Jakarta: macet ah takut ah panas ah mahal ah

Banyak yg berkomentar, oh pernah di Jakarta? Berapa lama? Hebatan ih? Terus disana ngekost?

Hmm saya mah enggak deh, males, panas kan, macet, marahal deuih!

Menurut saya bagi orang-orang tertentu yang memang target goal nya bekerja di umur 20-an dan tidak berani ke Jakarta, adalah rugi besar! Why, there are so many things that you can learn and get as in money there, even not all exactly/

(*) Kenapa sih mau ke Jakarta?
Keluarga mendukung, saat kedua kakak saya bekerja di jakarta, meskipun saya perempuan tapi tidak mengurangi motivasi org tua utk, kerja di jakarta gih de. Apalagi ada kerabat, meski tidak banyak di Jakarta terutama kakak sendiri membuat satu zona aman. Kedua, mandiri! Saya adalah orang yg beruntung dapat bersekolah di kota Bandung, saat kuliah di Jatinangor pun perbatasan kota, saya masih bisa kejar-kejaran di bis. Jadi begitu kerja, saya ingin mandiri merasakan gimana sih hidup sendiri, ngatur duit sendiri, merasakan klo sakit sendirian :"s hahaha, dan saya gak mau jauh-jauh jadi Jakarta udah paling tepat lah ya.
Ketiga adalah urusan duit, kalau di bandung saya cuma bisa dapet gaji 1,4 juta, di Jakarta saya bisa dapet 5 juta.

(*) Tapi kan sama aja kudu nge-kost, belum beli makan dll
Nah itu lah seni nya maksudnya point menjadi mandiri, yah benar dapet gaji 5 juta mungkin saya harus menghabiskan 700 rb utk bayar kos, 500 rb utk makan sehari-hari. Kalau di rumah ortu gaji mungkin bisa utuh yah, makan bisa bekel, transport bisa nebeng. Terus kapan mandirinya dong. Saya pribadi selama 4 tahun kerja di Jakarta sangat bisa menyisihkan uang utk tabungan hingga jutaan.
Jakarta whats to love, kota dgn sejuta nyebelin yet ngangenin

(*) Balada macet dan panas
2017 kayanya situasi bandung jakarta udah hampir mirip ya, panas, apalagi rumahku berada di selatan deket jalan tol hehe, beti lah soal panas mah, di rumah aja skrg sepertinya udah butuh AC cuma ya during big rain season agak adem.

Macet, tau gak during weekend perjalanan ke setiabudi lembang dago pvj, hoahemm kadang ke tengah kota juga bikin pr cuma ya bandung kan kota kecil jadi jaraknya masih deket-deket.

(*) Biaya hidup mahal
Sebenernya balik lagi ke pribadi seseorang, mau memilih gaya hidup seperti apa?
Ngafe tiap malem
Makan di resto every lunch hour
Buy all branded shoes bag clothes
Kemana-mana naik taksi

Ya iya bangkrut dong nek..

Kalau gue sih untuk sehari-hari ya sarapan roti haha irit yah, maksi yg 10-15 rb an paling klo menjelang wiken baru deh agak mewah. Trasnport ya perginya sih langganan ojek 300 rb PP lumayan kan drpd naik busway penuh kudu cakar-cakaran sama mamak mamak garang.

Belanja biasa aja lah karena barang mah kemakan waktu bisa rusak ya gak lagipula bukan pengoleksi tas sepatu.

(*) Gak aman, banyak berita kejahatan dimana-mana
Hmm alhamdulilah aman sejahtera, dan gak terlalu menggubris berita-berita tersebut krn balik lagi ke niat kita *halah, niat nya adalah bekerja dengan sungguh2 demi kesejahteraan hidup bersama hahaha

palingan waktu awal ngekost ada satpam komplek agak-agak gimana gitu nanya2 no hp ngobrol2 dikira dia gue apaan untung mba kost an nya galak dimarahin tu satpam jangan ganggu2 wkwkw

(*) Transportasi ribet
Buat bandungers sejati, emang kalau di bdg itu angkot dimana-mana, ada juga becak jadi ibarat nya kita sama sekali gak perlu jalan kaki, mau pergi di jalan besar dan jalan yg sedang juga udah pasti ada angkot.

Kalau jakarta kita kudu nyebrang pake jembatan yg gede-gede, kemana-mana ngebusway atau metro mini/ kopaja, cuma daerah tertentu aja ky jakarta pusat dan utara yg setau gue ada angkot. Ada ojek sih tapi kalau yg gak kebiasa ky nyokap rada ripuh ya haha etapi skrg mah gojek dimamana jadi enak banget ih mana murah lagi.

(*) Bandung-Jakarta
Untung saya orang Bandung jadi akses ke Jakarta sangatlah mudah, kebayang kalau saya orang sumatra atau kalimantan atau jawa timur deh..

Biasanya saya ke Bandung 2-3 mg sekali maks ya sebulan sekali krn biasanya kumat pengen jajan kuliner bdg hehe, jaman dulu masih bisa cuma naek travel modal 50 ribuan hihi kalau sekarang mungkin sekitar 80-125 rb ya, kalau naik kereta ada 100-125 rb juga gak salah.

Kalau dulu saya bisa kejar pagi ke jkt utk kerja jam 8 dgn brgkt jam 5-6an dr bdg lain dg skrg (dulu kesannya jadul bener yah hahah) gak keburuu cyinn, kalau mau aman ya naik kereta 3 jam sampe. Transport bus ke Jakarta jarang banget, lebih nyaman naik shuttle krn lebih deket ke arah tujuan.

(*) Makanan
Kalau urusan makanan di mall semacam junk food ya mirip2 ya mungkin di jkt malah lebih update kalau harga mall sama kecuali harga resto pasti mahal tapiii kalau jajanan pinggir jalan pasti bandung juaranya.

Kalau di bandung bisa makan baso mamang mamang harga 10 ribu enak bangettt nah di jakarta 15 ribu tapi biasanya gak enak atau standar bangett kalau kata nyokap dari 10 makanan jakarta    8 tuh gak enak 2 nya biasa wkwkw.

Comments