Maksud gw, kaka gw tuh paling bentar pacaran setaun tapi yah dapet gantinya cepet juga. Mulai dari Fira yang pinter abiez tapi lumayan manis juga sampe Juwi yang rada-rada semok and otaknya juga ga terlalu encer hehe dan sebelum pacaran ama Dira, ada Eva yang biasa aja. Ketemunya Dira ama kakak gw di kereta api Bogor-Jakarta. Gara-garanya duduk bersebelahan, kakak gw yang baru putus dan lagi sibuk ngurusin EO ama temen-temenya jadi harus bolak-balik Bogor-Jakarta-Bandung dan Dira yang lagi ngambang ama cowonya mulai tergugah juga ama kakak gw. Apalagi pas Dira diputusin ama cowonya itu langsung deh kaya pelarian gitu ama kakak gw, tapi awet tuh 4 tahun dan lagi sibuk-sibuknya ngurusin wedding prepation sehingga gw dan nyokap pun pastinya kecipratan, mulai dari ngurusin 3 kebaya buat lamaran, seserahan, dan hari H-nya, yah, pengantennya aja Cuma bikin 2 sampe ice sculpture buat di deket prasmanan yang menurut gw kayanya udah ga terlalu musim deh. Gw malah bingung mau ngajak siapa ke kawinan kakak gw. Secara pere gitu. Suka riweuh (sibuk) ga jelas kalo damping-berdamping.

Kalau kata sahabat gw, Rara yang lagi nerusin S2nya di Aussie, “Daripada puzing mikirin siapa yang bersedia menjadi pacarmu, mending ngikutin jejak gw aja S2 di negeri kangguru.” Si Rara sih emang udah obsesi ke luar negeri, padahal dia ga terlalu pinter loh hehe sorry Ra, I’m such not a good friend J tapi emang niat banget orangnya dan koceknya pun memadai. Udah lulus kuliah di Unpar langsung S2 di Sdyney. Aga-aga kehambat juga pas TOIEC and TOEFL nya, setelah les berbulan-bulan dan mendapatkan wejangan dariku akhirnya ntu anak lulus juga dan siap berangkat ke luar. Emang dipikir-pikir, gw juga ada sedikit keinginan buat ngelanjutin studi gw ke tingkat yang lebih berjenjang tapi gw udah males banget yang namanya kuliah, yang namanya belajar. Si Rara aja sekarang agak-agak mentok since homework yang menggunung dan pengantar bahasa yang totally tentunya English pada buku dan sumber bahan mata kuliah. Aduh kayanya engga deh meski udah ditawarin bokap pas tau Rara jadi berangkat ke Aussie. Emang sih kalo di luar sana jurusan-jurusan banyak, lebih bervariasi dan spesifik, Rara aja yang pecinta film, kuliah film disana. Tapi apa yang gw cinta selain pekerjaan.

Yah eventually sekarang gw fokus di pekerjaan saja, tetep cari jodoh lewat temen lah, internet apapun deh, eh tapi engga apapun juga ntar ketemu yang ga bener lagi, intinya kerja yang giat, aduh segitunya, tapi bener nih ada promosi soalnya dalam 3 bulan buat jadi supervisor employee. Chayoo, semangat.

Comments