Perpanjang Paspor Sendiri


Duh gak ada bahan yes, gpp lah karena yg kmrn kan buat paspor ibu dan anak. Anyway pasporku itu expired Juni 2018 tadinya sih santei aja krn baru bikin yg Faya dan memang belum ada rencana pergi kemana tapi begitu dengar teman susah dapet antrian online kemudian diriku mulai berfikir krn tahun kmrn urus yg ibu dan anak fine fine saja.

Akhirnya 1-2 bulan lalu coba coba daftar antrian online dan benar ternyata kuota selalu habis pdhl saya hampir seminggu non stop coba. Akhirnya pasrah tapi tetep coba karena penasaran cuma gak intens. Akhir maret akhirnya saya dapat juga untuk tgl 6 April aka barusan ya udah siapkan berkas.

Berhubung ijazah kuliah hanya nama beken, tdk ada nama panjang maka dari itu saya pakai ijazah SMA pengalaman buat paspor pertama kemudian saya worry lagi, why? Krn kemarin saya buka tab faya di BNI krn udah pindah dari BOII eh CS nya mempermasalahkan krn Nama KTP saya 3 nama sedangkan di pengajuan sblmnya nama KTP nya lengkap. Euh. Terus saya lihat di KK juga nama terakhir saya disingkat contoh

Nama Lengkap Abdul Hamid Jaelani Sutisna which is KTP lama
EKTP nya Abdul Hamid Jaelani
KK Abdul Hamid Jaelani S

Nah pusing kan krn memang waktu pencairan BPJS JHT nama belakang saya pun dipermasalahkan krn beda dgn KK tapi diakalin dengan menghapus hasil scan nya haha *jangan ditiru tapi ya kan orangnya sama, nomor NIK nya juga sama.

Tah teuing kudu nyalahkeun EKTP nu loba masalah knp sih why why, sampe skrg juga yg BNI itu belum diurusin hehe, maap teteh CS cenah ktnya bisi dipersulit klo tarik tunai. CS nya tanya kalau nama SIM apa ternyata sama nama KTP krn emang baru perpanjang pake EKTP.

Karena agak malas ke kecamatan yes, akhirnya modal bismillah aja semoga gak napa-napa. Kemudian tadi pun ke Imigrasi Jl Soetta kebagian jam 9 pagi. Mana lagi hareeng jadi agak telat dtg 9.15 an.

Sampe sana ngantri gak terlalu lama sih, banyak juga yg masih belum tau soal antrian online. KAsian sih ya yg rumahnya di luar BDG kudu bolak-balik, klo kaya saya yg deket sih no problem.

Cek dokumen untung sih dok utama kaya Akte dan Ijazah nya nama nya lengkap dan saya juga perpanjang jadi gak masalah aminnnn. Setelah isi dan lainnya, antri utk foto saya pun beres sekitar jam 10.10, beres bayar di BNI.

Jadi tadi utk perpanjang dokumen yg saya bawa:
1. EKTP
2. Akte
3. KK
4. Ijazah
5. Paspor lama
6. 1 Materai

jangan lupa semua dokumen di copy satu kali saja jangan dipotong, utk ktp mah agak gedean aja hasil copy nya. Utk paspor lama di copy bag depan aja yg ada fotonya.
Image result for form pernyataan orang tua untuk paspor anak
Isi dokumen utk perorangan mah cuma 2 formulir aja, 1 data diri, 1 form yg pakai materai. Utk yg kerja atau berangkat krn business trip coba aja siapkan surat keterangan kerja, meski tadi saya isi pekerjaan sbg guru les untung gak ditanya surat ket kerja hehe. Utk pembayaran biasa 355 ribu selesai 3 hari kerja. Nanti kita ambil yes. Kalau utk anak ini saya share ada form yg harus di ttd ibu dan bapaknya.

Oh ya dapet info dari petugas imigrasi katanya belakangan ini kan emang susah kuota selalu habis, biasanya kuota itu dibuka hari MInggu jam 1 siang utk 2 minggu ke depan itu juga tapi kmrn sih saya coba aja selagi pas buka aplikasi, untung-untungan aja. Yg penting jangan mepet udah beli tiket tapi paspor belum diurus atau diperpanjang.

Selamat mengerjakan urusan dokumen pemerintahan hehe.

Comments